KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

KPC Siap Pasok Batubara untuk PLTGB Kabo

 
EKONOMI

KPC Siap Pasok Batubara untuk PLTGB Kabo
Oleh : Imran Amir | 15-Nov-2013, 14:38:16 WIB

KabarIndonesia - Sangatta, PT. Kaltim Prima Coal (KPC), siap menyuplai batubara untuk Pembakit ListrikTenaga Gas Batubara (PLTGB) Sangatta, di Kabo Jaya. Suplai batubara mulai dilakukan pada Maret 2014, sesuai dengan rencana pengoperasian PLTGB Sangatta, yakni pada kwartal pertama tahun 2014.

Hal itu terungkap dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pengadaan Batubara untuk PLTGB Sangatta di Kabo Jaya, antara PT. Kutai Mitra Energi Baru (KMEB) dengan PT KPC, Rabu (13/11), di Gedung M4-Mine Site KPC, Sangatta.

Dalam cara itu, hadir dari Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Setkab) Kutai Timur Asisten Ekonomi dan Pembangunan Rupiansyah dan Asisten Administras Umum Edward Azran. Sementara dari PT. Kaltim Prima Coal, dihadiri oleh Chief Executive Officer Endang Ruchijat, Chief Operating Officer R. Utoro, GM Marketing Herlan Siagian, GM MOD Hendro Ichwantodan GM ESD Husein Akma. Berikut dari PT. KMEB, sebagai pengelola PLTGB Sangatta, dihadiri oleh Direktur Utama Hamzah Dahlan.

Perjanjian antara KPC dengan KMEB  adalah perjanjian jual beli. Tahap pertama, berjangka waktu lima tahun, sejak November 2013 sampai November 2018. Mulai Maret sampai Agustus 2014, KPC akan memasok batu bara sejumlah 4.382 ton per bulan.  Selanjutnya mulai bulan September 2014, akan ditingkatkan menjadi 6.573 ton per bulan.

Dirut KMEB Hamzah Dahlan mengatakan, kontrak pengadaan batubara dari KPC, memiliki arti sangat penting bagi keberlanjutan PLTGB Sangatta di Kabo Jaya. Sebab menurutnya, kontrak tersebut merupakan salah satu syarat bagi bank pemberi pinjaman, dalam ha lini BPD Kaltim.

"Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada KPC, yang telah memberikan dukungan dalam proyek PLTGB ini. Kelanjutan proyek PLTGB ini terkendala dana dan salah satu syarat peminjaman dana dari BPD Kaltim adalah adanya kontrak suplai batubara dari KPC kepada PLTGB," kata Hamzah.

Asisten II Bidang Ekonomidan Pembangunan Setkab Kutai Timur Rupiansyah mengatakan, PLTGB Sangatta memiliki makna penting bagi pertumbuhan ekonomi Kutai Timur.

"Kutai Timur memang kekurangan daya listrik.Jadi, daya listrik ini sangat kita butuhkan untuk kepentingan pemerintah, pelayanan umum dan masyarakat lainnya. Saya atasnama pemerintah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada KPC, yang telah mendukung penyediaan daya listrik di Kutai Timur," kata Rupiansyah.

Rupiansyah lebih lanjut mengharapkan, semoga PLTGB Sangatta bisa beroperasi awal tahun 2014, sesuai target penyelesaian pembangunan yang dijadwalkan oleh KMEB. Dengan pengoperasian PLTGB itu, Rupiansyah berharap, bisa memicu pertumbuhan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan PLTGB ini bisa running pada awaltahun 2014 dan mudah-mudahan bisa memicu pertumbuhan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat," tutupnya.

Chief Executive Officer (CEO) KPC  Endang Ruchijat mengatakan, suplai batubara untuk PLTGB Sangatta, merupakan salahsatu wujud nyata dukungan KPC terhadap pemerintah dan kemajuan masyarakat Sangatta. Untuk itu, menurut Endang, KPC menyambut baik rencana pengoperasian PLTGB Sangatta Kabo pada kwartal pertama tahun 2014.

Endang lebih lanjut mengatakan, selain dukungan penyediaan batubara untuk PLTGB Sangatta, KPC juga dalam waktu dekat ini, akan membangun PLTGB Mulut Tambang, berkapasitas 2X100 MW.

"Dalam waktu dekat ini, KPC juga akan membangun PLTGB Mulut Tambang, yang menghasilkan daya listrik sebesar 2X100 MW. Ini merupakan wujud nyata pemanfaatan sumberdaya yang ada di Kutai Timur untuk dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat Kutai Timur. Semoga saja dengan ketersediaan listrik, ekonomi Kutai Timur makin berkembang, sehingga kesejahteraan masyarakat lebih cepat tercapai," pungkas Endang.(*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com  
Berita besar hari ini. Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia