KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA








 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pengurus Daerah AAI Jawa Barat Akhirnya Terbentuk

 
IPTEK

Pengurus Daerah AAI Jawa Barat Akhirnya Terbentuk
Oleh : Stanley Teguh | 17-Mei-2017, 12:51:01 WIB

KabarIndonesia - Bandung, Pengurus Daerah Jawa Barat Asosiasi Antropologi Indonesia (AAI) periode tahun 2017-2022 akhirnya terbentuk. Bertempat di ruang Sangga Buana Gedung Sate Jl. Diponegoro Kota Bandung terpilih Inang Winarso sebagai ketua, (12/5). 

AAI adalah asosiasi profesi dari para alumni antropolog yang berada di seluruh Indonesia. Menurut ketua terpilih Inang Winarso, khususnya untuk Jawa Barat baru terbentuk hari ini, “Alhamdulillah dengan bersyukur kami bisa membentuk di Jawa Barat, dan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang telah memfasilitasi ruangan untuk musyawarah dan pembentukan Pengda AAI Jabar,” ucapnya saat wawancara dengan pewarta Kabar Indonesia seusai acara. 

Alumni Unpad tahun 1984 ini menjelaskan bahwa diawal kepengerusannya akan dilaksanakan kegiatan memperkenalkan perspektif antropologi untuk bisa dijadikan dasar pertimbangan kebijakan pemerintah atau stakeholder. Selanjutnya akan memperkenalkan perspektif antropologi ini kepada masyarakat sebagai pedoman hidup bermasyarakat. 

“Antropologi itu mempelajari aneka macam suku bangsa, kebudayaan, nilai, dan bahasa. Dari awal kami mempelajari antropologi sebenarnya sudah mempelajari perbedaan-perbedaan, nah.. keniscayaan perbedaan-perbedaan itu yang dalam ilmu antropologi bisa menjadi modal pembangunan untuk membuat tata kehidupan yang lebih baik antar sesama masyarakat,” urai Inang. “Itulah yang akan menjadi concern kita,” ujarnya menambahkan. 

AAI Jawa Barat Menilai Ada Pergeseran Tata Nilai di Masyarakat Sunda 
Inang Winarso mengaku agak terkejut dengan perubahan tata nilai yang terjadi di masyarakat Jawa Barat, “Dalam beberapa dekade terakhir tata nilai dan budaya Sunda, katakanlah budaya Sunda wiwitan, berangsur berubah menjadi sistem tata nilai berbasis agama,” ungkapnya. 

“Bagi kami ini menjadi sebuah kajian menarik, tetapi kami juga menyadari bahwa begitu besar arus perubahan yang datangnya dari luar. Jadi bukan dari dalam budaya Sunda itu sendiri,” kata Inang. Selanjutnya ia menilai strategi kebudayaan masyarakat Sunda ini lambat laun melemah.

“Inilah yang kami ingin pelajari. Sebenarnya kita harus kembali memperkuat strategi kebudayaan masyarakat Sunda untuk menjaga dan mempertahankan nilai adat tradisi masyarakat Sunda dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang menimbulkan konflik horizontal dan gesekan sosial,” ucapnya. 

Sebagai wadah kajian ilmu, AAI juga akan merumuskan rekomendasi terutama kepada Pemda Jabar. “Kami akan melakukan kajian, untuk paling tidak kami akan memberikan gambaran index intoleransi di Jawa Barat itu segawat apa. Sehingga nanti tingkat index intoleransi itu bisa disikapi dengan bijak oleh pemerintah,” pungkasnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia