KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Wakil Bupati Bangka Barat Buka Acara Sembahyang Rebut di Dusun Anyai Kundi

 
BUDAYA

Wakil Bupati Bangka Barat Buka Acara Sembahyang Rebut di Dusun Anyai Kundi
Oleh : Bambang Prayudi | 05-Sep-2017, 19:14:49 WIB

KabarIndonesia - Bangka Barat, Segenap masyarakat Tionghoa di dusun Anyai desa Air Menduyung kecamatan Simpang Teritip kabupaten Bangka Barat, Senin malam (4/9/17) mengadakan acara tradisi leluhur Tionghoa yaitu Sembahyang Rebut atau Chit nget phan di klenteng Amal Bhakti dusun Anyai.
Saat kabarindonesia.com menemui tokoh adat dusun Anyai Akhie (65) menjelaskan bahwa tradisi leluhur sembahyang rebut ini adalah warisan dari nenek moyang kami yang berasal dari negeri cina yang diaksanakan setiap tahun dengan maksud mengundang arwah arwah yang terlantar. "Saat sembahyang rebut bulan tujuh imlek ini pintu neraka terbuka dan kami mengundang para arwah untuk dikasih makan serta di urus, dan di bulan delapan imlek para arwah diantar pulang memakai miniatur kapal yang dibuat panitia acara" lanjut Akhie. 

Acara sembahyang rebut di hadiri Wakil Bupati Bangka Barat Markus.SH, anggota DPRD Bangka Barat Herwanto, tokoh masyarakat Bangka Barat Bruri Rusyadi, tokoh pemuda Bangka Barat Prayudi Kato, tokoh pemuda kecamatan Simpang teritip Mathius Irwan serta tokoh agama Islam Darmawi. Kedatangan mereka disambut oleh kepala dusun Anyai Ajung beserta segenap tokoh adat Tionghoa desa Air Menduyung Bangka Barat.Tampak di halaman klenteng Amal Bhakti patung Dewa panglima Tionghoa Tai She Ja dan Miniatur kapal laut serta rak-rak yang berisi bermacam makanan untuk di rebut saat pukul 00.00 wib sedangkan patung dewa dan miniatur kapal laut akan dibakar.


Kepala Dusun Anyai Ajung mengatakan kegiatan sembahyang rebut ini juga dibantu dana dari Pemerintah kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat.
Saat kabarindonesia.com menemui wakil Bupati Bangka Barat Markus.SH mengatakan "saya menilai masyarakat Tionghoa di sini sangat bersemangat dalam melaksanakan kegiatan sembahyang rebut ini dan saya juga berharap agar kegiatan sembahyang rebut tetap dijaga serta dilestarikan, agar kedepannya acara ini dapat lebih ramai serta meriah" ujar Markus.  

"Sembahyang Rebut ini sudah masuk ke dalam agenda tetap dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat dan menjadi kekayaan budaya untuk Bangka Barat" tambah Markus.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia