KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA IPTEK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
IPTEK

Teknologi IPAT-BO Mampu Tingkatkan Produktivitas Lahan Padi Sampai Dua Kali Lipat
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 30-Mar-2018, 16:01:45 WIB

KabarIndonesia - Bertempat di desa Parsaoran 1 kecamatan Pangururan, Selasa 27 Maret 2018, Wakil Bupati Samosir, Ir. Juang Sinaga bersama angota DPRD Kabupaten Samosir Sorta Siahaan dan Bolusson Pasaribu didampingi Kepala BPS Rudi Harianja, Kepala Dinas Pertanian drh. Erkanus Simbolon, Sekcam Pangururan Belman Dabuke dan Kabid Kominfo Ricky Rumapea, melakukan panen raya tanaman padi milik anggota Kelompok Tani Marsiadapari.

Panen bersama ini merupakan kegiatan demplot penerapan Teknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT - BO ) yang di terapkan oleh Prof. Tualar Simarmata, Guru Besar Fakultas Pertanian sekaligus Direktur Inovasi, Koperasi Akademik dan Usaha Universitas Padjajaran Bandung.

Teknologi IPAT-BO terpilih sebagai salah satu dari 10 Inovasi Terbaik Indonesia dalam Kompetisi Inovasi Nasional yang digelar Tangerang Selatan Global Innovation Forum (NIC-TGIF) 2016. Hasil dari teknologi IPATBO ialah mampu mengurangi penggunaan air hingga 35%, mengurangi pemakaian pupuk anorganik sebesar 25%, serta menghemat bibit hingga 50%. IPATBO juga mampu menaikkan produktivitas lahan sampai dua kali lipat.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Juang Sinaga mengucapkan terimakasih atas kesediaan Prof. Tualar Simarmata berbagi ilmu dan teknologi ke petani Samosir. "Mudah-mudahan bisa diterapkan ke lebih banyak lagi lahan pertanian di Samosir. Sesuai dengan visi kabupaten Samosir bahwa pertanian menjadi prioritas pembangunan disamping Parawisata," sebut Juang Sinaga.

Kepada kelompok tani Marsiadapari, Wakil Bupati menyampaikan selamat dan sukses atas panen bersama ini dikarenakan petani mau bekerjasama dalam penerapan teknologi ini. "Semoga ini menginspirasi petani di sekitar untuk bersama menerapkan teknologi ini untuk menularkan ilmunya ke petani yang lain. Kedepan kita padukan pertanian dan pariwisata yakni Agrowisata. Lahan pertanian ini bisa dijadikan objek wisata asal kita mau bekerjasama dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga keuntungan petani berlipat ganda." harapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Samosir yang turut hadir yaitu Sorta Siahaan (F-PDI Perjuangan) dan Boluson Pasaribu (F-Demokrat) menyatakan sangat senang melihat hasil panen dengan teknologi yang digunakan dan berjanji akan memperjuangkan kebutuhan untuk penerapan teknologi ini di DPRD kabupaten Samosir karena hasilnya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menyambut apresiasi yang disampaikan, Prof. Tualar Simarmata menyampaikan rasa senangnya bisa menerapkan teknologi ciptaannya di kampungnya sendiri, setelah sebelumnya teknologi ini diterapkan di kota Binjai dan menghasilkan beras Binjai yang dikemas dengan nama beras Rambutan. "Saya berharap di Samosir ini juga muncul produksi beras yang dikemas dengan nama tertentu sehingga ada oleh-oleh khas Samosir dan meningkatkan nilai jual," jelasnya.

Tidak ketinggalan, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, juga menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Prof Tualar Simarmata yang merupakan putra daerah. "Kami sangat mengapresiasi salah seorang putra Samosir, berkarya di bona pasogit..., terimakasih Prof Tualar Simarmata." sebut Bupati diakun WAnya sekaligus mengirimkan video padi yang sedang dipanen.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikulturan Dinas Pertanian kabupaten Samosir, SM. Manik, SP, MM, menjelaskan bahwa kegiatan demplot penerapan teknologi Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik (IPAT - BO) untuk tahun 2018 akan dikembangkan di 5 tempat berbeda.

"Kita sangat merasa puas dengan hasil panen ini dengan luasan lahan seperti ini biasanya menghasilkan 5 Ton saja tetapi dengan teknologi ini menghasilkan 9 Ton. Walaupun kegiatan ini agak terburu-buru dikarenakan anggaran ditampung di PAPBD 2017 tetapi hasil memuaskan, saya yakin jika dilakukan dengan tahapan yang pas hasilnya bisa lebih baik lagi, Hemat air, hemat pupuk, hemat bibit produksi meningkat. Kami siap mentransfer teknologi ini kesemua petani di Samosir."ujar Manik.

Usai acara awal, Wakil Bupati, Anggota DPRD, Kepala OPD bersama kelompok tani melakukan panen bersama. Kelompok tani Marsiadapari dengan penuh sukacita melakukan panen dengan hasil melimpah.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia