KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiProgram-Program PMOH untuk Top Reporter HOKI, Pegawai Negeri, dan Swasta oleh : Redaksi-kabarindonesia
11-Feb-2018, 16:42 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ikuti Program Istimewa bagi yang pernah menjadi Top Reporter HOKI kapan pun Anda terpilih dan berhasrat memperdalam ilmu menulis dan tertarik mengikuti Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH).

Program Instansi pun diberikan kepada Instansi Pemerintah atau Swasta yang
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Lucunya Negeri Ini 21 Feb 2018 04:39 WIB

Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 
 
BUDAYA

Handphone, Bukti Perkembangan Teknologi
Oleh : Merari Kalninta Ginting | 15-Des-2014, 12:16:44 WIB

KabarIndonesia - Waktu terus berjalan, dari detik ke menit hingga tahun ke abad. Seiring dengan berjalannya waktu, manusia terus berkembang dengan pesat. Kecanggihan serta teknologi turut mengikuti peradaban manusia. Di era modern  ini barang–barang yang canggih sangat di butuhkan, apalagi untuk mencari sebuah informasi. Handphone, adalah bukti nyata dari perkembangan teknologi manusia itu sendiri.

Handphone adalah benda yang berukuran kecil dengan segudang fitur yang ada di dalamnya. Dengan kecanggihannya, banyak orang yang berburu benda unik ini. Tak hanya orang dewasa yang mempunyanyi benda ini, namun rejama hingga anak anak–anak juga memilikinya.

Informasi dan komunikasi menjadi  hal penting bagi setiap manusia untuk bersosialisasi. Alat ini berfungsi untuk memperlancar jaringan bersosial.  Mengirim pesan dan berbicara langsung dengan orang yang dituju mempermudah kegiatan berkomunikasi tanpa bertatap muka secara langsung.  Apa yang terjadi jika dunia tak mempunyai alat komunikasi seperti ini?

Penemu dari handphone ini adalah Dr. Martin Cooper, ia adalah mantan karyawan Motorola. Di tahun 1973, Dr. Cooper membuat handphone yang pertama. Lalu penerima panggilan pertama dari handphone adalah Joel Angel, kepala penelitian AT dan T. Bell Labs, sekaligus saingan Dr. Cooper. Namun ada juga yang mengatakan bahwa Dr. Cooper hanya membangun telepon radio sementara penemu handphone adalah AT dan T Bell Labs Tachnology.

Sekarang handphone telah dikembangkan sistem operasinya. Dengan sebutan smarthphone atau telephone pintar, pengguna dapat dengan bebas menambahkan aplikasi, menambah fungsi, maupun mengubah tampilan layar sesuai dengan keinginan pengguna. Dengan kata lain, smartphone adalah komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telephone.

Sejak akhir tahun 1990, pengguna handphone selalu bertambah termasuk kalangan remaja. Pada tahun 2005, sebuah penelitian mengungkapkan kurang lebih 33% remaja memiliki handphone. Dari 33% remaja yang melaporkan memiliki handphone, kurang lebih 64% mengatakan bahwa mereka secara rutin menggunakan telepon genggam tersebut untuk mengirimkan pesan singkat. (Lenhart Et al, 2005)

Saat ini pemakaian handphone di Indonesia terus mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama handphone yang memiliki program chatting/instan messaging. Pada tahun 2002 tercatat pengguna handphone di Indonesia mencapai 11,7 juta orang berdasarkan data statistik dari ITU (International Telecomunication Union, 2009). Lima tahun kemudian pengguna handphone di Indonesia mencapai 93 juta orang, dan pada tahun 2009 pengguna mencapai angka 159 juta jiwa.

Remaja adalah pengguna yang paling banyak memakai alat yang serba bisa ini. karenanya, banyak anak remaja sekarang yang merasa jika handphone adalah alat yang sangat di butuhkan untuk bersosialisasi. Tak hanya itu, permainan dan Instan massaging menjadi salah satu alasan yang membuat mereka membutuhkan benda ini. ketika mereka meniggalkan handphone dikala bepergian, banyak yang merasa keresahan di dalam dirinya karena handphone tak selalu di dalam genggamannya.

Di saat terbangun dari tidur, handphone adalah benda yang selalu di cari pertama kali. Hal ini seperti kebudayaan yang telah tercipta karena kecanggihan serta keberadaan dari alat ini. karenanya, banyak remaja yang sering melupakan waktu karena sibuk bermain handphone dan lalai dalam tugasnya. Inilah yang menjadi kekurangan dalam kecanggihan yang di sediakan oleh para manusia itu sendiri.

Maka dari itu, penting untuk kita mengatur waktu dalam bermain dan menggunakan handphone. Tak salah sesekali kita bermain dan bersenang senang dengan handphone yang kita miliki. Bukan hanya lalai dalam pekerjaan dan melupakan waktu yang kita dapatkan, tetapi handphone juga akan menjadi mudah panas dan rusak jika di mainkan secara berlebihan. (*)


Sumber: http://uniqpost.com/20645/sejarah-perkembangan-handphone-untuk-pertama-kalinya/; elib.unikom.ac.id/download.php?id=167981;       http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/3172/5/Chapter%20I.pdf


 

Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia