KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
BUDAYA

Samosir Mendapat Piagam MURI Atas Penyambutan Kirab Obor Paskah Nasional Dengan Tortor Batak
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 27-Apr-2018, 08:38:27 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Roadshow Obor Paskah bertemakan Danau Tondano Sulawesi Utara ke Danau Toba Sumatera Utara melintasi 3 pulau dan 25 kota selama 40 hari, tiba dititik akhir perjalanan di kabupaten Samosir, ternyata mendapat perhatian MURI.

Obor Paskah Nasional sebelumnya diarak di Parapat kabupaten Simalungun, kemudian menyeberang danau ke Tomok Simanindo kabupaten Samosir. Pdt. Dr. A. Shepard Supit, selaku ketua lembaga paskah Nasional menyerahkan Obor kepada Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon MM, yang didampingi oleh Ibu Sorta Siahaan, Pastor Grace, Camat Simanindo, Kapolsek Simanindo, tokoh masyarakat, serta tokoh agama, pada Kamis (26/4).

Pantauan media kabarindonesia.com disepanjang jalan, mulai dari simpang tiga Limbong menuju perkampungan Batak Sigulatti (4,2 km) ribuan warga dengan berpakaian serba hitam dan memakai ulos batak menari (manortor) diiringi musik tradisional (gondang batak).

Berdiri berjejer di bahu jalan dan berhadap-hadapan saat menyambut pawai Obor Paskah Nasional 2018. Jajaran penari yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari siswa/i tingkat SD, SMP, SMA, SKPD, Ormas JPKP, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan masyarakat yang penuh dengan pengamanan yang tertib.

Di gedung pusat infomasi Geopark Kaldera Toba, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon MM, menyatakan bahwa karena ini baru pertama kali kabupaten Samosir sebagai tuan dan nyonya rumah untuk perayaan Paskah Nasional maka dilakukan penyambutan berbasis budaya.

"Samosir merupakan daerah yang beragama dan berbudaya sehingga kami menyambut Obor Paskah Nasional ini sebagai lambang kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, dengan tortor (tarian) yang melibatkan sekitar sepuluh ribu jiwa masyarakat kabupaten Samosir" ungkap Rapidin.

Sementara itu, senior menejer MURI Yusuf M yang ditemui media di lokasi acara pembukaan Paskah Nasional, Jumat (27/4) mengatakan bahwa MURI telah menyaksikan dan memverifikasi kegiatan penyambutan Obor Paskah Nasional ini mulai dari simpang tiga Limbong sampai Sigulatti, dipenuhi penari (tortor) di sepanjang jalan.

"Hari ini MURI akan menyerahkan piagam sebagai pernyataan pengakuan rekor baru untuk sebuah tarian tortor yang berjajar dan berhadap hadapan serta terpanjang, tercatat sebanyak 8651 penari ", tuturnya dididampingi Lutfi saat menunggu ibadah dimulai.

Tepat pukul 11.00 WIB sebelum memulai Ibadah, Bupati Samosir dan Wakil Samosir serta Tim MURI dari Jakarta didaulat naik ke panggung. M.Yusuf terlebih dahulu menyampaikan penjelasan dan pernyataan Samosir memperoleh Rekor tortor berhadapan dan berjejar jarak terpanjang.

"MURI adalah catatan untuk karya, karsa dan prestasi. Dengan terlebih dahulu meneliti pantauan media yang menginformasikan arak-arakan ribuan penari berduyun-duyun menyambut Obor Paskah. Kemudian kami memverifikasi dan ternyata Samosir layak dicatat dan mencapai rekor untuk manortor terpanjang secara berjajar berhadapan. Jarak terpanjang dgn jarak 4,2 km dengan 8651 orang, selamat untuk Samosir" sebut M.Yusuf.

Setelah membaca isi piagam yang menyatakan Samosir tercatat dalam buku rekor muri untuk karya, karsa dan prestasi manortor terpanjang secara berjajar dan berhadapan, M.Yusuf menyerahkan Piagam dan Buku rekor MURI yang diterima Bupati Samosir.

Penyerahan piagam MURI ini disaksikan Ketua Lembaga Paskah Nasional Pdt S. Supit, Jadi Pane SPd dari LPPD Sumut, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Pdt Langsung Sitorus, MTh, Basar Simanjuntak Direktur BODT dan sekitar 4000 orang jemaat warga masyarakat yang memadati tribun.

Usai penyerahan piagam, dilanjutkan dengan Ibadah pembukaan Paskah Nasional 2018, yang dijadwalkan akan dihadiri Menteri PPPA, Ibu Yohanna Yembise.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia