KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Top ReporterTOP REPORTER OF THE MONTHS JANUARY 2019 oleh : Kabarindonesia
19-Jan-2019, 01:29 WIB


 
 
KabarIndonesia - Tonny Djayalaksana adalah seorang pengusaha yang pada saat ini sedang mengembangkan Lapangan Golf di Manyaran Hills - Semarang. Sebelumnya ia pernah mengorbitkan Kartu Merah Putih - kartu pulsa prabayar sebagai Provider.   

Usia Tonny sekarang
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rumah 18 Jan 2019 09:43 WIB

Kitab Hidup 16 Jan 2019 09:44 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
 

 

Biodigester Karya FT-UI  Berhasil Wujudkan Peternakan Mandiri Energi

 
IPTEK

Biodigester Karya FT-UI Berhasil Wujudkan Peternakan Mandiri Energi
Oleh : Zohiri Kadir | 09-Nov-2018, 14:59:42 WIB

KabarIndonesia - Program Hibah Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), berhasil menghadirkan biodigester skala rumah tangga untuk peternakan kecil dan menengah. Biodigester ini telah dipasang di peternakan sapi, di wilayah Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, pada Selasa, 23 Oktober 2018 yang lalu.

Biodigester merupakan alat yang digunakan untuk mengubah limbah organik menjadi biogas. Biogas itu sendiri merupakan salah satu energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari memasak hingga kebutuhan listrik. Mengingat banyaknya limbah organik yang dihasilkan oleh masyarakat, khususnya di daerah peternakan, maka akan sangat bermanfaat jika limbah organik tersebut diolah menjadi produk yang bernilai, seperti biogas, dengan menggunakan alat berupa biodigester.

Berdasarkan alasan inilah, Prof. Dr. Anondho Wijanarko, S.T., M.Eng dan tim mengembangkan ide tersebut. "Biodigester sederhana ini menjadi salah satu bentuk implementasi dari penelitian yang kami lakukan agar dapat berguna bagi masyarakat luas. Hasil dari biodigester ini adalah berupa biogas, jadi peternak dapat menghemat pengeluaran bahan bakar gas, karena diproduksi secara mandiri", ujar Prof. Anondho.

Biodigester yang telah dipasang di peternakan sapi milik Pak Ahmad Sofyan tersebut dioperasikan dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai bahan baku. Dalam sehari, dengan jumlah sapi sebanyak 16 ekor, kotoran sapi yang dihasilkan dapat mencapai 400 kg/hari. Sebelum digunakan, kotoran sapi tersebut dicampur dengan air terlebih dahulu dengan perbandingan 1:1 untuk kemudian dimasukkan ke dalam biodigester. Di dalam biodigester, kotoran sapi dikonversi menjadi biogas melalui proses fermentasi secara anaerobik selama kurang lebih 14 hari. Dengan input awal sebanyak 400 kg kotoran sapi, dan input harian sebanyak 20 kg kotoran sapi, maka biogas yang dapat dihasilkan mampu mencapai 1 m3/ hari.

Sebagai pemilik peternakan, Pak Ahmad Sofyan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada FTUI.  "Terima kasih banyak kepada FTUI yang memberikan biodigester ini untuk peternakan saya. Alat ini akan membantu saya dalam mengolah kotoran sapi dari peternakan", ucap Pak Ahmad Sofyan. Melalui energi terbarukan berupa biogas yang dapat dihasilkan menggunakan biodigester, hal ini dapat menjadi salah satu solusi permasalahan energi di masa saat ini. Telah menjadi masalah publik terkait minim dan sulitnya mencari bahan bakar. Belum lagi harga bahan bakar yang terus meroket. Oleh karena itu, inovasi berupa biodigester ini menjadi solusi yang bijak bagi para peternak untuk mewujudkan peternakan yang mandiri energi.

Selain menghemat biaya bahan bakar, para peternak pun dapat memanfaatkan limbah atau kotoran ternak yang dihasilkan, sehingga tidak menumpuk sia-siaInovasi pun terus dikembangkan. Biodigester yang dihasilkan oleh Prof. Anondho dan timnya dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar rumah tangga, seperti untuk memasak. Alat biodigester ini telah teruji secara berkala, baik dari segi keamanan dan faktor operasinya. Tentunya, pengembangan performa dari biodigester ini akan terus dikembangkan agar mampu beroperasi lebih baik lagi dan semakin banyak tercipta peternakan yang mandiri energi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Muallaf Zaman "Now"! 07 Jan 2019 18:38 WIB

 
 
 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB

 

 
Haruskah Beragama? 18 Jan 2019 16:17 WIB

Adakah Sorga Dan Neraka 17 Jan 2019 17:30 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia