KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiProgram-Program PMOH untuk Top Reporter HOKI, Pegawai Negeri, dan Swasta oleh : Redaksi-kabarindonesia
11-Feb-2018, 16:42 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ikuti Program Istimewa bagi yang pernah menjadi Top Reporter HOKI kapan pun Anda terpilih dan berhasrat memperdalam ilmu menulis dan tertarik mengikuti Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH).

Program Instansi pun diberikan kepada Instansi Pemerintah atau Swasta yang
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Lucunya Negeri Ini 21 Feb 2018 04:39 WIB

Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 
 
BUDAYA

Dengan Sabilulungan Kita Pertahankan Budaya Sunda
Oleh : Ki Agus N. Fattah | 27-Des-2014, 10:12:47 WIB

KabarIndonesia - Kab. Bandung , Hakekatnya Kebudayaan merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Kebudayaan itu sendiri adalah sebagai hasil cipta, karya dan karsa manusia. Keberadaan budaya itu sendiri merupakan cermin prilaku masyarakat sehari-hari dan sudah turun temurun. Hingga eksistensi budaya berkembang sesuai dengan tuntutan jaman dan tetap pada koridor adat istiadat setempat. 

Saat ini, lanjut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Drs. H. Agus Firman Zaini, M. Si., Jum'at, 19/12, di ruang kerjanya mengungkapkan kepada KabarIndonesia, bahwa perkembangan jaman selain mempengaruhi testur budaya setempat karena gencar dan maraknya budaya luar masuk ke lingkungan kita. Sehingga secara tak langsung mempengaruhi pola kebiasaan berprilaku secara tidak langsung. Hal ini jelas tidak bisa dibiarkan.

Guna mengantisipasi hal itu, Salah satu upaya untuk menggali dan menumbuh kembangkan kebudayaan daerah, dalam hal ini Budaya Sunda. Telah diimplementasikan dengan diselenggarakannya pelatihan dalam rangka sosialisasi Ijin Legalitas Lingkung Seni Tingkat Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2014, di bulan November 2014 lalu, diharapkan melalui kegiatan tersebut para peserta yang merupakan pelaku seni dan pelaku budaya, juga seniman seniwati Sunda, dapat memahami tata cara penyusunan dan prosedur dalam membuat Ijin Legalitas Lingkung Seni di tingkat Kabupaten Bandung.

Agus Firman menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bandung melalui misinya: "Menggali dan menumbuh kembangkan Budaya Sunda," mengandung makna bahwa masyarakat Kabupaten Bandung berbudaya serta mempunyai potensi beragam budaya. "Satu hal yang mendapat perhatian kita adalah upaya untuk melestarikan kebudayaan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Tapi seluruh lapisan praktisi seni dan seniman/seniwati serta masyarakat turut bertanggung jawab perlu di dalam perkembangannya. Dan mampu mengemban tugas dalam rangka mempertahankan dan melestarikan seni dan budaya bangsa," kata Agus Firman menegaskan.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Dra. Mieke Saptawati, menuturkan, maksud dan tujuan Sosialisasi Ijin Legalitas Lingkung Seni itu adalah, melestarikan seni dan budaya yang bertujuan mewariskan budaya Bangsa, meningkatkan harkat dan martabat bangsa, memperkuat kepribadian bangsa, dan mempromosikan budaya bangsa kepada masyarakat internasional.

Sebab bagian dari kebudayaan suatu masyarakat atau daerah tersimpan nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada generasi penerus bangsa. Sementara kebudayaan tradisional mempunyai makna dalam kontek unsur-unsur penting bagi pembentukkan karakter generasi bangsa, yaitu, unsur kebersamaan, kejujuran, sportifitas, dan kemampuan dalam beradaptasi.

"Untuk itu, melalui dasar Sabilulungan, kita jaga, kita gali, kita tumbuhkan, kita kembangkan kebudayaan kita dengan mempertahankan dan melestarikan kebudayaan kita dengan rasa tanggung jawab bersama. Agar kebudayaan kita tidak terkontaminasi dan tergerus budaya asing yang di rasa sedikit demi sedikit telah mempengaruhi karakteristik kebudayaan kita," ujar Mieke menandaskan. (*).

Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com// 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia