KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiLaman HOKI: Tak Ada Gading yang Tak Retak oleh : Redaksi-kabarindonesia
28-Jan-2015, 06:45 WIB


 
 
Laman HOKI: Tak Ada Gading yang Tak Retak
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Selamat Berbahagia Dengan Jodohmu 27 Jan 2015 14:37 WIB

Cintamu Cintamani 27 Jan 2015 13:31 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
EKONOMI

Kerajinan dari Limbah Rumah Tangga
Oleh : Affan Safani Adham | 16-Jul-2010, 03:08:24 WIB

KabarIndonesia - Disadari atau tidak, dalam kehidupan di masyarakat, ternyata banyak sekali dijumpai limbah rumah tangga yang sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan baku sebuah karya seni atau kerajinan. Namun untuk dapat mewujudkan hal itu, diperlukan adanya kreativitas, ketelatenan, keuletan, dan rasa seni.

Selama ini, sebagian besar limbah rumah tangga dibuang begitu saja karena dirasa sudah tidak memberikan manfaat. Hal ini disebabkan antara lain oleh kurangnya informasi dan publikasi inovasi-inovasi hasil kajian dan penelitian ke masyarakat, sebagaimana disampaikan Ir. Agung Astuti, MSi, Dosen Agroteknologi Fakultas Pertanian UMY, Kamis (15/7) di Kampus Terpadu UMY.

Dicontohkan Agung Astuti, limbah rumah tangga berupa potongan sayuran atau buah yang tidak termanfaatkan, dapat dirangkai di dalam sebuah botol atau wadah tertutup.

“Sehingga menghasilkan sebuah karya hortirarium yang mempunyai nilai seni, artistik, unik, dan menarik,” kata Agung Astuti sambil menambahkan bahwa dengan penataan yang baik dan sentuhan seni, serta diberikan asesoris yang sesuai, maka akan diperoleh hortirarium dengan nilai jual yang tinggi.
 
Menurutnya, hortirarium ini merupakan salah satu contoh bagaimana limbah rumah tangga atau produk hortikultura yang kurang layak untuk dikonsumsi – yang selama ini tidak pernah diperhatikan – ternyata dapat dijadikan karya seni bernilai jual tinggi. “Namun untuk menghasilkan hortirarium yang baik diperlukan kreativitas, inovasi, dan rasa seni,” tambah Ketua Jurusan Agroteknologi UMY ini.

Dalam penilaian Agung, masyarakat sangat mengharapkan adanya inovasi dan transfer teknologi dari lembaga terkait seperti perguruan tinggi. “Mungkin mereka tidak akan pernah tahu bagaimana memanfaatkan limbah rumah tangga atau apa hortirarium itu serta bagaimana cara membuatnya, kalau mereka tidak secara kebetulan mengikuti pelatihan. Itu menunjukkan bahwa kita harus lebih sering terjun ke masyarakat menyampaikan informasi dan memberdayakan mereka,” kata Agung. (*)



Blog: http://pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sarana Menuju Curug Cikasooleh : Ibnu Hafidz
15-Jan-2015, 10:43 WIB


 
  Sarana Menuju Curug Cikaso Menuju Curug Cikaso Sukabumi dapat ditempuh dengan perahu atau berjalan kaki, terlihat para pengunjung menaiki perahu untuk sampai di tujuan, Januari 2015.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Lahan Milik Negara Untuk Negara 27 Jan 2015 14:39 WIB


 

 

 

 
Awal Mulus Sang Pemuncak 27 Jan 2015 13:38 WIB

Shooter Pelita Jaya Semakin Tajam 27 Jan 2015 05:42 WIB

 
 
Makna Simbolik Hidangan Imlek 09 Jan 2015 01:03 WIB


 
 

 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia