KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTol Laut, Tol Langit dan Tol Media (Sebuah Kesaksian Untuk HUT ke-13 HOKI) oleh : Wahyu Ari Wicaksono
12-Nov-2019, 01:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sekarang ini perkembangan teknologi media telah berkembang dengan luar biasa. Apalagi ketika muncul teknologi yang disebut sosial media. Kemunculan sosial media telah membuat banyak hal berubah. Mulai dari industri, bisnis, kehidupan sosial, gaya hidup dan banyak lainnya. Salah
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Tips Meluruskan Arah Keuangan Milenial

 
EKONOMI

Tips Meluruskan Arah Keuangan Milenial
Oleh : Setyo Sudirman | 08-Okt-2019, 14:43:48 WIB

KabarIndonesia - Di era industri yang serba digital berbasis internet ini, milenial kreatif dan produktif terus bermunculan. Profesi kekinian pun bermunculan mulai dari blogger, vlogger, youtuber, selebgram dan masih banyak lagi.

Namun tak bisa dipungkuri, era digital ini membuat milenial kehilangan arah dalam pengelolaan keuangannya karena justru menjadi konsumtif. Generasi yang notabene masih "gampang dipengaruhi" ini biasanya tergiur dengan tawaran-tawaran yang juga ditawarkan secara digital.

Hal-hal baru yang menantang milenial ditawarkan secara terbuka melalui berbagai jaringan media sosial. Makanan, minuman, produk, destinasi-destinasi menarik, dan tempat-tempat hangout masa kini mengikis keuangan milenial.

Kondisi gampang terbuai semacam ini membuat milenial kebobolan dalam hal keuangan. Tragisnya, tak sedikit dari mereka yang hidup dari utang ke utang. Gali lobang tutup lobang. Hidup dari pinjaman online satu ke pinjaman online yang lainnya.

Satu hal yang kerap tak disadari betul-betul. Hidup itu tidak hanya untuk hari ini. Hidup itu ada juga di masa depan. Di masa depan milenial juga memiliki kebutuhan yang perlu disiapkan secara finansial sejak hari ini.

Berikut ini tips meluruskan arah keuangan bagi milenial agar memiliki keuangan yang sehat, tetapi tetap bisa menikmati hidup kekinian:

1. Punya tujuan dan rencana keuangan yang jelas
Hidup itu masih ada juga di masa depan seperti kuliah lanjut, menikah, beli mobil, liburan ke luar negeri, biaya pendidikan anak dan masih banyak lagi. So, siapkanlah rencana keuangan untuk minimal 10 tahun ke depan. Jangan dihabiskan untuk saat ini.

2. Kurangi frekuensi pengeluaran yang tidak benar-benar dibutuhkan
Untuk kamu yang sering beli kopi dengan harga 50 ribuan, kurangi lah frekuensinya. Apabila kamu sudah terlalu terbiasa beli kopi setiap hari, mulai lah dengan yang menjadi 2 hari sekali, lalu seminggu sekali, dan seterusnya. Lalu alokasikan lah dana yang biasa dipakai untuk beli kopi ke tabungan.

3. Gunakan utang untuk hal-hal yang produktif
Jika kamu diharuskan utang atau mengkredit sesuatu, pastikan hal tersebut bisa benar-benar bermanfaat atau produktif. Jadi bukan utang untuk komsumsi. Contoh utang yang produktif, yakni untuk memulai usaha baru atau mengkredit barang-barang yang bisa dipakai untuk mendukung hobi yang bisa menghasilkan uang, seperti kredit kamera untuk kamu yang suka fotografi, sebagai media menjadi freelancer photographer.

4. Penting untuk kamu memiliki tabungan
Mulailah menyisihkan penghasilan minimal 10% dari gaji untuk ditabung. Sebagai pengikut trend kekinian, kidz zaman now juga harus memiliki tabungan yang kekinian, yang bisa mendukung gaya hidup yang serba cepat dan praktis, juga menguntungkan dari berbagai segi. Untuk para pengikut trend kekinian, yang masih sulit sekali untuk menyisihkan uang untuk menabung, bisa mencoba aplikasi tabungan online kekinian IPOTPAY.

Di IPOTPAY kamu gak perlu uang yang besar untuk memulai menabung. Cukup dengan uang Rp 100.000, kamu sudah bisa memiliki tabungan yang menguntungkan dengan imbal hasil up to 10% per tahun. Jadi, kebutuhan hidup yang berat jangan lagi dibebani dengan sulitnya menabung dan juga biaya-biaya tambahan. Toh, kita menabung untuk mengurangi beban, bukan menambahnya. Bye-bye kantong malang! (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia