KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniSegudang Manfaat Bila Berpikiran Positif oleh : Bunga Wiladatika
22-Sep-2018, 15:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berpikiran positif mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Berpikiran positif adalah bagaimana cara kita menghadapi suatu hal secara logis dari segi yang positif, sehingga mampu menjalani berbagai aspek masalah dalam kehidupan. Apa saja manfaat baik yang
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

UIN Jakarta Gelar Forum Riset Ekonomi & Keuangan Syariah Kedua (FREKS II)

 
EKONOMI

UIN Jakarta Gelar Forum Riset Ekonomi & Keuangan Syariah Kedua (FREKS II)
Oleh : Cucu Sulastri | 10-Des-2013, 23:07:33 WIB

KabarIndonesia - UIN Jakarta menjadi tuan rumah dalam acara Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) kedua pada 13-14 November 2013 lalu. Acara yang dihelat selama dua hari ini bertema  "Revitalisasi Maqashid Syariah Dalam Sistem Ekonomi dan Keuangan Syariah yang Mampu Berdaya Saing Tinggi di Pentas Nasional, Regional dan Global". Kegiatan ini menghadirkan 24 finalis FREKS II dari pelbagai universitas dan lembaga riset. Acara hari pertama sekaligus pembukaan bertempat di Auditorium Harun Nasution. Sedangkan hari kedua di Syahida Inn, Kampus dua, Ciputat.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta dengan Directorate of Islamic Banking-Bank Indonesia (DPbS-BI), serta Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Selain penjurian terhadap 24 finalis FREKS II, acara juga diisi dengan seminar yang diadakan secara parallel dari berbagai komisi bidang keilmuan ekonomi dan syariah, diskusi panel, serta forum rektor dan dekan. Tampak hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian RI, Hatta Rajasa yang memberikan pidato seputar ekonomi global serta Ketua Divisi Syariah Bank Islam Syiria, Prof Dr Wahbah Mustafa Zuhaily.

Dalam pidatonya, Hatta Rajasa menyatakan persetujuannya akan ekonomi yang berdasar syariah Islam, Rabu (13/11) di Auditorium Harun Nasution. "Syariah menjadi bagian dari solusi untuk menghadapi kerapuhan ekonomi global saat ini," kata Hatta. Sedangkan, Wahbah Zuhaily dalam pidato dan paper-nya, menerangkan seputar revitalisasi dan peningkatan penerapan maqashid al Syariah di bidang ekonomi syariah dan keuangan demi terwujudnya tatanan ekonomi yang kokoh dan berkeadilan.

Penelitian di bidang keuangan dan ekonomi Islam dalam bingkai Maqashid Syariah memiliki arti yang sangat penting, karena hal tersebut menunjukkan bahwa Syariah Islam memiliki perhatian besar dalam menjaga aturan mana yang dibolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan atau ilegal. Pada saat yang sama adalah memberi perlindungan terhadap kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, di sektor publik dan swasta dari jurang kehancuran dan kemunduran yang secara umum menjadi kekhawatiran dan larangan-larangan di bidang ekonomi. Demikian Wahbah Mustafa Zuhaily menuturkan dalam paper-nya yang berjudul Maqashid Syariah Bidang Ekonomi dan Keuangan Islam.

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat, berharap ekonomi syariah dapat menjadi inspirasi kebangkitan peradaban Islam dengan asas keadilan dan kesejahteraan dijadikan prinsip utama.

"Ekonomi syariah dapat menginspirasi pertumbuhan dan lahirnya peradaban Islam. Ekonomi dan keuangan syariah dapat berkembang dengan baik jika asas keadilan dan kesejahteraan menjadi prinsip utama," katanya, Rabu (13/11). Rektor menambahkan nilai-nilai universal Islam harus dijadikan landasan dan tujuan pengembangannya.

Acara ini juga diisi oleh Ketua Otoritas Jasa Keuangan, DR Mualiaman D. Hadad, Senior Research Fellow di the Institute for South East Asia Studies - Singapore, Prof Dr Aris Ananta, Ketua DPP IAEI, Prof Dr Bambang Brodjonegoro, Prof Dr Omar Farooq (Bahrain Institute for Banking and Finance), Prof Dr Mudrajad Kuncoro, Prof Dr Noer Azam Achsani, Prof Dr Didin Damanhuri dan lain-lain. (*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com
 

 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB


 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia