KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar janji bagian (9), kita telah melihat kepintaran Presiden Jokowi dalam membalikkan keadaan dari semula dianggap penakut dan pengecut, tiba-tiba membalikkan keadaan dengan secara berani bergabung
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
JENUH 17 Jul 2019 15:06 WIB

Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
PWI Jaya Gelar Orientasi Wartawan 17 Jul 2019 16:02 WIB


 

Berdisiplin dan Berkarakter Ciri SMAN 2 Tumijajar

 
PENDIDIKAN

Berdisiplin dan Berkarakter Ciri SMAN 2 Tumijajar
Oleh : Yunastanto | 08-Feb-2019, 05:51:57 WIB

Kabar Indonesia - Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan untuk memperluas pendididikan dasar. Siswa SMA dituntut mulai menguasai konsep, cara berpikir, performance, sebagai bekal ke jenjang pendidikan tinggi. Sementara didalam sekolah itu sendiri dituntut untuk meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitar. Serta meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. 

Berkacamata dari hal tersebut, SMAN 2 Tumijajar kabupaten Tulangbawang Barat dengan segala keterbatasannya terus berupaya mendidik dan mencetak siswanya dengan disiplin tinggi sebagai modal dasar untuk menjadi siswa yang berkarakter. "Setiap hari kita melakukan apel pagi kepada siswa dan guru, kemudian siswa berjabat tangan dengan guru ketika memasuki lingkungan sekolah, dan disetiap upacara bendera kami mengundang aparat keamanan TNI/Polri untuk menjadi inspektur upacara", kata Suharto selaku Kepala SMAN 2 Tumijajar, diruang kerjanya, Kamis (7/2).

Suharto menjelaskan kegiatan tersebut sudah mengakar dan menjadi budaya sekaligus ciri dari sekolah yang dipimpinnya. "Terbukti dengan adanya kegiatan rutin tersebut siswa kami selain lebih disiplin juga terjalinnya hubungan yang baik antara guru dan siswa", jelasnya. 

Meskipun demikian Suharto mengakui dibidang studi, sekolahnya masih belum bisa mengimbangi sekolah sekolah unggulan di Tubaba. Untuk itu dia berharap kepada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai kepanjangan tangan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk terus melakukan pendampingan terhadap SMA di Tubaba khususnya SMAN 2 Tumijajar.  "Kita sangat berharap LPMP terus melakukan pelatihan-pelatihan bagi tenaga didik guna meningkatkan mutu dan kualitas sekolah ini", harapnya.
 
Selain itu, Suharto juga mengatakan yang masih menjadi PR besar pihaknya adalah masih kurangnya dukungan masyarakat sekitar terhadap sekolah. Di satu sisi para orang tua berharap anak-anaknya mendapatkan fasilitas pendidikan yang berkualitas, namun disisi lain dukungan dari para orang tua masih minim. Faktor ini masih menjadi hambatan SMAN 2 Tumijajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan. "Kita sangat mengharapkan sekali dukungan dari para orang tua siswa agar sekolah ini menjadi berkualitas", kata dia.

Suharto mengatakan para orang tua siswa belum sepenuhnya memahami bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang. Pendidikan adalah alat untuk perkembangan ekonomi dan bukan sekedar pertumbuhan ekonomi. Kemudian investasi pendidikan memberikan nilai balik pada investasi fisik di bidang lain. Selanjutnya investasi dalam bidang pendidikan memiliki banyak fungsi selain fungsi teknis-ekonomis yaitu fungsi sosial-kemanusiaan, fungsi politis, fungsi budaya, dan fungsi kependidikan.

"Fungsi sosial-kemanusiaan merujuk pada kontribusi pendidikan terhadap perkembangan manusia dan hubungan sosial pada berbagai tingkat sosial yang berbeda. Misalnya pada tingkat individual pendidikan membantu siswa untuk mengembangkan dirinya secara psikologis, sosial, fisik dan membantu siswa mengembangkan potensinya semaksimal mungkin", tukasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia