KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PendidikanMendikbud Nadiem Anwar Makarim Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar” oleh : Danny Melani Butarbutar
12-Des-2019, 16:26 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengabarkan bahwa untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Konsumerisme Musuh Anak Muda Di Era Revolusi Industri 4.0

 
EKONOMI

Konsumerisme Musuh Anak Muda Di Era Revolusi Industri 4.0
Oleh : Setyo Sudirman | 01-Nov-2019, 07:15:32 WIB

KabarIndonesia - Pada tanggal 28 Oktober 1928 silam, pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Indonesia bersumpah dengan mengikis kesukuan dan keegoannya untuk cita-cita yang mulia satu "Tanah Air Indonesia", "Bangsa Indonesia", dan "Bahasa Indonesia".
Peristiwa bersejarah itu baru-baru ini kita rayakan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Para pemuda-pemudi Indonesia tanpa memandang suku, agama, adat istiadat dan sebagainya, bersatu untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan.

Ini semua dilakukan sebagai pijakan membebaskan diri dari belenggu kolonialisme. Semangat serupa tentu perlu diteladani. Namun di Era Revolusi Industri 4.0 saat ini, penjajah itu tentu bukan lagi bangsa lain, melainkan telah berwajah baru menjadi virus.

Musuh pemuda-pemudi saat ini adalah godaan konsumerisme yang telah mewujud menjadi "penjajahan ekonomi" terbesar. Betapa tidak, saat ini tidak sedikit pemuda dan pemudi yang terninabobokan dengan tawaran-tawaran yang sepertinya mengenakkan, tetapi sejatinya mengacaukan tatanan keuangan.

Tidak sedikit pemuda-pemudi yang saat ini terbelenggu dengan utang demi utang untuk meladeni "virus konsumerisme". Tren dan gaya hidup menjadi muara untuk konsumerisme di kalangan pemuda dan pemudi Indonesia. Virus itu tersebar dengan mudahnya melalui dengan sarana kemajuan teknologi internet. Virus itu menjangkiti pemuda-pemudi yang tidak memiliki daya tahan yang kuat alias mudah terayu.

Mereka yang terpapar virus ini biasanya benar-benar konsumtif sehingga kondisi keuangannya acak-kadul. Wajah baru penjajah ini perlu dilawan demi masa depan keuangan yang lebih baik. Konsumerisme mengacaukan pengelolaan keuangan milenial sehingga jauh dari kemerdekaan finansial. Pemuda-pemudi Indonesia terbelenggu dengan kenikmatan sesaat, di depan mata, dan hari ini, tetapi masa depan keuangan terancam.

Salah satu langkah nyata untuk melawan "penjajah baru" agar bisa menggapai kemerdekaan finansial, yakni dengan menekuni investasi. Menyatukan tekad berinvestasi penting dilakukan mengingat investasi, semisal investasi reksa dana di IPOTFUND, tidak mengenal sentimen kesukuan dan kedaerahan.

Siapa pun bisa melakukannya dengan mudah dan gampang. Investasi reksa dana terbuka untuk siapa pun dan di mana pun berada, pas untuk pemuda-pemudi Indonesia yang masih berjuang dalam pengelolaan keuangan dengan benar.

Investasi reksa dana bisa menjadi pijakan awal untuk mengelola keuangan masa depan yang lebih baik. Selain mudah dan gampang, investasi ini juga sangat terjangkau. Berbekal dana sebesar Rp.100.000 saja, pemuda-pemudi Indonesia bisa mulai menyelamatkan keuangan masa di masa depan. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemilu Spanyol Diulang 18 Nov 2019 12:05 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 
LILIN ADVENT-NATAL 08 Des 2019 16:13 WIB

Kesehatan Manusia Dalam Alkitab 05 Des 2019 11:08 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia