KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPakar Jerman Tentang Hasil Pilpres 2019: Konservatisme Bakal Makin Kuat oleh : Kabarindonesia
18-Apr-2019, 08:00 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin berdasarkan hitung cepat tampaknya menang jauh dalam Pilpres 2019. Apa artinya bagi perkembangan politik di Indonesia? Wawancara DW dengan pengamat Indonesia asal Jerman ,Timo Duile.

Hasil awal hitung cepat dari lima
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Menyikapi Globalisasi di Bidang Teknologi

 
IPTEK

Menyikapi Globalisasi di Bidang Teknologi
Oleh : Felix Nathaniel Susanto | 13-Nov-2017, 20:12:32 WIB

KabarIndonesia - Di era globalisasi ini terdapat banyak perubahan yang terjadi baik dalam masyarakat maupun perekonomian. Hal itu didasari oleh berkembangnya teknologi sehingga masyarakat antar negara dapat saling berinteraksi. Oleh karena teknologi yang berkembang pesat itulah informasi dapat tersebar secara cepat dan luas melalui media sosial dan sebagainya. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya bermanfaat bagi masyarakat dunia khususnya bangsa Indonesia.

Salah satu dampak negatif dari globalisasi ini adalah banyaknya informasi yang tidak pasti kebenarannya. Di Indonesia sudah banyak terjadi kasus kasus berita hoax. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi palsu, sehingga dirasa masyarakat Indonesia masih perlu belajar memilah-milah informasi sebelum menyebarluaskannya.

Selain hal tersebut juga masih ada dampak negatif lain yaitu munculnya sikap individualisme. Pernahkah anda duduk bersebelahan dengan seseorang yang tak anda kenal? Mungkin ketika duduk mengantri atau menunggu sesuatu? Jarang sekali ada dari kita yang saling membicarakan tentang sesuatu, pasti kita merasa canggung satu sama lain, nah disitulah biasanya kita mulai mengeluarkan hp lalu mulai asyik sendiri, mungkin bermain game atau melihat-lihat media sosial. Jadi merupakan pemandangan yang biasa jika ada satu deret orang yang sedang menatap layar hp dengan keadaan sunyi satu sama lain dan sesekali terdengar suara notifikasi dari hp mereka. Hal ini memang memprihatinkan namun mau bagaimana lagi, sangat sulit untuk merubah kebiasaan jika bukan berasal dari hati nurani sendiri.
 
Zaman sekarang kuota internet bagaikan nasi yang bahkan bisa membuat orang kenyang seharian menatap layar. Coba anda ingat lagi berapa gb kuota yang anda habiskan dalam sebulan, pasti rata-rata diatas 1gb atau lebih. Bahkan jika kuota tersebut tiba-tiba habis sebelum 1 bulan  hidup kita serasa hampa tidak bisa berbuat apa apa. Semoga bangsa Indonesia bisa lebih bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi di era globalisasi ini, mari kita ambil positifnya dan buang negatifnya. (*)

Sumber Foto: PriceArea.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Pertanyakanlah Tuhanmu (2) 18 Apr 2019 13:54 WIB

Pertanyakanlah Tuhanmu (1) 18 Apr 2019 13:52 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia