KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiInternational Press Card HOKI Bukan Sekedar Kartu Pers oleh : Kabarindonesia
30-Nov-2020, 14:05 WIB


 
  KabarIndonesia - Berikut beberapa alasan mengapa International Press Card HOKI bukan sekedar Press Card biasa:

- Jumlah penulis Harian Online Kabar Indonesia (HOKI) terus bertambah, hingga sudah mencapai lebih dari 15.000 orang banyaknya; 
- HOKI telah mendapat penghargaan MURI sebagai media yang
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
TOUR KE BELANDA GRATIS JIKA.... 04 Des 2020 15:05 WIB

 

Ajak Pemuda Australia Lihat Keseharian Islam di Indonesia

 
PENDIDIKAN

Ajak Pemuda Australia Lihat Keseharian Islam di Indonesia
Oleh : Mediyansyah | 31-Des-2008, 15:50:32 WIB

KabarIndonesia - Pascaperistiwa bom Bali, seolah hubungan bangsa dan rakyat Australian-Indonesia mengalami keretakan/persimpangan menuju banyak kesalahfahaman. Hal ini melandasi Fakultas Humaniora dan Budaya (Humbud) Universitas Islam Negeri (UIN) Malang Jawa Timur (Jatim) menggelar program untuk mengajak pemuda-pemudi Australia melihat keseharian Islam Indonesia, sekaligus belajar bahasa dan budaya.

Minggu-Senin (28-29/12) puluhan mahasiswa Australia ini difasilitasi Fakultas Humbud UIN Malang untuk bertandang ke Desa Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Jatim, untuk merasakan kehidupan pedesaan yang religius ini. Di sini setiap mahasiswa mendapatkan satu keluarga angkat yang menerima mereka di rumah masing-masing.

Bukan hanya para mahasiswa asing yang antusias, para warga lokal bahkan berebut untuk mendapatkan “jatah anak” dari Australia itu. “Aku njaluk anak sing lanang, sing guanteng kuwi (saya minta anak laki-laki, yang ganteng itu),” kata seorang ibu dengan antusias, sementra ibu-ibu yang lain ada yang ngotot minta yang perempuan.

Memang, sejak 14 Desember silam, sebanyak 27 mahasiswa asal Daekin University Australia menjadi tamu UIN Malang hingga 24 Januari 2009 nanti. Selama di Malang, para mahasiswa asing ini akan belajar budaya dan Bahasa Indonesia.

Dituturkan Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Fakultas Humbud UIN Malang, Syafiyah, bahwa selama enam minggu mahasiswa Australia ini akan menempuh pelajaran Bahasa Indonesia secara intensif. “Selain itu mereka juga belajar beberapa bentuk kebudayaan, seperti karawitan, menari, memasak, dan membatik,” kata Syafiyah.

Dikatakan Syafiyah, untuk lebih memahami konteks keseharian masyarakat Indonesia itulah, diadakan program menginap dengan keluarga angkat di desa. “Mereka juga melakukan beberapa tour ke beberapa pusat budaya. Termasuk mengunjungi beberapa pesantren di Malang dan sekitarnya.”

Rangkaian kegiatan para mahasiwa Australia ini, adalah salah satu kegiatan dalam Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), yang diselenggarakan oleh Jurusan Budaya dan Sastra Fakultas Humaniora dan Budaya UIN Malang. (*)


Keterangan Foto: Mahasiswa asal Daekin University Australia bersama masyarakat desa Poncokusumo, di Balai Desa setempat, Minggu (28/12).

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Hacker ClanX12 15 Jan 2021 06:38 WIB

 

 
Kenaikan Cukai Rokok Ditunda 04 Nov 2020 00:50 WIB

 

 

 

 

 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia