KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Korut Ijinkan Inspeksi terhadap Fasilitas Nuklirnya

 
INTERNASIONAL

Korut Ijinkan Inspeksi terhadap Fasilitas Nuklirnya
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 23-Des-2010, 03:16:42 WIB

KabarIndonesia - Utusan khusus Amerika Serikat, Bill Richardson mengatakan bahwa Korea Utara telah membuat kemajuan dalam penyelesaian konflik di Semenanjung Korea. Baru-baru ini Korea Utara mengijinkan dilakukannya inspeksi di Yongbyon. Cina mendesak Korea Utara untuk menerima pengawas nuklir internasional di tengah meruncingnya ketegangan dengan Korea Selatan. Cina yang merupakan satu-satunya sekutu Korea Utara, terus mendesak untuk melanjutkan dialog demi terselesaikannya krisis Semenanjung Korea yang lebih diperpanas dengan aksi penembakan artileri Korea Utara ke pulau Yeonpyeong di wilayah Korea Selatan, bulan November yang menewaskan empat orang. 

Senin (20/12), Korea Selatan menggelar latihan militer di wilayah pulau Yeonpyeong, lengkap dengan serangkaian tembakan artileri. Korea Utara tidak bereaksi. Korea Utara bahkan menawarkan para pengawas nuklir untuk mengadakan inspeksi fasilitas nuklirnya. Sebelumnya. para pengawas nuklir ini sempat diusir dari negara itu pada bulan April 2009.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Cina Jiang Yu dari Beijing mengatakan bahwa Korea Utara memiliki hak untuk menggunakan tenaga nuklir untuk tujuan perdamaian, tetapi dalam waktu yang sama harus mengijinkan Badan Energi Atom Internasional IAEA mengadakan inspeksi. Jiang Yu juga menegaskan kedua Korea harus menyadari bahwa pengerahan pasukan militer tidak akan menyelesaikan konflik di Semenanjung Korea. Dialog dan kerjasama adalah satu satunya jalan keluar.

Usai kunjungan ke Pyongyang. dalam konferensi pers, utusan khusus Amerika Serikat, Bill Richardson menyambut baik niat Korea Utara mengijinkan IAEA mengadakan inspeksi pada fasilitas nuklirnya.  

"Saya melihat ada sedikit perubahan ke arah positif. Korea Utara bersedia mengijinkan badan energi atom internasional IAEA mengunjungi fasilitas nuklir Yongbyon dan meyakinkan tidak ada upaya pengayaan uranium," demikian disampikan Bill Richardson. Hal ini berkaitan dengan pengakuan Korea Utara, November lalu, kepada pakar atom Amerika Serikat Siegfried Hecker bahwa mereka memiliki fasilitas pengayaan nuklir modern juga di Yongbyon.

Andrei Lankov dari Universitas Kookmin di Seoul Korea Selatan mengatakan, tawaran Korea Utara ini merupakan taktik yang selalu berhasil di masa lalu. Mereka menciptakan krisis, lalu menunjukkan bahwa mereka berbahaya dan dapat menyebabkan ketegangan. Kemudian mereka menunjukkan bahwa mereka juga mampu melaksanakan konsesi.

Pertanyannya, apakah betul Yongbyon merupakan satu-satunya fasilitas atom mereka? Program pengayaan uranium lebih mudah disembunyikan daripada fasilitas pengayaan plutonium. (*)


Dilaporkan oleh Miranti Hirschmann dari Deutsche Welle
http://www.dw-world.de/dw/article/0,,14729773,00.html



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia