KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar Janji bagian (5) kita telah melihat bagaimana Jokowi-JK yang saya istilahkan sebagai penumpang gelap Pilpres 2014 ternyata bisa mematahkan analisa dan prediksi banyak orang dengan
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
BUDAYA

Bioskop Megaria, Bioskop Tua yang Akan Dijual
Oleh : Berthold Sinaulan | 10-Mar-2007, 12:54:23 WIB

Warga Jakarta yang senang ke bioskop di tahun 1950-an sampai awal 1980-an, pasti mengenal nama Bioskop Megaria. Gedung tempat pementasan film yang terletak di perempatan antara Jalan Cikini Raya, Jalan Diponegoro, dan Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat, memang merupakan salah satu bioskop yang telah berusia cukup tua di Jakarta.

Bioskop yang pernah juga dinamakan Metropole itu bahkan sempat menjadi salah satu bioskop terbaik di tahun 1960-an sampai 1970-an. Pencinta film berbondong-bondong antre untuk membeli tiket dan menonton film di Bioskop Megaria. Namun cerita manis itu, kini tinggal kenangan. Saat ini justru terdengar,  gedung dan tanah bioskop itu sedang ditawarkan untuk dijual.

Penawaran penjualan gedung bioskop itu dapat dilihat antara lain di http://indonesiarealestates.com. Di situ antara lain disebutkan, dijual bangunan eks bioskop Metropole (Megaria) yang mempunyai luas 11.623 meter persegi. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 15 juta/m2.

Dijelaskan pula, bahwa saat ini sudah ada calon pembeli yang menawar dengan harga Rp. 11 juta/m2. Namun tampaknya penawaran itu belum dianggap cocok oleh penjualnya. Dia mengatakan, "Kalau ada yang menawar di atas Rp. 11 juta atau minimal Rp. 13 juta/m2 akan dilepas. Yang berminat bayar DP 50 persen, pelunasan dalam waktu 5 bulan, karena lantai 2 masih dikontrak orang (minta waktu 5 bulan untuk pengosongan)," tulis penawaran itu.

Informasi itu cukup mengagetkan para pencinta arsitektur dan bangunan kuno serta  sejarah Jakarta. Arsitektur gedung bioskop itu memang cukup unik dengan adanya menara kecil di bagian depannya. Selain itu, bioskop tersebut mungkin tinggal satu-satunya bioskop tua dan bersejarah di Jakarta, sementara yang lainnya sudah diruntuhkan dan diubah menjadi bangunan lain.

Belum ada data yang pasti, namun menurut informasi bioskop itu telah ada sejak 1949. Peresmian bioskop itu sendiri masih belum begitu jelas, namun dikabarkan bahwa yang meresmikannya adalah Wakil Presiden Mohammad Hatta. Rumah Hatta di Jalan Diponegoro, memang tak terlalu jauh dari gedung bioskop itu.

Bagaimanakah nasib bioskop itu selanjutnya? Kita tunggu saja. Mudah-mudahan ada orang kaya pencinta arsitektur dan sejarah kota, yang mau  membeli bioskop itu, kemudian merenovasinya ke bentuk aslinya. Selain dapat tetap dijadikan bioskop, dapat pula dijadikan museum kecil mengenai perfilman dan per-bioskop-an di Tanah Air. Ah, terlalu mengkhayal, ya???

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia