KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Beasiswa Buat Siswa Melarat
Oleh : Sarkoni M. Asyeh (ronny) | 07-Des-2011, 16:24:55 WIB

KabarIndonesia - Upaya pemerintah dalam pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan, serta untuk menekan angka putus sekolah secara signifikan sudah dapat dirasakan oleh masyarakat. Salah satu perhatian tersebut adalah pemberian bantuan beasiswa miskin untuk sekolah dasar (BSM-SD).

Pemberian BSM-SD bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan bagi penduduk miskin, agar orangtua siswa yang tidak mampu (miskin-red) tersebut tetap dapat memperoleh kebutuhannya dibidang pendidikan.

Sebagaimana dalam pedoman pelaksanaannya pemberian BSM-SD ini sudah sangat jelas sistem penyalurannya. Karena itu pemerintah pusat mengalokasikan sepenuhnya kepada masing-masing propinsi yang kemudian diteruskan kepada tiap kabupaten/kota berdasarkan jumlah siswa penerima BSM-SD tersebut.

Pengalokasian dana BSM-SD sebesar Rp 360.000, persiswa/tahun adalah untuk keperluan mendukung biaya pendidikan khususnya, pembelian buku tulis, tas dan alat tulis, serta pembelian seragam sekolah (seragam, pramuka, kaos olahraga dan sepatu) kemudian ada juga biaya transportasi kesekolah dan uang saku.

Namun terkadang ditengah "perjalanan" penyaluran dana BSM-SD tersebut, kerap menjadi ajang manfaat oleh sebagian oknum dilingkungan pendidikan yang notabene terkait secara langsung dalam pelaksanaan/penyalurannya. Sehingga program ini menjadi tak berarti (kurang bermanfaat-red) bagi siswa dalam mengenyam pendidikan.

Pasalnya di Kabupaten Ciamis, berdasarkan hasil investigasi pewarta HOKI hingga saat ini bantuan yang berbentuk fisik kepada siswa penerima BSM hanya berupa 1 (satu) stel pakaian seragam sekolah dengan harga per-stelnya Rp 75.000. Dengan demikian dana bantuan tersebut masih tersisa sebesar Rp 285.000. Sedangkan jumlah siswa/siswi penerima dana BSM-SD untuk Kabupaten Ciamis sekitar 10.777 orang.

Sementara beberapa sumber mengatakan kepada pewarta HOKI, bahwa sisa dana bantuan tersebut diserahkan langsung kepada orang tua siswa/siswi penerima BSM. Dengan harapan agar uang tersebut dapat dipergunakan untuk keperluan pendidikan siswa/siswa penerima. Namun sebagian sumber lain meragukan penggunaan sisa dana bantuan tersebut, karena bukan tidak mungkin ada orang tua siswa yang mempergunakan untuk kepentingan rumah tangga bukan untuk keperluan sekolah anaknya.

Sedangkan pengawasan dari pihak terkait terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis dirasakan kurang maksimal bahkan terkesan tidak tahu secara langsung tentang sistem atau mekanisme penyaluran dan penggunaan bantuan BSM-SD tersebut. Hal ini terbukti saat pewarta HOKI mengkonfirmasi Drs. Dedi, kepala seksi (kasi) kurikulum TK, SD dan SMP yang sekaligus selaku koordinator pelaksana program BSM-SD Disdikbud Kabupaten Ciamis, ia mengaku tidak mengetahui secara jelas tentang penyaluran dana BSM-SD. Ketidak tahuan Dedi terhadap program ini tentu tidak beralasan, karena selaku pejabat pelaksana dalam program ini ia mestinya tahu persis tentang mekanisme-nya.

Namun belakangan diketahui Dedi, sengaja menghindar dari pertanyaan wartawan karena kuat dugaan Dedi telah banyak menerima sukses fee sebesar 10-15% dari perusahaan penyedia barang dan jasa, untuk pengadaan pakaian seragam siswa-siswi penerima BSM-SD. Dan terhadap beberapa pertanyaan, ia enggan menjawab bahkan Dedi, sempat dua kali menghilang dari kejaran wartawan yang sebelumnya telah dia janjikan untuk konfirmasi. (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/


 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia