KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanRiset Penyembuhan Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Ibu Ani Yudhoyono oleh : Kabarindonesia
14-Feb-2019, 12:25 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ani Yudhoyono, istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sakit kanker darah. Bagaimana perkembangan metode peneliti untuk penyembuhan jenis penyakit ini?Dalam keterangan resmi melalui video yang diunggah di Youtube, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberitahukan bahwa istrinya, Ani
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
KPK "Banding" Vonis JB Kotjo 15 Feb 2019 11:05 WIB


 
SUARA HATI 10 Feb 2019 08:19 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Habis Gelap Terbitlah Terang di Kampung Cibunar

 
IPTEK

Habis Gelap Terbitlah Terang di Kampung Cibunar
Oleh : Enest N. Sumarna Sawungpraja | 26-Nov-2008, 04:14:28 WIB

KabarIndonesia - Warga Kampung Cibunar, Desa Sukapada, Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya, akhirnya bisa menikmati teknologi listrik setelah berpuluh-puluh tahun sebelumnya 'gelap gulita' (belum tersentuh listrik). 

Ini sejak 26 Agustus 2008 lalu telah diresmikan pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro (PLTMH) dengan penandatanganan berita acara serah terima antara Pihak LIPI yang diwakili Ir. Adi Santoso, MSc dengan masyarakat yang dihimpun melalui Koperasi Jaga Amanah, Iin Solihin.

Peristiwa bersejarah ini semacam menjadi kado HUT RI ke-63 bagi warga setempat. Tak lain berkat LIPI yang bekerja sama dengan World Association Industrial and Technological Research Organization (WAITRO) Malaysia  yang didanai oleh organisasi dunia dari Timur Tengah, Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO).

Peresmian seremonial listrik di Kampung Cibunar hanya  memakan waktu setengah jam dengan penekanan  tombol saklar lampu 100 watt. Sorak-sorai  gembira  masyarakat di Balai Pertemuan  Sekolah Ibtida'iyah Al Jihad Cibunar menandai peresmian itu yang turut dihadiri oleh tokoh masyarakat, Kades Sukapada, Camat, Danramil, Kapolsek Pagerageung, serta pejabat Perhutani, Distamben dari Kabupaten Tasikmalaya.  

Deputi IPT, Prof. Dr. Masbah RT Siregar, menegaskan bahwa LIPI memprioritaskan khususnya pembangunan PLTMH untuk Desa yang potensial. Dijelaskan pula oleh Zulkefli, dari pihak WAITRO, dengan biaya sekitar lima ratus jutaan ini PLTMH yang berkekuatan maksimal 30 KW dapat digunakan untuk 200 kepala keluarga, walaupun pemakaian baru 56 KK. Pihaknya juga merasa ada ketertarikan di Cibunar ini karena masyarakatnya termotivasi untuk menerima teknologi.

Menurut  Iin Solihin, juga harapan Mr. Mehdi Rajabi, dari ISESCO, yang disampaikan dalam masing-masing sambutannya, listrik ini tidak hanya untuk penerangan saja tapi juga untuk pengeringan teh dan penggilingan padi serta kepentingan lainnya. 

Mata air dari kaki Gunung Cakrabuana pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan air laut, suhu udara sekitar 22 derajat celcius, merupakan sumber  aliran sungai Ciwalen, selain untuk memutarkan generator 30 KW juga mengairi pesawahan dan meningkatkan produktivitas hasil pertanian, terutama tanaman teh dan kapulaga.

*Foto Ilustrasi: Hanif Nashrullah


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Marc Marques Juara Dunia MotoGP 09 Feb 2019 02:01 WIB


 

 
 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB

 

 
Buktikan Tuhan Itu Ada! 15 Feb 2019 14:39 WIB

Menabur Neraka Menuai Sorga 14 Feb 2019 13:44 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia