KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Schneider Electric Dukung Kerjasama Bidang Kelistrikan Indonesia-Perancis

 
INTERNASIONAL

Schneider Electric Dukung Kerjasama Bidang Kelistrikan Indonesia-Perancis
Oleh : Rohmah Sugiarti | 15-Aug-2017, 04:45:07 WIB

KabarIndonesia - Schneider Electric, perusahaan global spesialis di bidang manajemen energi dan automasi, hari ini mengumumkan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), French Ministry of National Education (MENES), Schneider Foundation dan Schneider Electric Indonesia, di bidang peningkatan kualitas tenaga ahli kelistrikan di Indonesia.

Kerjasama tersebut diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta yang dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Emilienne Baneth-Nouailhetas selaku Atase Kerja sama Pendidikan IFI, Kedutaan Besar Perancis di Jakarta dan Xavier Denoly selaku Country President Schneider Electric Indonesia.

Salah satu poin utama dari kerjasama ini adalah dana bantuan sebesar €1,5 juta dari Schneider Foundation yang akan disalurkan untuk mengembangkan potensi tenaga ahli kelistrikan di Indonesia. Bantuan ini didasari pada tujuan bersama untuk mengembangkan kurikulum dan sistem pendidikan bertaraf internasional yang menghubungkan dunia akademis dengan kebutuhan industri.

Pada akhirnya, kerjasama ini diharapkan mampu membantu menyiapkan siswa Indonesia untuk bekerja di sektor kelistrikan. Terlebih di tengah mega proyek 35,000 MW pemerintah dan pesatnya pertumbuhan industrialisasi, kerjasama ini menjadi penting untuk menghadapi berbagai tantangan di bidang pengelolaan energi dimana di masa depan Indonesia akan sangat membutuhkan tenaga ahli yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tingkat dunia di bidang kelistrikan, automasi dan energi terbarukan.

Xavier Denoly mengungkapkan bahwa Schneider Electric merasa sangat bangga dapat menjadi bagian dari kerjasama strategis tersebut. “Kerjasama ini sangat sejalan dengan salah satu program Schneider Electric global yaitu ‘Access to Energy’, khususnya dalam hal menyediakan akses pendidikan di bidang kelistrikan, automasi dan energi terbarukan.”

Di tahap awal, Schneider Electric Indonesia bersama Kemendikbud RI akan mendirikan satu Center of Excellence (CoE) yang merupakan pusat pelatihan bagi para guru dari beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berpartisipasi dalam kerjasama ini.

Tenaga pengajar di CoE ini terdiri dari tenaga ahli lokal dan tenaga ahli dari Perancis yang ditugaskan oleh Schneider Foundation dan MENES. Setelahnya, akan dikembangkan kurikulum khusus yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), disusul dengan perbaikan laboratorium di 184 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia secara bertahap selama enam tahun ke depan.

Bersamaan dengan penandatanganan MoU ini, Kemendikbud RI juga menyatakan rencana untuk menerapkan masterplan revitalisasi pendidikan kejuruan untuk mempromosikan pengembangan keterampilan kerja para siswa berdasarkan permintaan industri, sekaligus membangun platform modern untuk pelatihan kejuruan di bidang elektrikal, automasi dan energi terbarukan. (*)

Ket. Foto:
Kiri ke kanan: Robert Rolan Napitupulu selaku Business Development Director Schneider Electric Indonesia, Xavier Denoly selaku Country Director Schneider Electric Indonesia, dan Prof. Dr. Emilienne Baneth-Nouailhetas selaku Atase Kerja sama Pendidikan IFI, Kedutaan Besar Perancis di Jakarta

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia