KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilEyang Dokter dan Kemenangan Kehidupan oleh : Kabarindonesia
22-Mei-2019, 08:38 WIB


 
 
KabaIndonesia - Bagi sebagian besar orang, menulis narasi kehidupan dalam bentuk autobiografi adalah percuma dan membuang-buang waktu. Tidak sedikit pula orang yang menganggap bahwa hidup terlalu biasa untuk dituliskan menjadi sebuah autobiografi. Tidak ada yang menarik dalam kehidupan, begitulah anggapan
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Menunggu 19 Mei 2019 16:15 WIB

SYEH SITI JENAR 16 Mei 2019 15:44 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Mengenang Peristiwa 21 Mei 1998 22 Mei 2019 14:14 WIB

 

Perguruan Silat Haji Godjalih Merawat Tradisi Menghargai Warisan Leluhur

 
BUDAYA

Perguruan Silat Haji Godjalih Merawat Tradisi Menghargai Warisan Leluhur
Oleh : Jamiel Loellail Rora | 14-Sep-2017, 01:05:45 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Perguruan Silat (PS) Beksi Dasar Haji Godjalih didirikan oleh Dasik Arifin , 68 tahun, sebagai langkah untuk merawat tradisi seni bela diri silat Betawi aliran Beksi. Juga sebagai upaya menghargai leluhur yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk generasi penerusnya. Demikian diungkapkan Dasik Arifin disela-sela kesibukannya mengawasi latihan Beksi di Gedung RPTRA Nusantara, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.  

Pendekar Beksi bertubuh mungil yang biasa disapa Babe Dasik memang berguru kepada Haji Godjalih. Dan sebagai bakti kepada guru sekaligus mengingatkan perjalanan sejarah Beksi di Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang dibawa dan dikembangkan Haji Godjalih dari Kampung Dadap, Tangerang, Dasik mendirikan PS Beksi H.Godjalih.

"Kong Haji Godjalih adalah tokoh pendiri, perintis, dan pembawa ilmu bela diri silat Beksi  dari Kampung Dadap, Tangerang, ke tanah kelahirannya di daerah Petukangan. Murid Kong Haji Godjalih banyak antara lain Kong Haji Hasbullah, Kong Nur, Kong Simin, Mandor Minggu, Kong Haji Ma'ih, Haji Syahro, dan saya sendiri," papar Babe Dasik yang sudah banyak melahirkan perguruan Beksi yang saat ini dikelola oleh murid-muridnya.  

Menurut Babe Dasik, dirinya banyak memiliki murid dan sudah membuka beberapa perguruan Beksi yang dijalankan oleh murid-muridnya di daerah Petukangan dan sekitarnya. Antara lain, Perguruan Pencak Silat Laskar Beksi Putra Betawi dan Perguruan Silat Beksi Harimau Tua. Dua perguruan ini sudah mendirikan beberapa unit kolat atau cabang latihan pencak silat tradisional Beksi di sekitar Kecamatan Pesanggrahan, daerah Cileduk, dan daerah Kebayoran Lama.  

"Mendirikan PS Beksi Dasar Haji Godjalih adalah obsesi yang sudah terpendam lama. Ada geliat meresahkan di hati saya melihat perkembangan Beksi yang maju pesat namun sepertinya melupakan tokoh Haji Godjalih. Selaku perintis yang mengajarkan dan mengembangkan Beksi di wilayah Petukangan dan sekitarnya ini, nama Kong Haji Godjalih seperti terpendam," terang Babe Dasik.  

Menurut Babe Dasik, ahli waris dan keluarga terdekat Kong Haji Godjalih bin Haji Gatong (wafat 1961) belum ada yang mendirikan atau membentuk perguruan Beksi yang menambahkan nama Haji Godjalih di belakang nama perguruan pencak silatnya. Sepatutnya, nama perguruan yang menyematkan nama Kong Haji Godjalih harus ada agar masyarakat luas tahu dan mengerti bahwa Beksiyang berkembang saat ini di wilayah Petukangan dan sekitarnya berdasar atau berpijak kepada ajaran silat Beksi Kong Haji Godjalih.  

Sejak lama, tambah Babe Dasik, dirinya berpikir dan berupaya agar silat Beksi Haji Godjalih juga muncul di permukaan dan bukan Beksi lain saja yang ada. Akan tetapi Beksi yang mengatas namakan Kong Haji Godjalih  juga harus ada sebagai pelengkap yang sudah eksis. Agar perjalanan Beksi, khususnya di wilayah Petukangan, tidak terputus dan nama Kong Haji Godjalih selaku pembawa Beksi dari Kampung Dadap tidak hilang begitu saja dalam catatan sejarah.  

"Alhamdulillah, akhirnya obsesi saya mendirikan PS Beksi Dasar Haji Godjalih bisa terealisasi juga. Mudah-mudahan upaya kecil ini bisa berdampak besar. Bukan hanya mampu semakin mengembangkan silat Beksi di tengah-tengah masyarakat, tetapi juga mampu menjaga alur sejarah. Khususnya alur sejarah Beksi di wilayah Petukangan dan sekitarnya yang saat ini terus berkembang ke berbagai wilayah lain," senyum Babe Dasik.  

Babe Dasik menambahkan, saat ini Sekretariat PS BEKSI DASAR HAJI GODJALIH beralamat di Jl. Saidi Raya, Gang H. Nachrowi, Rt. 010 Rw. 06 No. 70, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Persiapan Puasa Sahur Dahulu 19 Mei 2019 15:43 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB


 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia