KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Kajian Pertumbuhan Ekonomi pada Aceh Investment Planning Forum 2020

 
EKONOMI

Kajian Pertumbuhan Ekonomi pada Aceh Investment Planning Forum 2020
Oleh : Bang Rachmad | 25-Feb-2020, 04:15:31 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Baru-baru ini telah dilaksanakan suatu acara pertemuan yang membahas perkembangan investasi di Aceh. Kegiatan tersebut digagas oleh DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu ) Provinsi Aceh.

Perdefinisi dipahami bahwa investasi adalah penanaman modal yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk Assets dengan tujuan untuk digunakan dalam waktu yang akan datang.

Dalam Aceh Investment Planning Forum 2020, seminar dan workhsop di Kyriad Muraya Hotel Aceh pada 5-6 Februari 2020, dihadirkan dua orang narasumber yang ahli dibidangnya yaitu:

1.Enny Sri Hartati pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) tentang Determinan Investasi dan Implikasi terhadap Kebijakan Penanaman Modal (Leason Learn dari Provinsi dan Negara Lain).

2.Wiwit Widyastuti, Deputi Direktur, Kepala Divisi Hubungan Investor, Departemen Internasional Bank Indonesia tentang Integrasi kegiatan Hubungan Investor (Linkage IRU-RIRU-GIRU)

Dalam kajian INDEF dijelaskan kondisi perekonomian Aceh dibandingkan pusat, investasi Aceh dibandingkan dengan pulau Sumatera dan nasional.

Dr Mahyuzar, Staf Ahli Gubernur Aceh bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting diikuti oleh para pihak terkait investasi di Aceh, mengingat target realisasi investasi di Aceh tahun 2021 sebesar Rp 6 triliun, yang mesti diraih dengan kolaborasi seluruh pihak.

Ketua panitia pelaksana, Marthunis, ST, DEA, Kabid Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal DPMPTSP Aceh kepada media menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menerima masukan bagi penyusunan Rencana kerja Pembangunan (RKP/RKPA) dan Rencana Kerja SKPK/SKPA, dan Kementerian/Lembaga Tahun 2021 melalui saluran Musrenbang RKPA yang akan berlangsung ke depannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh SKPA terkait, DPMPTSP kabupaten/kota se-Aceh, Bappeda kabupaten/kota se-Aceh, BUMN, pengelola kawasan, asosiasi pelaku usaha, BUMN, dan perusahaan.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik merilis data pertumbuhan ekonomi Aceh triwulan III 2019 Tumbuh sebesar 3.76 Persen terhadap Triwulan III 2018 Year on years (yoy). Sedangkan angka pertumbuhan ini masih berada di bawah Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang berkisar 5,02 persen.

Dengan pertumbuhan tersebut Provinsi Aceh menduduki urutan ketiga terendah di Sumatera. Menyikapi persoalan tersebut pemerintah perlu mencari solusi ke sektor mana yang mampu untuk mendongkrak pertumbuhan  ekonomi di Aceh meski dulunya pada Tahun 2014 Aceh menduduki urutan pertama pertumbuhan ekonomi terendah se-Sumatera.

Menurut data Bank Dunia tahun 2019 bahwa kemudahan berusaha di wilayah ASEAN 2019 dalam peringkat adalah: Singapura (2), Malaysia (15) Thailand (27), Brunei darussalam (55), Vietnam (69), Indonesia (73), Filipina (124), Kamboja (138), Laos (154), Myanmar (171). Indonesia sebagai negara emerging market masih melakukan pembanguan infrastruktur yang masif.

Integrasi kegiatan Hubungan Investor (Linkage IRU-RIRU-GIRU) adalah integrasi kegiatan hubungan investor di daerah, pusat dan luar negeri dalam rangka mengelola persepsi positif terhadap perekonomian nasional dan regional/daerah untuk mendorong aliran investasi. Sedangkan koordinasi dan perumusan strategi diharapkan antar intasi terkait terhadap kebutuhan pembiayaan terhadap proyek investasi daerah menjadi modal utama pembentukan forum koordinasi.

Monitoring dan tindak lanjut atas kegiatan promosi, kegiatan monitoring dan tindak lanjut atas kegiatan promosi perlu untuk memastikan tercapainya output nyata dari kegiatan promosi. Kondisi realisasi kegiatan IRU-RIRU-GIRU, konsentrasi investor atas investasi di Indonesia, regulasi investasi 45 persen, ketersediaan infrastruktur 20 persen, tenaga kerja 18 persen, kondisi sosial 7 persen, lain-lain 9 persen.

Harapan utamanya untuk Aceh agar dalam waktu dekat bisa dibuat Aceh Economic Forum yang membahas peluang investasi. Hasil survey Bank Indonesia menyimpulkan bahwa tumpang tindih regulasi masih dianggap sebagai faktor penghambat investasi, faktor lainnya adalah ketersediaan infrastruktur, dan aspek ketenagakerjaan.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia