KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

MINGGU TENANG: Zondagsrust

 
BUDAYA

MINGGU TENANG: Zondagsrust
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 25-Des-2007, 13:27:09 WIB

KabarIndonesia - Kalau pada suatu ketika anda berlibur ke Belanda, maka bisa anda saksikan betapa matinya kehidupan pada hari Minggu. Apalagi di kota-kota kecil dan pedesaan. Secara tradisional Belanda memang menghormati hari Minggu sebagai hari istirahat sesuai dengan ajaran Kristen. Apa artinya kesepian pada hari Minggu atau zondagsrust?

Di Belanda, zondagsrust digunakan oleh umat kristiani untuk ke gereja. Sebagian kalangan menggunakannya sebagai hari istirahat. Zondagsrust sangat berarti bagi Hanneke. Di samping ke gereja, ia juga memakai hari libur ini, untuk saling berkunjung ke keluarga dan teman-teman. Ketika orang tua Hanneke masih muda dulu, mereka tidak diperbolehkan keluar rumah untuk bermain dan beraktifitas. Lain dulu, lain sekarang. Bila hari minggu tiba, seluruh keluarga ke gereja. Di sore hari mereka berkumpul bersantai bersama seluruh keluarga.


Sangat penting

Hari Minggu sangat penting. Sebagai penganut kepercayaan kristen, Tuhan telah bersabda, kami harus beristirahat sekali seminggu. Ini tentu sangat baik bagi kita. Tutur Hanneke yang sangat patuh ke gereja. Apakah toko dan pusat perbelanjaan sebaiknya harus ditutup?

Hanneke: "Toko-toko sudah buka cukup selama enam hari seminggu. Dan orang sudah mendapat kesempatan belanja. Itulah sebanya pada hari minggu ada istirahat. Jah... kita sudah bekerja selama enam hari sepekan, maka normal istirahat sehari pada hari minggu. Dunia sudah begitu sibuk, maka bagus untuk kita semua beristirahat sehari sepekan".

Hanneke mengisi hari liburnya dengan aktifitas gereja. Ia juga ikut dengan band yang memeriahkan musik gereja. Setelah ibadah usai, jemaat berkumpul bersantai bersama. Sore hari kami kembali ke rumah dan bisa bersantai bersama keluarga.


Menikmati ketenangan

Setiap orang mempunyai aktifistasnya masing-masing. Menurut Hanneke, ia tidak tersinggung. Tetapi yang membuat ia kesal, toko-toko dibuka pada hari Minggu. Seakan-akan hari Minggu ini, seperti hari biasa saja kata Hanneke. Ia lebih bahagia menikmati ketenangan. Orang bisa juga menikmati ketenangan hari Minggu dengan berenang. Akan tetapi di kota-kota serta desa-desa di Belanda dengan pemerintah daerah yang Kristen kolot menutup kolam renang pada hari tersebut.

Hanneke:"Jah... ini juga tidak perlu. Berenang khan aktifitas santai. Ini bukan pekerjaan sehari-hari.

Ada aliaran agama kristen tertentu yang melarang jemaatnya untuk menonton televisi pada hari Minggu.

"Jah... memang ada, tapi saya sendiri nonton televisi. Ini adalah sesuatu kegiatan yang santai saja" ucap Hanneke.

Walaupun hari Minggu hari libur, tetapi ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dielakan seperti rumah sakit, polisi, pemadam kebakaran dan masih banyak lagi, harus tetap siap siaga.


Semakin berkurang

Di Belanda, budaya merayakan hari Minggu sebagai hari sakral keagamaan sudah memudar.

Hanneke:"Jah... sayang sekali, mulai memudar juga. Di Belanda semua harus toleran dan saya sama sekali tidak setuju".

Kelompok etnis non-kristen yang datang ke Belanda, harus juga menyesuaikan diri dengan kebudayaan di Belanda. Bila mereka memutuskan untuk tinggal di Belanda, saya mengucapkan selamat datang, tapi mereka harus menyesuaikan diri demikian Hanneke.

Lama kelamaan orang yang percaya kepada Tuhan atau Jesus menjadi golongan minoritas. Hanneke sendiri adalah golongan kristen modern anggota gereja kharismatik. Zondagsrust atau hari minggu tenang sangat penting, tetapi semakin lama semakin berkurang.

"Saya khawatir memang begitu. Saya pribadi akan tetap mempertahankannya karena hari ini saya anggap penting. Sebagai kesempatan untuk berhubungan dengan Tuhan. Saya akan tetap melakukannya dan menolak kalau kesempatan ini ditiadakan". Tutur Hanneke.

Sumber:  Radio Nederland Wereldomroep (RNW)

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB