KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA









 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Sejauh Mana Tol Laut Menunjang Industri Wisata Bahari

 
IPTEK

Sejauh Mana Tol Laut Menunjang Industri Wisata Bahari
Oleh : Antha | 21-Sep-2020, 10:28:21 WIB

KabarIndonesia - Pada 11 September 2020, Pemuda Desa Bahari (Pusari) dan GMNI FISIP UDA melaksanakan Diskusi Online dengan tema "SEJAUH MANA TOL LAUT MENUNJANG INDUSTRI WISATA BAHARI".

Acara ini dibuka oleh Roby Crist Gabriel dengan menghadirkan narasumber  yakni Prof. Tommu H.Purwaka, S. h., llm, Ph.D,Prof.Dr.Ir.Marcus Tukan, BSE, MT, Dr.Dr.Ir.Esther Manapa, MT dan Alboin Samosir,S.H. Sedangkan Roby Crist sebagai moderator yang memandu jalannya diskusi.

"Selama ini, jika kita berbicara tol laut, yang ada dalam benak kita,tol laut merupakan membangun jalan tol di atas laut. Padahal, tol laut adalah penyediaan sistem distribusi logistik menggunakan kapal besar yang menghubungkan pelabuhan di jalur utama atau rute utama. Tujuannya adalah mewujudkan konektivitas sehingga membua kesenjangan antara wilayah Barat dan wilayah Timur bisa stabil dari ketersediaan barang.

Dr.Esther dalam paparannya mengungkapkan bahwa tol laut membuka peluang bagi wisata bahari, dan juga dapat memberikan kontribusi dari hasil kepulauan masing-masing. 

Senada dengan Dr Ester, Prof.Marcus juga memaparkan bahwa tol laut jawaban untuk membangun konektivitas serta pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur transportasi dan akomodasi mutlak menjadi prioritas dalam pembangunan dan pengembangan destinasi wisata baik pedesaan maupun dipulau-pulau.

Menyikapi berbagai persoalan bangsa, khususnya pemuda harus mampu memosisikan diri sebagai mitra pemerintah agar dapat berkonsultasi atau diskusi.

Selanjutnya menurut Prof.Tommy, bahwa dalam pembangunan tol laut, ada kerangka pemikiran penanggulangan kemiskinan di desa nelayan. Program penghapusan utang masyarakat miskin untuk meningkatkan daya beli.  Tol lagu juga sebagai poros maritim menunjang industri wisata bahari. Yang paling penting harus dijaga yaitu bagi pemuda agar semangat nya tidak sampai padam.

Begitu juga Alboin Samosir, S.H mengatakan agar pemerintah secepatnya membuat rancangan undang-undang daerah kepulauan agar dapat menunjang kemajuan wisata bahari.

Roby Crist sebagai moderator juga mengatakan bahwa hari ini kurangnya perhatian pemerintah untuk menunjang wisata bahari. Serta juga banyak daerah dan masyarakat yang merasakan kemiskinan. Para pembicara memberikan saran lepada PUSARI agar lebih banyak melakukan berbagai seminar, diskusi, hingga pelatihan yang bersertifikat sah dengan pembicara atau narasumber yang berpengalaman di berbagai bidangnya terutama dalam menunjang kemajuan pemuda.

Di akhir kegiatan, Roby Christ menyampaikan terimakasih kepada semua pembicara atau narasumber yang telah memberikan ilmunya melalui kegiatan diskusi online PEMUDA DESA MANDIRI (PUSARI).(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia