KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
BNN "Panen" 1 Ton Ganja di Aceh 13 Aug 2020 02:57 WIB


 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Alfain Suhuda, Juara Riset Karya Ilmiah Astronomi Pionir 2013

 
PENDIDIKAN

Alfain Suhuda, Juara Riset Karya Ilmiah Astronomi Pionir 2013
Oleh : Cucu Sulastri | 11-Des-2013, 09:58:00 WIB

KabarIndonesia - Alfain Suhuda (22), mahasiswa semester 9 Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, ternyata memiliki perhatian lebih pada dunia Astronomi dan Keislaman. Hal ini ia tunjukkan dengan menjadi juara satu pada mata lomba Riset Karya Ilmiah dalam ajang Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) antar mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIN) se-Indonesia ke-6 yang diadakan di kampus IAIN Serang, Banten, 19-24 Agustus 2013 lalu.

Dengan riset yang berjudul "Model Konversi Penanggalan Masehi-Hijriyah", ia berhasil menyabet medali emas dalam ajang Pionir ke-6 setelah mengungguli 50 lebih peserta karya ilmiah PTAIN lainnya. Riset ini membahas tentang pembuatan model konversi penanggalan masehi-hijriyah yang isinya menguatkan metode hisab Urfi dengan dasar teori astronomi tentang waktu dan teori aritmatika.

"Riset ini intinya tentang pembuatan model konversi penanggalan Masehi-Hijriyah yang isinya menguatkan metode hisab Urfi dengan dasar teori astronomi tentang waktu dan teori aritmatika guna keperluan administrasi sipil dan kesekretariatan. Sehingga metode hisab Urfi terbukti relevan untuk keperluan administrasi sipil dan kesekretariatan," ungkap pria kelahiran Curup, Bengkulu itu pada penulis Kamis (9/12).

Karya ilmiah ini sendiri lahir dari pengalaman Alfain selama Praktek Kerja Langsung (PKL) di Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung, Jawa Barat pada semester 7. Selama enam bulan, ia mendapatkan banyak informasi mengenai dunia astronomi bola di bawah bimbingan Dr Moedji Raharto, Dosen Astronomi ITB sekaligus Direktur Observatorium Bosscha.

Sebelumnya, Alfain juga pernah mengikuti Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Islam (OSN PTI) yang diadakan Pertamina di UI, Depok. Namun ia lolos sampai babak penyisihan saja. Hal ini membuatnya semakin giat lagi dalam menekuni dunia sains.

"Ikut OSN PTI di UI waktu semester 3 tapi ngga lolos masuk final tapi itu membuat saya semakin bersemangat untuk mendalami sains," ungkap pria yang hobi membaca buku sains terapan ini malu-malu. Kecintaan Alfain terhadap dunia sains juga telah muncul sejak dia masih duduk di bangku SMA. Ia dan timnya mengikuti berbagai olimpiade, yaitu olimpiade Kimia dan olimpiade Komputer.

Selain aktif dalam kegiatan akademis, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) ini juga aktif dalam dunia sosial. Hal ini terbukti dengan keaktifannya mengikuti berbagai kegiatan bakti sosial dan program belajar mengajar.

Pria yang baru dua minggu lalu mengikuti program Summer School di Hoschule Amberg-Weiden (HAW), Jerman ini juga mengungkapkan, ke depannya ia ingin membuat satu model mainan anak yang mengedepankan unsur edukasi dan keislaman untuk anak usia dini guna merangsang perkembangan motorik dan sensorik serta menanamkan rasa keislaman dalam diri mereka sejak dini.

Saat ini, pria yang bercita-cita ingin melanjutkan program S2 di Jerman ini, selain sibuk kuliah dan menyusun skripsi, juga sedang mempersiapkan diri mengikuti beberapa perlombaan dalam bidang sains dalam beberapa bulan ke depan. Harapannya ia ingin semakin mengembangkan diri dalam bidang keilmuan yang dicintainya tersebut.(*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
"BURN OUT" = 4G (Gosong) 13 Aug 2020 04:53 WIB


 

 

 

 
Saatnya Nabung Saja Tidak Cukup 13 Aug 2020 02:57 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia