KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalAktifnya Aliran Massa Udara Basah, Picu Cuaca Ekstrim Sejumlah Wilayah Indonesia oleh : Rohmah S
26-Apr-2018, 10:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah seperti hujan disertai puting beliung di Jogjakarta dan Minahasa, banjir di Cilegon dan Bumi Ayu pada saat musim peralihan dari penghujan menuju kemarau menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat, berikut penjelasan Drs.
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ibu 25 Apr 2018 16:27 WIB

Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Peralihan Tahun

 
BUDAYA

Peralihan Tahun
Oleh : Yohanes | 29-Des-2007, 14:09:37 WIB

KabarIndonesia - Namun ngomong-ngomong sebenarnya mengapa sih pergantian tahun dirayaan demikian meriahnya? Mungkin pertanyaan yang sama muncul juga di benak sebagian para pembaca. Ya,...kalau kita lihat, sebenarnya sih tidak ada perbedaan malam tersebut dengan malam-malam sebelumnya. Waktu berjalan seperti biasa, hanya tingkah orang lah yang membuat malam tahun baru menjadi lain. Tahun baru dirayakan orang dan menjadi istimewa karena punya arti tersendiri yang mungkin berbeda-beda bagi setiap orangnya.

Menyambut tahun baru adalah salah satu kebiasaan tertua dan termeriah yang dirayakan di seluruh dunia. Perayaan tahun baru ini dilaksanakan dengan cara yang berbera-beda , dan tidak jarang pula dilakukan pada hari-hari yang berbeda pula di banyak negara. Kebanyakan negara kristen merayakan pada tanggal 1 Januari, yang dimulai sejak abad 16.

Pada awalnya kalender Romawi kuno menggunakan tanggal satu Maret sebagai Hari Tahun Baru, tetapi akhirnya, dirubah menjadi tanggal satu Januari sebagai awal tahun yang baru. Pada Abad Pertengahan, kebanyakan negara-negara Eropa menggunakan tanggal 25 Maret, hari raya umat Kristen yang disebut Hari Kenaikan Tuhan, sebagai awal tahun yang baru. Hingga tahun 1600, kebanyakan negara-negara Barat telah menggunakan sistem penanggalan yang telah direvisi, yang disebut kalender Gregorian.

Kalender atau penanggalan umum international yang kita pakai sekarang merupakan penanggalan yang dibuat oleh Yulius Caesar tahun 46 SM. Yulius Caesar menentukan penanggalan ini berdasarkan peredaran matahari, dimana satu tahun terdiri atas 365 hari dan sekali dalam setiap empat tahun dikenal tahun kabisat. Penanggalan ini dikenal sebagai penanggalan tahun masehi (kalender umum).

Tuhan Yesus dilahirkan tepatnya pada tahun 754 tahun Rumawi. Tahun kelahirannya Tuhan Yesus tsb dijadikan patokan dan juga digunakan sebagai awalnya dari tahun penanggalan yang kita pakai sekarang ini. Kalender Tahun Masehi atau lebih dikenal sebagai "Anno Domini" yang artinya "Tahun Tuhan kita" ini dibuat oleh seorang biarawan yang bernama Dionysius Exignus.

Kalender yang hingga kini digunakan itu menggunakan satu Januari kembali sebagai Hari Tahun Baru. Inggris dan koloni-koloninya di Amerika Serikat ikut menggunakan sistem penanggalan tersebut pada tahun 1752. Kebanyakan orang memperingati tahun baru pada tanggal yang ditentukan oleh agama mereka.

Bagi bangsa Yunani, tanggal satu Januari adalah tanggal yang sangat penting karena selain merupakan hari pertama dari tahun yang baru, tanggal tersebut juga merupakan St.Basils Day atau hari Santo Basil. Saint Basil atau Santo Basil adalah salah satu pendiri gereja Orthodox Yunani. Ia sangat terkenal dengan kemurahan hati dan kebaikannya terhadap kaum miskin. St.Basil meninggal pada 1 Januari, sehingga tanggal tersebut dipilih untuk menghormatinya.

Hari Tahun Baru Yahudi disebut "Rosh Hashanah", pada kalender Yahudi jatuh antara akhir bulan September dan awal bulan Oktober. Kebaktian agama diselenggarakan di seluruh dunia, yang diikuti dengan berkumpulnya seluruh keluarga sambil makan bersama.

Tahun baru bagi umat Hindu jatuh pada hari yang berbeda untuk masing-masing kelompok. Baisakhi, salah satu tahun baru Hindu, jatuh di bulan April atau Mei. Kaum Islam merayakan permulaan tahun baru pada tanggal 10 Muharam, bulan pertama pada tahun Islam, yang didahului dengan bulan puasa , dan diakhiri pada hari raya Idulfitri.

Sedangkan penanggalan China dihitung dari tahun kelahiran Nabi Khongcu. Kaisar Han Bu Tee (140-86 SM) dari Dinasti Han (206 SM-220) menetapkan agama Khonghucu sebagai agama negara, dan penanggalan yang dianjurkan oleh Nabi Khongcu, yaitu He Lek resmi dipakai semua orang, baik masyarakat maupun pemerintahan dan tahun pertamanya dihitung dari tahun kelahiran Nabi Khongcu, yaitu tahun 551 SM, dengan demikian penanggalan Imlek dan penanggalan masehi berselisih 551 tahun. Tahun baru Imlek untuk tahun ini jatuh pada tanggal 7 Februari 2008. Tahun ini akan memasuki Tahun Tikus.

Iran memperingati tahun baru setiap tanggal 21 Maret. Pada hari Rabu sebelum tahun baru tiba, setiap keluarga membuat api unggun kecil di depan rumah. Jika mampu melompati api unggun tersebut, itu suatu pertanda akan datangnya keberuntungan di tahun akan datang.

Sedangkan Orang Mesir, memperingati tahun baru di pertengahan bulan Juni, ketika sungai Nil membanjiri tepi sungai, mengairi tanaman yang kekeringan. Peristiwa ini menandai tersedianya banyak makanan untuk tahun berikut, sehingga dijadikan peringatan tahun baru.

Apakah Anda tahu, bahwa umat Katolik juga punya kalender tersendiri? Gereja Katolik mengenal adanya tahun liturgi. Melalui tahun liturgi ini Gereja ingin mengenangkan misteri karya keselamatan Allah dalam Kristus dalam rangka perjalanan peredaran lingkaran tahun. Tahun liturgi berawal pada hari Minggu Adven I (akhir November - awal Desember) dan berakhir pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam (akhir November).

Itulah sedikit mengenai serba-serbi Tahun Baru yang saya akhiri dengan ucapan:
"Selamat Tahun Baru 2008"

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Pelari Indonesia Pertama di FWD North Pole Marathon 2018 Wakil Direktur Utama FWD Life, Rudi Kamdani (kiri) sedang memberikan jaket FWD Life kepada Pelari Maraton Indonesia, Fedi Fianto (kanan) sebagai simbol FWD Life resmi melepas Fedi sebelum keberangkatannya ke Kutub Utara.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia