KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDI ATAS LANGIT ADA LANGIT oleh : Tonny Djayalaksana
23-Aug-2019, 14:03 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pengacara 02 dalam Sidang Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yaitu Bambang Widjojanto seperti menyimpan agenda tersendiri. Hal itu terlihat dari kejanggalan-kejanggalan yang saya ungkapkan sebelumnya.

Sidang pun berlanjut dengan acara mendengarkan saksi dan ahli dari
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Keamanan Pangan Sebuah Strategi Baru untuk Analisis Produk Halal

 
IPTEK

Keamanan Pangan Sebuah Strategi Baru untuk Analisis Produk Halal
Oleh : Hendy Dwi Warmiko | 02-Mei-2019, 14:24:14 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Seminar Food Safety telah dilaksanakan di Fairmont Hotel Jakarta pada 30 April 2019, salah satu tema yang dibahas adalah untuk pengujian halal. Produk berbasis gelatin merupakan salah satu produk yang masih perlu konfirmasi jaminan halalnya. Hal ini dikemukakan oleh Tri Joko Raharjo, Ph.D. dari UGM sebagai salah satu pembicara pada acara tersebut. Gelatin didapatkan dari kolagen yang berasal dari berbagai produk sampingan hewan, termasuk dari hewan babi (porcine based).

Keberadaan komponen non halal pada makanan dan bahan obat dapat terjadi salah satunya dikarenakan oleh faktor ekonomi yaitu penggantian atau penambahan daging dengan daging lain dalam rangka menurunkan biaya produksi dan mendapatkan untuk lebih banyak. Hal ini terjadi karena harga daging babi lebih rendah daripada harga daging sapi.

Dengan melalukan analisis proteomik menggunakan alat Orbitrap High Resolution Mass Spectrometer dapat diaplikasikan metode Bottom-up proteomics sebagai dasar pengembangan analisis berbasis MS untuk uji halal, termasuk pada produk gelatin. Memang menemukan urutan protein spesifik pada suatu spesies menjadi semakin kompleks dibandingkan dengan urutan DNA, tetapi lebih menjanjikan untuk menjadi pembeda. HRMS dapat menganalisis produk makanan apakah mengandung bahan non-halal dapat dilihat berdasarkan perbedaan berat molekul peptida dari masing-masing sampel.

Seminar dan Workshop yang diadakan oleh Thermo Fisher Scientific dengan PT GeneCraft Labs ini juga membahas tentang materi keamanan pangan lainnya seperti dioksin, standar mutu pangan, residu pestisida dan lain-lain dengan pembicara dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta ahli dari Thermo Fisher Scientific.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Investasi Dengan Uang Receh 20 Aug 2019 12:01 WIB


 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia