KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniTeologi Inklusif Sebagai Alternatif oleh : Gunoto Saparie
18-Des-2017, 07:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mendengar istilah "teologi inklusif", saya langsung teringat kepada Nurcholish Madjid. Nurcholish adalah salah seorang cendekiawan muslim yang concern cukup mendalam terhadap persoalan hubungan agama-agama dan dialog antaragama. Ia secara teoritis mengedepankan pencarian dan konsep titik temu agama-agama secara eksplisit
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Produk Halal APP Sinar Mas Melalui Sistem Jaminan Halal

 
EKONOMI

Produk Halal APP Sinar Mas Melalui Sistem Jaminan Halal
Oleh : Rohmah Sugiarti | 11-Jun-2017, 05:31:05 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, APP Sinar Mas berinovasi mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal sebagai bagian terintegrasi dari kebijakan APP dalam memroduksi produk kertas halal (9/6). Hal ini dilakukan guna menyikapi meningkatnya keinginan umat muslim di seluruh dunia untuk menjalani hidup sesuai syariat Islam dalam setiap aspek kehidupannya, tanpa terkecuali.

Pada tahun 2015, industri halal global mencapai 1,8 triliun dolar AS dan nilai ini diprediksi akan terus meningkat menjadi 2,6 triliun dolar AS pada tahun 2020 mendatang. Tak hanya berfokus pada industri pengolahan pangan, pasar halal global saat ini juga sudah mencakupi produk farmasi, kosmetik, kesehatan, peralatan mandi bahkan perangkat medis. Selain itu, industri halal kini juga menjangkau komponen sektor jasa seperti logistik, pemasaran, percetakan, pengemasan, branding dan pembiayaan.

“Hal ini merupakan komitmen inovasi APP dalam menyediakan produk khusus bersertifikasi halal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk halal," jelas Citra Yulia, Product Manager of Color Paper and Indah Kiat Stationery.

Sertifikat halal tersebut diperoleh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan penerapan Sistem Jaminan Halal (SJL) 23000 yang memastikan bahwa bahan baku dan zat yang terkandung dalam setiap produk sesuai dengan syariah Islam.

Sistem produksi, ruang penyimpanan dan pengawasan kualitas perusahaan juga mematuhi SJL 23000. Selain itu, evaluasi audit dilakukan secara berkala oleh pihak internal maupun eksternal yang kompeten dan independen.

Melalui implementasi SJL 23000, APP Sinar Mas mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari proses pemilihan bahan baku kertas, proses produksi hingga ruang penyimpanan khusus.

Bahan baku produk halal APP Sinar Mas bebas dari kandungan unsur haram seperti babi, alkohol, ataupun bahan turunan non halal lainnya. APP Sinar Mas juga menggunakan sistem berteknologi khusus serta memiliki gudang penyimpan kertas terpisah guna menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Sebelum memulai tahap proses produksi, APP Sinar Mas melakukan koordinasi antar departemen untuk memperlancar pelaksanaan produksi produk halal. Kualitas produk dimonitor ketat oleh bagian pengawasan kualitas agar produk yang dihasilkan memenuhi standar spesifikasi yang ditentukan. Kemudian, tim audit melakukan evaluasi secara bertahap untuk memastikan SJL telah diimplementasikan dengan baik dan benar.

APP Sinar Mas juga mengirimkan perwakilannya ke LPPOM MUI untuk mengkaji lebih dalam terhadap pentingnya implementasi halal dan mendapatkan sertifikasi sebagai auditor halal. Dengan demikian, ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan secara saksama dalam pelaksanaan produksi.

APP Sinar Mas menghasilkan beragam produk halal untuk setiap unit bisnisnya. Salah satunya adalah QPP – Sinar Tech, kertas warna khusus untuk pencetakan Al Quran. Kertas ini mampu bertahan lebih dari 100 tahun dalam pemakaian normal. Untuk produk kemasan, APP Sinar Mas memiliki unit bisnis industri khusus dengan merek Foopak yang bersertifikasi halal.

Kemasan produk pangan anti minyak ini juga telah mendapatkan sertifikasi internasional FDA dan ISEGA. Sementara itu, APP Sinarmas sukses menginiasi standar halal pada unit bisnis produk tisu multi guna tahun lalu. Sederetan merek yang mengantongi penerapan standar sertifikasi halal diantaranya Paseo, Nice, Jolly, Toply, Livi dan Hyper.

“Sertifikasi halal untuk setiap produk unit bisnis APP adalah hal penting bagi kami, mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan kualitas produk yang kami hasilkan tetap terjaga. Dengan adanya sertifikasi halal, konsumen akan lebih mudah mengidentifikasi produk yang halal dan non halal. Kami akan terus berinovasi dan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang semakin variatif dan dinamis,” tutup Tony Kwan, Area Sales Head of Tissue division. (*)

Ket. Foto:
Dari Kiri: M Adjidarmo, Product Development Manager, Citra Yulia, Product Manager of Color Paper and Indah Kiat Stationery

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia