KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Aplikasi IPOT Kini Dilengkapi Teknologi Fingerprint

 
IPTEK

Aplikasi IPOT Kini Dilengkapi Teknologi Fingerprint
Oleh : Setyo Sudirman | 05-Jul-2020, 15:06:41 WIB

KabarIndonesia - Teknologi fingerprint kini ternyata telah merambah ke platform investasi saham. Salah satu sekuritas yang mengupdate teknologi sidik jari adalah PT Indo Premier Sekuritas di aplikasi IPOT yang baru diluncurkan baru-baru ini.

Aplikasi IPOT yang meluncur beberapa waktu yang lalu kini dilengkapi dengan teknologi fingerprint login. Teknologi ini membuat sistem keamanan login menjadi lebih personal, yakni dengan teknologi pemindai sidik jari atau fingerprint recognition.

Seperti diketahui, fingerprint ini tidak bisa dipalsukan, karena setiap manusia memiliki sidik jari yang unik dan boleh dikata masing-masing sidik jari itu rumit sehingga jelas berbeda satu sidik jari dengan sidik jari yang lainnya.

Sidik jari yang memang sangat personal dan unik serta tiada duanya ini biasanya terlihat sangat jelas saat melakukan cap jari dengan tinta. Sidik jari ini terdiri atas banyak garis menonjol yang cenderung melingkar-lingkar.

Cara kerja fingerprint ini sendiri sejatinya sangat mudah, yakni dimulai dengan merekam sidik jari terlebih dahulu kemudian pola khasnya tersimpan. Selanjutnya, cara mengidentifikasinya pun sangat mudah yakni dengan mencocokkan pola unik yang telah tersimpan. Jika sama maka akses otomatis terbuka seketika.

Hal yang sama juga berlaku di aplikasi IPOT yang diperuntukkan dalam transaksi investasi jual dan beli saham. Dengan sensor scanning sidik jari untuk keperluan verifikasi identitas saat masuk (login) ke akun IPOT pun kini menjadi lebih personal.

Login dengan cara ini menjadi lebih efisien melengkapi model login dengan password atau ID. Dari sisi waktu, login dengan fingerprint memang lebih cepat.

Dengan demikian, teknologi fingerprint ini pun menjadi alternatif untuk akses (login) cepat melengkapi metode login berbasis password atau ID. Menariknya, meski berbasis fingerprint, sistem keamanannya tetap terjaga.

Diketahui, sistem fingerprint ini hanya berlalu di lapis login, sementara untuk transaksi lebih  IPOT secara umum telah terlapisi sistem keamanan mumpuni karena sudah terproteksi dengan SSL 256 bit dan three layer security, yaitu level password, randomized numerical PIN dan OTP (One Time Password) serta terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Level passwordnya sendiri terdiri atas kombinasi (minimum) 8 digit angka, huruf dan spesial karakter. Level randomized numerical PIN adalah sistem pengacakan 10 digit nomor yang hanya bisa dipilih melalui klik atau layar sentuh hasil kreasi team IT Indo Premier. Lapis keamanan ini mampu mengantisipasi malware seperti key-logger.

Sementara itu, level OTP sendiri berupa password acak dan unik yang dikirimkan melalui SMS kepada pengguna dengan masa berlaku 3 menit. Dengan sistem keamanan lapis tiga ini data pribadi di akun IPOT aman dan terlindungi dari ancaman hacker yang mencoba membobol rekening. Apalagi, rekening di bank dibuat atas nama kita sendiri. Inovasi fingerprint ini menjadi alternatif untuk transaksi yang efektif dan efisien.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia