KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahBupati Samosir Sampaikan Surat Protes Tentang Annual Fee kepada Gubernur Sumut oleh : Danny Melani Butarbutar
15-Des-2018, 14:30 WIB


 
 
KabarIndonesia - Samosir, Sebagaimana dilansir berbagai media cetak dan online di Sumatera Utara, juga telah diberitakan media ini, dua kepala daerah yakni bupati Samosir dan bupati Tapanuli Utara menyampaikan protes keras kepada Gubernur Sumatera Utara. Protes tersebut terkait SK Gubsu
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Ucup Kecil, Sang Penantang Takdir 15 Des 2018 11:22 WIB


 
 
INTERNASIONAL

Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 10-Jun-2018, 12:11:46 WIB

KabarIndonesia - Ribuan netizen di media sosial menyampaikan apresiasi atas prestasi internasional dengan terpilihnya Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB untuk masa kerja dua tahun.

"Congratulation!, selamat atas terpilihnya Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB hari ini, untuk masa kerja 2 tahun, dipilih oleh 144 negara dari 201 negara dunia. Menurut saya, ini bentuk kepercayaan ratusan negara bangsa-bangsa lain kepada Indonesia dibawah Pemerintahan Jokowi sekarang, utk menangani persoalan keamanan ketertiban dunia. Bayangkan, total anggota DK PBB hanya 15 negara saja, 5 permanen punya hak veto dan 15 non permanen." tulis para facebooker.

Sebagaimana ramai diberitakan berbagai media dan diungkapkan langsung
oleh Menteri Luar Negeri (Menlu)Retno Marsudi yang dilansir kantor berita Antara News, bahwa terhitung tanggal 1 Januari 2019, Indonesia resmi menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah menang melalui voting di Majelis Umum PBB. Indonesia terpilih untuk periode 2019-2020 menggantikan Kazakhstan yang habis masa keanggotaannya.

“Alhamdulilah didalam Majelis Umum PBB, Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB mewakili kawasan Asia-Pasifik menggantikan Kazakhstan yang masa keanggotaannya akan berakhir pada akhir 2018,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui konferensi video langsung di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Dilaporkan, Indonesia memenangi kursi DK PBB untuk grup kawasan Asia-Pasifik melalui proses pemilihan di Majelis Umum PBB yang berlangsung di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat pada Jumat pagi (8/6 waktu setempat). Setelah terpilih, Indonesia akan resmi mengisi kursi DK PBB tersebut terhitung 1 Januari 2019. “Melalui proses pemilihan tertutup di Majelis Umum PBB, Indonesia berhasil meraih 144 suara,” ujar Menlu Retno.

DK PBB adalah satu-satunya badan PBB yang dapat membuat keputusan mengikat secara hukum dan memiliki wewenang menjatuhkan sanksi mengizinkan penggunaan pasukan. Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB untuk keempat kalinya, setelah sebelumnya pernah menjadi anggota pada periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Melalui perolehan 144 suara dari 190 negara anggota PBB yang hadir memberikan suara dalam acara pemilihan di Markas Besar PBB itu, Indonesia berhasil terpilih menjadi anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020. Sementara Maladewa hanya memperoleh 46 suara dalam perebutan kursi di wilayah Asia-Pasific.

Lima Anggota DK PBB periode sebelumnya adalah Belanda, Swedia, Ethiopia, Bolivia, dan Kazakhstan. Kini Indonesia terpilih bersama empat negara anggota PBB lainnya, yakni Afrika Selatan untuk grup kawasan Afrika, Republik Dominika untuk kawasan Amerika Latin dan Karibia, serta Jerman dan Belgia untuk kawasan Eropa Barat dan negara lain.

Sementara itu, kabar resmi Kemenlu menyebutkan bahwa kampanye Indonesia untuk DK PBB telah dimulai sejak peluncurannya pada 2016 di New York dan selalu mengusung prioritas Indonesia untuk menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global, memastikan sinergi melanggengkan perdamaian dan agenda pembangunan berkelanjutan, serta memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme.

Dengan terpilihnya Indonesia menjadi anggota DK PBB, adalah salah satu amanah dan pengakuan internasional kepada Indonesia. Maka salah satu fokus sasaran adalah mendorong terbentuknya pendekatan global untuk memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme.

Menlu Retno Marsudi melalui video conference dari Markas PBB di New York seperti dilihat dari layar di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (8/6/2018) malam, ada 4 komitmen Indonesia untuk jabatan yang akan dipanggul sejak 1 Januari 2019 hingga 2020 mendatang itu yakni:

"Pertama, memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global. Indonesia akan mendorong budaya habit of dialogue dalam penyelesaian konflik. Indonesia juga meningkatkan kapasitas pasukan perdamaian PBB termasuk peran perempuan.

Komitmen kedua adalah menguatkan sinergitas antar negara-negara dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian. Tak hanya itu, Retno juga menuturkan Indonesia akan mendorong terbentuknya pendekatan secara global untuk memerangi segala bentuk terorisme dan ekstremisme.

Indonesia juga akan berupaya meningkatkan sinergi antara organisasi kawasan dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian." sebut Menlu Retno.

"Ketiga, dalam menghadapi tantangan bersama masyarakat internasional dari terorisme dan ektremisme Indonesia akan mendorong terbentuknya global comprehensive approach untuk memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme."

Komitmen terakhir, dia menyebut, Indonesia juga akan mendorong kemitraan global untuk mencapai perdamaian dunia. Hal itu diharapkan akan berkontribusi untuk pencapaian agenda pembangunan PBB pada tahun 2030.

"Indonesia juga akan mendorong kemitraan global agar tercapai sinergi antara penciptaan perdamaian dan kegiatan pembangunan berkelanjutan. Kemitraan global yang kuat dalam menciptakan perdamaian, keamanan dan stabilitas tentunya akan berkontribusi pencapaian agenda pembangunan PBB 2030," tutup Retno.

Bravo NKRI, selamat dan apresiasi buat Presiden Jokowi, pencapaian besar buat Indonesia. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia