KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Tips Kece Investasi Saham Buat Milenial

 
EKONOMI

Tips Kece Investasi Saham Buat Milenial
Oleh : Setyo Sudirman | 23-Okt-2019, 08:54:22 WIB

KabarIndonesia - Jangan ngaku milenial kece kalau belum mempraktekkan investasi saham yang saat ini sudah bisa dilakukan dengan gadget di genggaman tangan. Dengan kata lain, investasi (nabung) saham sudah sangat mudah dilakukan.

Dengan modal yang terjangkau juga buat milenial, investasi saham bisa dinikmati hanya dalam beberapa kali sentuhan di gadget. Dalam hitungan menit milenial sudah bisa memiliki perusahaan, meski masih dalam skala saham yang kecil.

Namun meski mudah dan terjangkau, ada baiknya milenial memperhatikan 5 tips kece berikut ini agar nabung sahamnya membuahkan hasil berupa cuan yang tinggi:

1. Gunakan modal kecil dan uang yang dingin

Berhubung baru masuk dunia saham, sebaiknya milenial mulai dengan modal kecil. Dengan modal kecil, jika salah langkah maka kerugian yang harus ditanggung masih kecil. Penting dimengerti, proses awal ini  untuk memastikan bahwa proses belajar itu baik sebelum bertransaksi. Selanjutnya sebagai Newbie, milenial wajib menggunakan uang dingin (idle money). Uang dingin yang tidak dipakai untuk aktivitas harian ini penting supaya milenial tetap tenang dan tidak khawatir bila hasil investasinya lagi kurang baik.

2. No way saham gorengan


Saham gorengan itu identik dengan saham murah meriah yang tidak jelas fundamentalnya. Namanya saja gorengan, jadi saham ini biasa diolak-alik alias dimainkan (digoreng) sehingga benar-benar fluktuatif. Saham gorengan ini sangat fluktuatif: cepat melejit, tetapi cepat pula anjlok. 

Bagi investor pemula, saham gorengan ini memang menarik, tetapi karena banyak yang tidak tahu terjebak dalam permainan sehingga justru kerugian lah yang menjadi ending investasi sahamnya. 

Karena menawarkan profit tinggi hanya dalam waktu singkat, investor biasanya tergiur tapi tak tahu bahwa saham tersebut sengaja diangkat tinggi-tinggi harganya. Dan saat tergiur masuk, ternyata harganya langsung turun drastis. Siapa yang rugi? Tentu saja investor yang tergiur dengan saham-saham gorengan.

3. Pilih saham yang fundamentalnya baik

Saham dengan fundamental baik adalah saham-saham blue chip. Ciri umumnya dikenal publik, jenis usahanya jelas, produknya laku di pasar, ada  etos dan kinerja yang baik, fundamental yang baik, dikelola oleh orang-orang professiona hingga tidak banyak utang. Saham blue chip (big cap) biasanya disebut juga saham papan atas atau saham unggulan. 
Dengan begitu, angka kapitalisasi pasarnya besar yakni di atas Rp 40 triliun. Tentu, dengan nilai pasar saham sebesar itu, bukanlah perusahaan main-main atau abal-abal yang tergolong memiliki saham blue chip. Menariknya, saat pasar saham terkoreksi, biasanya saham blue chip cepat pulih dibanding saham lainnya. Saat krisis saham blue chip juga tahan koreksi serta cepat stabil.

4. Stop ikut-ikutan

Sebagai investor, prinsip praktis yang ketiga yakni jangan gampang ikut-ikutan membeli saham yang tidak jelas hanya karena bisikan teman, pengamat, group atau media yang sedang hangat-hangatnya membahas saham tertentu. Bagaimanan pun, investasi saham perlu dasar yang kuat agar tidak hanya ikut-ikutan dan terlebih memiliki alasan yang kuat mengapa membeli saham tertentu.

5. Pilih platform yang oke punya


Platform online trading yang oke punya dalam mendukung analisis fundamental dan teknikal saham, seperti IPOTSTOCK dari PT Indo Premier Sekuritas, akan memudahkan milenial dalam mendulang cuan saham. Apalagi, platform ini menyediakan kenyamanan nabung saham dengan dukungan fitur dan tools analisis andal ditambah dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang komprehensif. 
So, analisis yang kece akan membuat keputusan pilihan sahamnya juga tepat. Selanjutnya, jika ada fasilitas marginnya, hindari lah untuk menggunakan fasilitas margin terlalu banyak dan melebihi batas kemampuan.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia