KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
EKONOMI

Pekebun Kecil Sawit Indonesia Cross Visit Ke Malaysia
Oleh : Zohiri Kadir | 22-Des-2019, 00:03:32 WIB

KabarIndonesia - Sekretariat Dewan Negara-negara Produsen Kelapa Sawit atau The Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan Persatuan Kebangsaan Pekebun-Pekebun Kecil atau National Association of Smallholders (NASH) Malaysia menggelar program Cross Visit ke Malaysia pada 2 - 3 Desember 2019.

Program bertujuan memberikan pengalaman kepada delegasi pekebun kecil kelapa sawit tentang  praktik terbaik di perkebunan kelapa sawit termasuk aspek keberlanjutan dan pemadaman kebakaran.

Hari pertama kegiatan dimulai dengan kunjungan ke kantor NASH zipper kantoran Setiawangsa Business Suites, Kuala Lumpur. Peserta disambut langsung oleh YBhg Dato' Haji Aliasak bin Ambia selaku Presiden NASH.

Selain menjelaskan latar belakang berdirinya Lembaga, YBhg Dato' Haji Aliasak juga menyampaikan harapan agar kegiatan menjadi platform bentuk kerjasama bagi kelompok pekebun kecil di kedua negara penghasil kelapa sawit dunia. Hari kedua kegiatan di isi dengan kunjungan keperkebunan kelapa sawit di wilayah Kampung Chuah, Negeri Sembilan. Kunjungan dilanjutkan ke kantor Malaysian Palm Oil Board (MPOB) dimana peserta diajak menyaksikan perjalanan sejarah industry kelapa sawit Malaysia di galeri MPOB.

Pada tahap awal kegiatan, 10 pekebun kecil Indonesia mengikuti kegiatan perdana Cross Visit 2019. Peserta terdiri dari pekebun kecil plasma dan swadaya di berbagai wilayah di Indonesia antara lain KabupatenAsahan (Sumatera Utara), Kab. Banyuasin (Sumatera Selatan), KabupatenBungo (Jambi) dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah).
 
Riswanto, salah satu pekebun swadaya yang mengikuti kegiatan, berpendapat pentingnya kegiatan ini terkait pemahaman pekebun kecilt tentang praktik baik kelapa sawit yang berkelanjutan. "Budidaya kelapa sawit berkelanjutan dengan teknik berkebun yang benar akan meningkatkan produktifitas petani dan kesejahteraan petani. Untuk itu dibutuhkan peningkatan sumberdaya manusia seperti melalui Cross Visit ini," kata Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Mukti yang telah mendapat sertifikat ISPO untuk 414 hektar yang dikelola.

Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar Dirjen Perkebunan Kementan yang diwakili oleh Irmijati Rachmi berharap, program ini akan meningkatkan kapasitas pekebun kecil kelapa sawit Indonesia yang berdampak bukan hanya pada tingkat kesejahteraan. "Cross Visit seperti ini menjadi sarana efektif pertukaran informasi dan wawasan agar pekebun  kecil kita diharapkan bukan hanya semakin naik tingkat kesejahteraannyat etapi juga memperbesar peran dalam mewujudkan kelapa sawit yang berkelanjutan," kata Irmijati yang juga bertindak sebagai Ketua Delegasi Indonesia.

Peningkatan kapasitas dan kesejahteraan petani kecil merupakan salah satu prioritas CPOPC. Untuk itu, lebih banyak inisiatif dan program akan diadakan secara teratur dengan target dan hasil yang jelas. Salah satunya adalah rencana untuk mengadakan semacam Smallholder Summit 2020 dengan partisipan para pekebun kecil dari beberapa negara penghasil kelapa sawit. 

Negara produsen KelapaSawit atau the Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan Persatuan Kebangsaan Pekebun - Pekebun Kecil atau National Association of Smallholders (NASH) Malaysia menggelar program Cross Visit ke Malaysia pada 2 - 3 Desember 2019.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia