KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

PSB SEROJA Bertekad Mendidik Generasi Muda Agar Sehat Jasmani dan Rohani

 
BUDAYA

PSB SEROJA Bertekad Mendidik Generasi Muda Agar Sehat Jasmani dan Rohani
Oleh : Jamiel Loellail Rora | 24-Aug-2017, 13:12:09 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Masa depan bangsa bergantung pada generasi muda saat ini. Jika saat ini generasi muda kita sehat jasmani dan rohani, maka dapat dipastikan masa depan bangsa akan menjadi gemilang. Sebaliknya, jika saat ini generasi bangsa kurang sehat jasmani apalagi rohaninya dapat dipastikan bahwa sulit bagi bangsa ini untuk dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di masa depan. Demikian ungkap Raja Panca Nur selaku pendiri dari Perguruan Silat Beksi (PSB) SEROJA Haji Hasbullah.

"Sebagai bagian dari generasi muda, saya merasa berkewajiban untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Dan silat, salah satu bidang yang saya cintai dan kuasai, saya jadikan media atau wadah pengabdian saya. Bagaimana dengan silat yang kita ajarkan mampu menjadikan generasi muda kita menjadi generasi muda yang kuat dan tangguh. Sehat secara jasmani dan rohani," ungkap Panca yang didampingi adiknya Dera, dan ayahnya Raheli.

Apa yang disampaikan Panca bukanlah sesuatu yang muluk dan berlebihan, melainkan ungkapan hati yang merupakan pancaran rasa cintanya pada silat Betawi Beksi yang diwariskan kakek buyutnya, Kong Haji Hasbullah. Juga kecintaannya kepada tanah air yang diwariskan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan.

"Sebagai generasi penerus, kita wajib menjaga, melestarikan, dan mengembangkan apa yang telah diwariskan para pendahulu kita kepada kita. Semua itu sebagai ungkapan rasa syukur atas pengorbanan mereka agar kehidupan kita menjadi jauh lebih baik," bebernya.

Menurut Dera adik Panca bahwa, tekad dalam mendirikan PSB SEROJA Haji Hasbullah, pertama karena keinginan untuk mengembangkan silat Beksi yang diwariskan oleh kakek buyut mereka agar bisa jauh lebih berkembang. Juga untuk mengamalkan ilmu yang diwariskan dari sang kakek buyut itu agar lebih bermanfaat untuk orang banyak.

"Memang sudah banyak yang mengembangkan silat Beksi yang diwariskan oleh Kong Haji Hasbullah. Mereka ada yang merupakan anak keturunan Kong Haji Hasbulah, seperti kami, dan ada juga dari murid-murid kakek buyut kami. Jadi kami mendirikan PSB SEROJA ini dalam rangka menambah wadah bagi mereka yang ingin belajar dan mendalami silat Beksi," terang Dera. 

"Nama SEROJA dipilih', masih kata Dera, 'karena seroja adalah lambang kesucian. Seroja itu maknanya kan sehat jasmani rohani. Karena orang yang sehat jasmani sehat rohani itu adalah orang yang dapat menempatkan sesuatu pada tempatnya. Santun, paham tata krama, dan patuh pada hukum. Baik hukum negara maupun hukum agama."

PSB SEROJA Haji Hasbullah bersekretariat di Jalan Ciledug Raya, Gang Madrasah Rt.002 Rw. 04 No. 47, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Di sekretariat ini digelar latihan silat Beksi tiga kali dalam seminggu (hari Minggu, Senin, dan Kamis).

Menurut Panca, selain mengajarkan silat Beksi di sekretariat PSB SEROJA dirinya juga mengajar di beberapa tempat di wilayah Tangerang Selatan. Antara lain di wilayah Rempoa dan Kampung Utan. Dalam mengamalkan ilmu silat Beksi, Panca dibantu Dera, adiknya yang mahasiswa semester III STIE BAKTI jurusan Manajemen.

"Saya dan Dera libur mengajar hanya pada malam Jum'at saja. Karena malam itu kita khususkan untuk pengajian. Membaca Yasin dan mendoakan saudara-saudara kita mulai dari kakek, orang tua, sanak famili, dan kerabat kita sebagai turunan dari Kong Haji Hasbullah," pungkas Panca yang dalam waktu dekat berencana membuka cabang PSB SEROJA Haji Hasbullah di wilayah Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 
Memahami Inflasi Lebih Dalam 21 Nov 2017 03:39 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia