KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniSembilan Butir Testimoni Untuk Presiden Jokowi oleh : Berthy B Rahawarin
01-Okt-2014, 16:21 WIB


 
 
Sembilan Butir Testimoni Untuk Presiden Jokowi
KabarIndonesia - Jakarta, Inilah Sembilan Butir Testimoni untuk Presiden (terpilih) Joko "Jokowi" Widodo dari diskusi politik dengan tema "Etika Politik Impian Rakyat: Testimoni untuk Presiden Jokowi".

Narasumber dalam diskusi politik tersebut adalah guru besar dan pakar psikologi-politik Universitas
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 

 
Kebebasan Diri 29 Sep 2014 05:20 WIB

Kata-kata Nan Muncul Tiba-tiba 26 Sep 2014 05:49 WIB

 
Tigi Menuju Perubahan! 25 Sep 2014 13:11 WIB



 
BERITA LAINNYA
 
Gita Gutawa, Diva Muda Indonesia 06 Sep 2014 09:34 WIB

Raffi Achmad Tagih Janji Jokowi 31 Aug 2014 04:13 WIB

 
Hobi Fotografi Tak Harus Mahal 29 Sep 2014 02:39 WIB


 

PERGURUAN DINIYAH PUTERI PADANG PANJANG: Menapaki Langkah Optimalkan Konsep Pendidikan Mutakhir

 
PENDIDIKAN

PERGURUAN DINIYAH PUTERI PADANG PANJANG: Menapaki Langkah Optimalkan Konsep Pendidikan Mutakhir
Oleh : Muhammad Subhan | 26-Sep-2007, 15:56:25 WIB

KabarIndonesia - "Putera-puteri kita adalah investasi utama yang tak ternilai harganya. Hanya jika kita mampu menjadikan mereka anak yang saleh, yang doanya makbul sebagai pengiring kita menuju kehidupan berikut (akhirat) yang kekal. Untuk itulah, di usia 83 tahun, Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang terus menapaki langkah, mencoba segala upaya, mengoptimalkan seluruh konsep pendidikan mutakhir, demi menghasilkan anak-anak yang saleh, muslimah sejati, generasi qurani, yang mampu memberi perubahan pada dunia, dan dapat kita andalkan pada hari akhir..."

Kalimat panjang itu terucap dari bibir Fauziah Fauzan El M, S.E., Akt, Msi., (33), cicit dari tokoh pergerakan Islam Sumatera Barat, Rahmah El Yunusiyyah, pendiri Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang. Fauziah Fauzan adalah pemimpin kelima di Perguruan Diniyyah Puteri, sebagai penerus jejak almarhumah Rahmah El Yunusiyyah. Di Diniyyah Putri, usia jabatan Fauziah Fauzan sangat muda, yaitu lebih kurang satu tahun.

Ibu cantik alumni Universitas Indonesia ini diminta pulang kampung oleh pengelola Yayasan Perguruan Diniyyah Puteri yang tidak lain adalah penerus jejak Rahmah El Yunusiyyah dan juga karib kerabatnya. Sosok Fauziah Fauzan  dianggap mampu meneruskan cita-cita Rahmah El Yunusiyyah.

Sebelum Fauziah, Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dipimpin oleh Dra. Zikra, M.Pd., Kons., (1998-September 2006), H. Husainah Nurdin (1990-1996), dan H. Isnaniyah Saleh (1969-1990). Rahmah El Yunusiyyah sendiri memimpin Perguruan Diniyyah Putri sejak tahun 1923 hingga tahun 1969. Ketika merintis Diniyyah Puteri, usia Rahmah El Yunusiyyah masih sangat muda, yaitu 23 tahun.

"Di banding usia Rahmah El Yunusiyyah yang merintis Diniyyah Puteri di usia 23 tahun, saya masih kalah. Sekarang saya sudah berusia 33 tahun," kata Fauziah Fauzan sembari tersenyum. Wanita muslimah berjiwa trainer ini mengatakan, lulusan-lulusan alumni Diniyyah Puteri hingga saat ini telah berjumlah 19.000 lebih dan tersebar di seluruh Indonesia bahkan dunia. Sebagian besar mereka menjadi istri pejabat dan orang-orang penting yang dapat mengambil kebijakan.

"Kami bertekad, lulusan Diniyyah Puteri, jika tidak jadi presiden mereka bisa menjadi istri presiden yang juga menentukan kebijakan presiden," guyonnya.

Sekarang, setelah 83 tahun berdirinya Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, Perguruan ini telah semakin mantap menjejaki langkahnya untuk mendidik anak negeri. Saat ini, Diniyyah Puteri telah memiliki Taman Kanak-kanak Islam Rahmah El Yunusiyyah (berdiri tahun 1982, 170 murid, 10 lokal dan 16 staf pengajar).
Selain itu, ada Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah (berdiri tahun 1995, 353 murid, 23 staf pengajar dengan 13 lokal), Madrasah Tsanawiyah (berdiri tahun 1923, 455 siswi, 42 staf pengajar, 13 lokal), Madrasah Aliyah-Kulliyatul Muallimat El Islamiyyah (berdiri tahun 1937, 255 siswi, 44 staf pengajar dan 11 lokal).

Di samping itu, Diniyyah Puteri juga telah memiliki Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)-Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah berdasarkan SK Menteri Agama RI tahun 1992 dengan Program S1 dan D2 untuk jurusan PGTKI/PGSDI dengan 135 mahasiswi dan 44 staf pengajar. Untuk menunjang kegiatan-kegiatan siswi, Diniyyah Puteri juga telah memiliki Diniyyah Training Centre (DTC), Diniyyah Information Tecnology Centre (DITC) dan Divisi Usaha yang ketiganya merupakan 3 Divisi Otonom di Diniyyah Puteri.

Fauziah Fauzan yang sekarang menjabat sebagai Direktur Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang bertekad untuk menata Diniyyah Puteri melalui Re-enginering Program 2003-2008 dan 2008-2013. Penataan itu diantaranya pembenahan manajemen, peningkatan kualitas SDM guru/karyawan, pembenahan sarana pra sarana, pembenahan kurikulum dan proses belajar mengajar, serta pembentukan divisi otonom untuk menunjang Diniyyah Puteri menjadi lembaga pendidikan Islam yang mandiri.

"Dengan adanya penataan itu, kami mengharapkan Diniyyah Puteri ini menjadi pusat pendidikan Islam termodern dan berkualitas yang mengkombinasikan Alquran, Hadist, dan ilmu pengetahuan modern terkini dalam rangka mencetak generasi Islam yang unggul," kata Fauziah.

Tekad Diniyyah Puteri itu bukan sekedar tekad, namun benar-benar disingkronkan dengan visinya, yaitu "menjadi lembaga pendidikan Islam yang terus menerus menyeimbangkan pola pengajaran Islam yang terpadu; Alquran, hadist dan keilmuan modern terkini dalam rangka pembentukan generasi muda Islam yang profesional, beriman, bertakwa dan siap menghadapi tantangan zaman.

Sementara, visi itu didukung pula oleh misinya, yaitu; membentuk puteri yang berjiwa Islam dan ibu pendidik yang cakap, aktif serta bertangung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air atas dasar pengabdian pada Allah SWT.

Selain itu, Diniyyah Puteri mencoba mengembangkan pola pengajaran Islam berbasis teknologi secara berkesinambungan dalam upaya memperkaya khasanah dunia pendidikan Islam sampai akhir zaman.

"Yang terpenting adalah merancang, mengembangkan dan memberikan pengajaran Islam sebagai solusi kehidupan dalam bentuk kajian praktis dalam rangka pengabdian kepada masyarakat," jelasnya.

Sumatera Barat pantas berbangga memiliki tokoh muslimah sekaliber Rahmah El Yunusiyah. Dialah wanita pertama di dunia yang memelopori kaum wanita dapat menuntut ilmu di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, di mana ketika itu kaum wanita termarjinalkan dan tidak mendapat tempat dalam pendidikan di Universitas Al Azhar. Dan, Perguruan Diniyyah Puteri yang dirintisnya, menjadi inspirasi bagi Syekh Al Azhar serta ulama-ulama Timur Tengah untuk membuka pintu bagi kaum hawa belajar di Universitas Islam terkemuka itu. []

Keterangan Foto: MEGAH - Kampus Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang yang megah melambangkan kekohannya membina generasi muda bangsa. Buah dari karya monumental Rahmah El Yunusiyyah. Insert: Fauziah Fauzan El M, S.E., Akt, Msi., Direktur Perguruan Diniyyah Puteri.


Blog: http://pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
International Press Card KabarIndonesiaoleh : Kabarindonesia
30-Sep-2014, 14:56 WIB


 
  International Press Card KabarIndonesia International Press Card HOKI ini merupakan Press Card yang bergengsi dan mempunyai nilai yang tinggi. Bagi mereka yang tertarik untuk bisa mendapatkan International Press Card HOKI sebagai reporter ataupun fotografer, silahkan menghubungi Redaksi KabarIndonesia melalui email ke info@kabarindonesia.com dengan subject/judul: “Saya
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Literasi untuk Edukasi Bencana 25 Sep 2014 12:37 WIB

 

 

 

 

 
Indonesia Siap Hadapi Thailand 22 Sep 2014 13:06 WIB

Asian Games 2014 Resmi Dibuka 22 Sep 2014 11:59 WIB

 

 

 
Hati-Hati Lahir Premature 01 Okt 2014 16:27 WIB


 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia