KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiProgram-Program PMOH untuk Top Reporter HOKI, Pegawai Negeri, dan Swasta oleh : Redaksi-kabarindonesia
11-Feb-2018, 16:42 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ikuti Program Istimewa bagi yang pernah menjadi Top Reporter HOKI kapan pun Anda terpilih dan berhasrat memperdalam ilmu menulis dan tertarik mengikuti Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH).

Program Instansi pun diberikan kepada Instansi Pemerintah atau Swasta yang
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

Merakyatlah 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 

Menatap Prospek Komunitas ASEAN

 
INTERNASIONAL

Menatap Prospek Komunitas ASEAN
Oleh : A. Yusrianto Elga | 17-Des-2008, 07:16:58 WIB

KabarIndonesia - Sebagai badan perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara, eksistensi ASEAN (Association of Souteast Asian Nation) telah memperlihatkan peran vitalnya selama 41 tahun -- sejak didirikan melalui Deklarasi Bangkok di Thailand, 8 Agustus 1967.

Meski cita-cita yang diidealkan – khususnya dalam konteks menjamin stabiltas kawasan – belum sepenuhnya terealisasi, ASEAN telah menjadi wadah strategis yang mampu mewujudkan kerja sama antar bangsa sehingga memungkinkan tertanamnya spirit kebersamaan dan saling percaya.

ASEAN semula hanya beranggotakan lima negara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Pada tahun 1984 Brunei Darussalam bergabung sebagai anggota. Kemudian, sejak akhir 1990-an, jumlah anggota ASEAN semakin bertambah dengan masuknya Vietnam (1995), Laos dan Myanmar (1997) serta Kambodja (1999). Masuknya negara-negara tersebut kian memperkokoh serta memperluas kerjasama untuk benar-benar mewujudkan ASEAN yang lebih prospektif.

Pada tahun 2003, eksistensi ASEAN mulai menunjukkan komitmennya sebagai perhimpunan yang peka dalam merespon fenomena global yang sedang melanda negara-negara di dunia. Dibuktikan dengan diselenggarakannya KTT ASEAN di Bali, 7 Oktober 2003. Pada waktu itu para kepala pemerintahan kesepuluh negara anggota menandatangani Deklarasi Kesepakatan Bali II (Bali Concord II). Dalam deklarasi itu tercantum sebuah keputusan bersama untuk membentuk suatu Komunitas ASEAN yang ditargetkan pada tahun 2020.

Komunitas ASEAN tersebut terdiri atas Komunitas Keamanan ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN dan Komunitas Sosial-Budaya ASEAN. Dengan terbentuknya Komunitas ASEAN tersebut diharapkan masyarakat Asia Tenggara tidak gagap dalam menghadapi pasar barang, jasa, dan tenaga kerja global yang begitu bebas. Namun demikian, pembentukan Komunitas ASEAN yang semula ditargetkan pada tahun 2020 itu, pada KTT di Cebu, Filipina, Januari 2007, ternyata dipercepat menjadi 2015.

Keputusan ini layak diapresiasi mengingat target yang dicanangkan sebelumnya pada Bali Concord II terlalu lama. Di samping itu keputusan tersebut juga menunjukkan kuatnya komitmen di antara negara-negara anggota dalam upaya mewujudkan masyarakat di lingkungan Asia Tenggara lebih baik di masa-masa yang akan datang.

*Dikutip dari buku 'Masyarakat Asia Tenggara Menuju Komunitas ASEAN 2015', karya CPF. Luhulima, dkk (Pustaka Pelajar, Yogyakarta; 2008)

*AP Photo/ CNN Graphic/ cnn.com

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: http://www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 

 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia