KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Peringatan KAA Perkuat Kerjasama Kota Bandung Dengan Negara Asia Afrika

 
INTERNASIONAL

Peringatan KAA Perkuat Kerjasama Kota Bandung Dengan Negara Asia Afrika
Oleh : Buddy Wirawan | 23-Apr-2018, 08:32:29 WIB

KabarIndonesia - Penjabat Sementara Wali Kota Bandung M. Solihin mengatakan, peringatan Konperensi Asia Afrika (KAA) ke-63 harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Bukan hanya rangkaian kegiatan saja yang menjadi acuan utama, tetapi kerjasama antar negara pun harus lebih kuat bahkan berkembang sampai maju untuk negara negara yang menjalin kerjasama.

"Menjelang kegiatan ini kita manfaatkan posisi Kota Bandung sebagai ibu kota negara-negara Asia dan Afrika. Kita sudah melakukan kerjasama, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan beberapa negara di Asia dan Afrika," katanya, Ranu (18/4/2018) pada puncak rangkaian peringatan ke-63 Konferensi Asia Afrika (KAA) 2018 di Bandung. 

Diungkapkan, meskipun Kota Bandung tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA), tetapi potensi khususnya pada Sumber Daya Manusia cukup baik. Dengan pusat transaksi perdagangan maupun pusat pendidikan, Kota Bandung ini memberikan kemajuan yang signifikan.

"Kita manfaatkan kerjasama yang dibuat oleh pemerintah. Potensi Kota Bandung ini cukup besar, seperti kerjasama dengan Maroko di fesyen, Sudan mengenai peternakan dan pertanian. Lalu Tunisia di bidang wisata. Kita akan manfaatkan yang sudah dilakukan dengan cara yang bisa menguntungkan perekonomian di Kota Bandung," ungkapnya. 

Menurutnya, potensi Kota Bandung cukup besar, salah satunya para pemuda yang kreatif. Oleh karenanya, Solihin mengajak seluruh warga Kota Bandung untuk berkreasi di bidang yang dikuasainya. "Orang Bandung itu harus kreatif, karena dengan itu masyarakat mampu menunjang perekonomiannya," tutur Solihin.

Di sisi lain, Solihin berharap, anak muda Kota Bandung itu harus hafal sejarah. Mulai dari cerita perjuangan Negara Indonesia sampai sejarah KAA. "Setiap warga negara Indonesia harus memiliki semangat yang sama, pelajari dan pahami sejarah. Jangan sampai kehilangan semangat untuk masa depan, karena tantangan ke depan semakin besar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Museum KAA Meinarti Fauzi mengatakan, peringatan ke-63 KAA diisi dengan 10 rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan dengan dukungan penuh dari berbagai pihak. Mulai dari Pemprov Jabar, Pemkot Bandung, kepolisian dan para mitra Museum Konferesi Asia Afrika serta komunitas.

Ditambahkan Meinarti, tujuan diselenggrakannya rangkaian peringatan KAA untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya warga Bandung akan nilai-nilai KAA. "Perdamaian, kerjasama, kesetaraan, toleransi. Melalui semangat ini pula, peringatan KAA lebih berkembang dan memberikan tampilan yang berbeda," ujar Meinarti. 

Peringatan tahun ini, Museum KAA melaksanakan lebih inklusif yaitu dengan mengajak seluruh pelajar memberikan pemahaman bahwa sejarah itu harus dipahami dengan benar. "Hal ini kami lakukan dengan mengajak pelajar dan mahasiswa asing yang sekolah di Indonesia untuk terlibat dalam pelaksanaan," tandasnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia