KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalAktifnya Aliran Massa Udara Basah, Picu Cuaca Ekstrim Sejumlah Wilayah Indonesia oleh : Rohmah S
26-Apr-2018, 10:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah seperti hujan disertai puting beliung di Jogjakarta dan Minahasa, banjir di Cilegon dan Bumi Ayu pada saat musim peralihan dari penghujan menuju kemarau menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat, berikut penjelasan Drs.
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ibu 25 Apr 2018 16:27 WIB

Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kesan Ditutupnya Rubrik Puisi dan Cerpen di Salah Satu Surat Kabar Banten

 
BUDAYA

Kesan Ditutupnya Rubrik Puisi dan Cerpen di Salah Satu Surat Kabar Banten
Oleh : Sumala Djaya | 28-Sep-2010, 01:31:44 WIB

KabarIndonesia - Sejalan terus lahirnya penulis-penulis muda di tataran Banten khususnya dan Negeri kita tercinta pada umumnya tentu hadirnya rubrik (ruang publikasi) Puisi dan Cerpen dapat menyegarkan ruang budaya di kalangan intelktual dan pelajar di tanah Banten. Tapi penulis merasa terhenyak dan menyayangkan tindakan Redaktur Budaya yang sudah begitu karib dengan penulis atas ditutupnya rubrik tersebut. 

Penulis sepenuhnya memang mengerti mengapa kebijakan tersebut diambil. Tapi kiranya hal itu tidaklah mematahkan semangat kita. Sebab sebagaimana penulis pribadi, penyair atau seniman umumnya tidaklah begitu memprioritaskan hal-hal yang bersifat komersil dalam berkarya; tak perlu kiranya kita menghiraukan individu yang justeru akan menjatuhkan integritas kita yang tentu saja ingin terus menyumbangkan sedekah ilmu kepada masyrakat umum. Dengan ditutupnya rubrik ini ruang ekspresi seni yang memang kurang mendapatkan perhatian tentu akan menjadi sangat sempit di Banten, di Serang khususnya.

"Melalui sastra kita dapat bergaul dan berdialog akrab dengan budaya berbeda secara anggun dan mendalam, bukan dengan cara yang dangkal, karena untuk mengenal suatu bangsa, cara terbaik adalah membaca dunia batin dan renungannya, yakni karya-karya sastranya". Begitulah ungkap Jamal D. Rahman, Pemimpin Redaksi Majalah Sastra Horisson jika boleh penulis pinjam. Merujuk ungkapan Mas Jamal D. Rahman tersebut itulah penulis berharap Banten tidak hanya dikenal dengan Jawara dan hal lainnya, tapi juga ada yang dapat mengenali dunia batinnya.

Mungkin tulisan ini bersifat personal jika dibaca dengan klise. Tapi jika dibaca secara intens, penulis sama sekali tak hendak memrioritaskan kepentingan pribadi; sebagai seorang penyair dan pecinta sastra. (*)


* Penulis: Penulis Fiksi dan Pecinta Sastra


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//  

 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Pelari Indonesia Pertama di FWD North Pole Marathon 2018 Wakil Direktur Utama FWD Life, Rudi Kamdani (kiri) sedang memberikan jaket FWD Life kepada Pelari Maraton Indonesia, Fedi Fianto (kanan) sebagai simbol FWD Life resmi melepas Fedi sebelum keberangkatannya ke Kutub Utara.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia