KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB

 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB

 
 
EKONOMI

Simpan Pinjam Perempuan Berdayakan Perempuan
Oleh : Arief Rachman | 29-Des-2010, 21:16:43 WIB

KabarIndonesia - Salah satu kegiatan PNPM-MP sejak tahun 2007 adalah pemberdayaan perempuan. Diantaranya adalah bagaimana mewujudkan kemandirian ekonomi keluarga melalui pemberian pinjaman modal usaha bagi perempuan yang membuka usaha kecil-kecilan seperti usaha bakulan, palele dan perkiosan.

Jamal Anwar PJOK Kecamatan Wera mengakui Kegiatan simpan pinjam perempuan yang digulirkan program PNPM-MP bagi pengusaha perempuan di perdesaan memberikan dampak signifikan bagi peningkatan usaha wanita di perdesaan. “SPP mampu meningkatkan taraf hidup keluarga miskin, merangsang perempuan untuk berusaha membantu ekonomi keluarga” katanya saat acara Semiloka Forum DPRD PNPM-MP kemarin siang (27/12) di Aula Mutmainah.

Jamal menilai salah satu tolak ukur keberhasil PNPM-MP di Kabupaten Bima adalah keberhasilan Simpan Pinjam Perempuan. Sampai saat ini kelompok simpan pinjam yang tersebar di Kecamatan Wera kurang lebih 50 kelompok dimana satu kelompok beranggotakan 15 sampai 20 orang perempuan dengan jenis usaha bakulan, perkiosan, palele.
Jumlah pinjaman yang diberikan berkisar Rp. 500 ribu sampai Rp. 1 juta rupiah tergantung jenis usaha yang mereka akan kembangkan. ”Ada Tim yang akan menilai layak dan tidaknya diberikan pinjaman, tim ini nantinya juga bertanggungjawab memberikan pembinaan peningkatan usaha”.

Ditanya tentang tingkat pengembalian pinjaman Jamal mengatakan hampir peminjam dapat mengembalikan pinjaman sesuai jangka waktu yang telah ditentukan ”pinjaman diberikan waktu pengembalian 8 bulan dengan tingkat suku bunga sebesar 2 persen”. Kalaupun ada keterlambatan pengembalian Tim penyehatan pinjaman yang terdiri dari Kepala Desa, PJOK dan fasilitator akan mengkomunikasikan dengan peminjam sehingga peminjam dapat melunsi pinjamannya”.

Jamal menghapkan agar kegiatan SPP ini bisa berlanjut meskipun program PNPM-MP berakhir, makanya Jamal mengharapkan pemerintah daerah bersama legislatif mulai memikirkan bagaimana mengintegralkan perencanaan kegiatan PNPM-MP, sehingga mulai dipikirkan dari sekarang apa yang mesti dilakukan pasca berakhirnya program PNPM-MP, termasuk didalmnya mengamankan aset permodalan SPP ini, tutur Jamal.



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia