KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniTeologi Inklusif Sebagai Alternatif oleh : Gunoto Saparie
18-Des-2017, 07:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mendengar istilah "teologi inklusif", saya langsung teringat kepada Nurcholish Madjid. Nurcholish adalah salah seorang cendekiawan muslim yang concern cukup mendalam terhadap persoalan hubungan agama-agama dan dialog antaragama. Ia secara teoritis mengedepankan pencarian dan konsep titik temu agama-agama secara eksplisit
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Anak Usia 5 Tahun Hafal Kaidah Tajwid
Oleh : Via Dila Hasanah | 23-Nov-2017, 15:26:22 WIB

KabarIndonesia - Belakangan ini kita sering mendengar cara atau metode dalam membaca Alquran. Salah satu metode belajar Alquran yang terkenal yaitu metode Qiroati. Seperti metode lain, metode ini memiliki prinsip dalam pembelajaran pembacaan alquran yaitu lancar, tepat, cepat dan benar. Metode yang ditemukan oleh salah seorang Kiyai dari Semarang, Jawa Tengah ini, mulai disebarkan sejak awal 1970-an. Kiyai Dachlan Salim Zarkayi (Alm) mulai menerbitkan enam jilid buku Pelajaran membaca alquran untuk TK alquran untuk usia 4-6 tahun pada juli 1986. Hal ini dipelopori oleh pemikiran beliau yang merasa metode baca alquran yang ada pada saat itu belum memadai.

Salah satu TPQ (Taman Pendidikan alQuran) yang memakai metode ini dalam pembelajarannya adalah TPQ Darul Hamdi yang terletak di Tegalgondo, Karangploso, Malang. TPQ milik H. Romli Sholeh ini berdiri sejak tahun 2010 dengan jumlah wisudawan awal hanya 6 santri. Hingga saat ini jumlah santri yang belajar di TPQ ini mencapai kurang lebih 100 orang, mulai dari usia pra TK sampai usia lanjut. 

Pada minggu 19 November 2017, TPQ ini melangsungkan acara rutinan setiap tahunnya yaitu "Kataman dan Imtihan Alquran" yang ke-8. Acara ini merupakan wisuda bagi santri yang telah khatam dan lulus tes membaca alquran serta hafalan tajwid, ghorib dan doa-doa. Jumlah wisudawan mencapai 27 orang, merupakan jumlah terbanyak selama ini. Peserta khataman mulai dari anak usia TK sampai anak usia Sekolah Menegah Pertama.
 Hal menarik dan patut dibanggakan dari acara tersebut yaitu, ketika penghargaan kataman terbaik 1 jatuh kepada santri yang masih berusia belia, yaitu 5 Tahun. Nadia Zahra Slsabila Putri Felisia ini merupakan peserta khataman termuda. Pada prosesi imtihan yaitu mencakup pertanyaan-pertanyaan seputar ilmu tajwid dan cara membaca alquran. Dia dengan cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Semoga TPQ Darul Hamdi sendiri mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik dari kalangan orang tua santri maupun dari lingkungan. Sehingga, akan banyak lagi anak usia dini yang dapat membaca alquran dengan qaidah-qaidah tajwid yang benar.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia