KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PendidikanMengakhiri Ujian Nasional (UN) oleh : Syafbrani
20-Apr-2014, 12:39 WIB


 
 
Mengakhiri Ujian Nasional (UN)
KabarIndonesia - Secara kasat mata UN hanyalah merupakan bentuk tes tertulis bagi siswa. Tidak lebih! Tapi jika dibedah secara mikroskopis akan nampaklah jalur konvergensi (penyatuan) yang mengarah pada satu tujuan: TARGET KELULUSAN yang sepertinya sudah menjadi Tuhan!

selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 

 
Syukur Kita Kepada Guru 21 Apr 2014 11:07 WIB

Paskah Abadi 21 Apr 2014 11:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
BUDAYA

Misteri Gunung Tidar, Pakunya Tanah Jawa
Oleh : Ki Ageng Kesawa | 18-Sep-2013, 19:27:48 WIB

KabarIndonesia - Gunung Tidar berdiri di tengah kotamadya Magelang, sekitar lingkup Akademi Militer. Gunung Tidar dikenal sangat angker dan banyak mengandung tuah. Konon hal itu dikarenakan selain dulunya merupakan pusat kerajaan siluma, juga merupakan pusatnya pulau Jawa.

Alkisah Syeh Subakir dari negara Rum diutus oleh raja Rum untuk menaklukkan pulau Jawa yang terkenal wingit dan dihuni oleh kerajaan mahluk halus dari berbagai jenis. Dipimpin oleh Syang Yang Semar yang perpusat di puncak Tidar beserta Syang Yang Togog yang berpusat di gunung Merbabu, maka Syeh Subakir yang datang dari negara Rum melewati India (suku Keling) dibawa serta ke Jawa.

Syeh Subakir memasang tumbal paku bumi yang ditancapkannya di puncak Tidar, sehingga semua mahluk halus pergi dan lari tunggang langgang masuk ke laut. Syang Yang Semar dan Sang Yang Togog yang mengetahui hal itu, langsung menemui Syeh Subakir guna melakukan negosiasi antara manusia dan mahluk ghoib. Mereka meminta agar tanah Jawa bisa didiami manusia untuk bertani dan berkembang biak tanpa ada gangguan dari mahluk-mahluk gaib.

Akhirnya disepakati perjanjian antara Syeh Subakir, Syang Yang Semar dan Syang Yang Togog untuk saling berdampingan menjaga dan menolong raja-raja tanah Jawa beserta kelangsungan hidup semua makhluk di tanah Jawa tersebut.

Konon di puncak gunung Tidar, selain Syang Yang Semar juga banyak tokoh lain yang bersemayam seperti Pangeran Puboyo, Kyai Wijoyo Kusumo, Kyai Sepanjang, Kyai Shims Lodro dan Nyai Simo Lodro serta beraneka macam benda pusaka yang tidak terhitung jumlahnya.

Akhirnya sekarang gunung Tidar dijadikan cagar budaya, tempat religi spiritual serta tempat ziarah. Tidak kalah pentingnya, Dinas Pariwisata Kotamadya Magelang juga mendirikan Tugu Kemerdekaan di puncak Tidar. Demikianlah sedikit kisah gunung Tidar, pakunya tanah Jawa. Semoga ada manfaat yang dapat kita ambil dari tulisan ini.

PenulisKi Ageng Teja Kesawa
Jl. Sentanu km.2 Sodongan Bumiharjo RT 14/RW 05 no. 18
Borobudur Magelang - Jawa Tegah.
Email: Diponegaran@gmail.com
Mobilphone. 085878617957/081915512829


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini. Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com/



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mangga Gedong Gincu, Si Menor yang Menduniaoleh : Irwan Gunawan
19-Apr-2014, 22:28 WIB


 
  Mangga Gedong Gincu, Si Menor yang Mendunia Membicarakan mangga gedong gincu, yang terbayang tentu saja rasanya yang asam manis, tekstur dagingnya yang berserat, bentuknya yang bulat dan warna kulitnya yang kemerah-merahan layaknya wanita berdandan menor dan genit. Inilah kesan pertama ketika menikmati mangga yang kini makin
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemilu 2014 di Caledonia Baru 10 Apr 2014 11:57 WIB


 
Anjlok, Suara Demokrat di Jatim 20 Apr 2014 12:37 WIB

 

 

 

 

 
Zat Besi & Vitamin C 11 Apr 2014 21:57 WIB

Era Kualitas Kehidupan Perempuan 25 Mar 2014 21:45 WIB

 

 

 
Penyertaan Tuhan 20 Apr 2014 00:29 WIB

Satu Langkah Lagi 16 Apr 2014 16:47 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia