KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Habis Gelap Terbitlah Terang di Kampung Cibunar

 
IPTEK

Habis Gelap Terbitlah Terang di Kampung Cibunar
Oleh : Enest N. Sumarna Sawungpraja | 26-Nov-2008, 04:14:28 WIB

KabarIndonesia - Warga Kampung Cibunar, Desa Sukapada, Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya, akhirnya bisa menikmati teknologi listrik setelah berpuluh-puluh tahun sebelumnya 'gelap gulita' (belum tersentuh listrik). 

Ini sejak 26 Agustus 2008 lalu telah diresmikan pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro (PLTMH) dengan penandatanganan berita acara serah terima antara Pihak LIPI yang diwakili Ir. Adi Santoso, MSc dengan masyarakat yang dihimpun melalui Koperasi Jaga Amanah, Iin Solihin.

Peristiwa bersejarah ini semacam menjadi kado HUT RI ke-63 bagi warga setempat. Tak lain berkat LIPI yang bekerja sama dengan World Association Industrial and Technological Research Organization (WAITRO) Malaysia  yang didanai oleh organisasi dunia dari Timur Tengah, Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO).

Peresmian seremonial listrik di Kampung Cibunar hanya  memakan waktu setengah jam dengan penekanan  tombol saklar lampu 100 watt. Sorak-sorai  gembira  masyarakat di Balai Pertemuan  Sekolah Ibtida'iyah Al Jihad Cibunar menandai peresmian itu yang turut dihadiri oleh tokoh masyarakat, Kades Sukapada, Camat, Danramil, Kapolsek Pagerageung, serta pejabat Perhutani, Distamben dari Kabupaten Tasikmalaya.  

Deputi IPT, Prof. Dr. Masbah RT Siregar, menegaskan bahwa LIPI memprioritaskan khususnya pembangunan PLTMH untuk Desa yang potensial. Dijelaskan pula oleh Zulkefli, dari pihak WAITRO, dengan biaya sekitar lima ratus jutaan ini PLTMH yang berkekuatan maksimal 30 KW dapat digunakan untuk 200 kepala keluarga, walaupun pemakaian baru 56 KK. Pihaknya juga merasa ada ketertarikan di Cibunar ini karena masyarakatnya termotivasi untuk menerima teknologi.

Menurut  Iin Solihin, juga harapan Mr. Mehdi Rajabi, dari ISESCO, yang disampaikan dalam masing-masing sambutannya, listrik ini tidak hanya untuk penerangan saja tapi juga untuk pengeringan teh dan penggilingan padi serta kepentingan lainnya. 

Mata air dari kaki Gunung Cakrabuana pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan air laut, suhu udara sekitar 22 derajat celcius, merupakan sumber  aliran sungai Ciwalen, selain untuk memutarkan generator 30 KW juga mengairi pesawahan dan meningkatkan produktivitas hasil pertanian, terutama tanaman teh dan kapulaga.

*Foto Ilustrasi: Hanif Nashrullah


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia