KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniTeologi Inklusif Sebagai Alternatif oleh : Gunoto Saparie
18-Des-2017, 07:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mendengar istilah "teologi inklusif", saya langsung teringat kepada Nurcholish Madjid. Nurcholish adalah salah seorang cendekiawan muslim yang concern cukup mendalam terhadap persoalan hubungan agama-agama dan dialog antaragama. Ia secara teoritis mengedepankan pencarian dan konsep titik temu agama-agama secara eksplisit
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Bupati Soekirman Ajak Masyarakat Bangun Peran Serta dan Kesesuaian Gender Agar Tidak Salah Arah

 
PENDIDIKAN

Bupati Soekirman Ajak Masyarakat Bangun Peran Serta dan Kesesuaian Gender Agar Tidak Salah Arah
Oleh : Agus Suriadi | 22-Nov-2017, 16:25:58 WIB

Kabar Indonesia - Serdang Bedagai. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman secara resmi membuka Sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) Tahun 2017 bertempat di Wisma Amerta kecamatan Perbaungan, Sabtu (18/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kasubdit Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan RI DR. Samto, Bunda PAUD Sergai Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, perwakilan BP PAUD Provsu, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan KB Hj. Irwani Jamilah, SH, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, para Camat, para peserta dari Desa Vokasi, serta lembaga Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKHP) se-Sergai.

Mengawali sambutannya, Bupati Ir. H. Soekirman mengapresiasi program dari Kementerian Pendidikan yang bertujuan memberikan pemahaman terhadap masalah perempuan, kesadaran dan kesesuaian gender, peran serta dan lain-lain. Dikatakan Bupati bahwa perempuan memiliki arti yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan pembangunan secara berkelanjutan. Perempuan selayaknya ditempatkan sebagai subjek guna peningkatan peran serta perempuan untuk mampu menjalankan perannya didalam setiap kegiatan di masyarakat.

Penganggaran yang responsif gender sejak 5 tahun yang lalu terus menerus dilakukan oleh Pemkab Sergai karena permasalahan gender menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah.

Oleh karenanya Bupati Soekirman mengajak seluruh elemen untuk membangun peran serta dan kesesuaian gender tersebut agar tidak salah arah dan salah orang menempatkan peran dari setiap masyarakat sesuai dengan analisis peran secara gender sehingga semua pesan komunikasi dapat sampai sesuai tujuannya.

Soekirman juga berkeyakinan program ini akan berhasil dan berkesinambungan karena SDM melalui PKBM yang semakin baik dan berkembang serta dibantu pemanfaatan teknologi yang ada. "Mari tingkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan baik dalam dan luar sekolah. Kita siapkan diri dalam hal pemasaran hasil kreasi kaum marjinal ini melalui pemanfaatan teknologi guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah kita ini," pungkas Bupati Soekirman.

Sementara itu Bunda PAUD Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman sangat mendukung program gerakan GP3M ini sebagai bentuk peningkatan kualitas kaum marjinal sehingga menjadi produktif dan dapat setara dengan masyarakat lainnya. "Kita berharap kegiatan ini terus berkesinambungan dan bukan hanya seremonial saja sehingga Sergai terus berinovasi dan karya-karya masyarakatnya berkelanjutan, ungkapnya.

Sedangkan Kasubdit Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan RI DR. Samto mengucapkan terima kasih atas atas terselenggaranya kegiatan ini. Progran ini adalah salah satu Program Pendidikan Berkelanjutan, karena kita membangun bukan hanya untuk kita saat ini, akan tetapi menyiapkan segala sesuatu untuk generasi yang akan datang.

Saat ini Kementerian fokus dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan perempuan, karena Perempuan adalah pendidik pertama dan utama di keluarga serta merupakan penjaga norma karakter terbaik di keluarganya. Samto juga berharap agar semua Perempuan memiliki hak dan peran yang sama dalam kehidupan di masyarakat.

Melalui program ini akan dapat mengeksplorasi keterampilan dan potensi masyarakat guna meningkatkan ekonomi rumah tangga. Karena jika semua perempuan berkontribusi dalam meningkatkan peningkatan penghasilan keluarga, maka ini akan menjadi penguat perekonomian bangsa yang kokoh. Hal tersebut didapat melalui pemanfaatan teknologi jika dimanfaatkan dari sisi positif seperti promosi hasil kreasi dan makanan dari desa vokasi melalui media sosial, papar Samto.

Dalam kesempatan yang sama Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM mengemukakan bahwa acara ini mengusung tema “Mari Tingkatkan Kecakapan Hidup Perempuan Peserta Didik Pendidikan Berkelanjutan“ dalam rangka Pembinaan Desa Vokasi dan Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKH-P). Disampaikan Joni Walker, semuanya harus memikirkan pendidikan khususnya pendidikan keluarga, bukan hanya tugas instansi atau kementerian tertentu. "Semoga pendidikan karakter dan pendidikan keluarga semakin baik khususnya masyarakat dipinggiran pantai Tanah Bertuah Negeri Beradat ini," tukasnya.

Sebelumnya Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Arianto, S.Pd selaku Ketua Panitia Kegiatan dalam laporannya mengatakan bahwa acara yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini dan diikuti oleh 250 peserta bertujuan guna mengkoordinasikan pelaksanaan program pendidikan berkelanjutan, khususnya program GP3M Desa Vokasi dan Program PKH-P.

Acara diisi dengan peninjauan stand Desa Vokasi dan PKBM dan Lembaga PKHP se-Sergai dan dilanjutkan penyampaian paparan dari Kementrian Pendidikan RI dan Dinas Pendidikan Sergai.(*)

Teks Photo :
TINJAU: Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kasubdit Keaksaraan dan Kesetaraan Kementrian Pendidikan RI DR. Samto, Bunda PAUD Sergai Hj. Marliah Soekirman, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM meninjau Desa Vokasi dan PKBM dan Lembaga PKHP se-Sergai pada acara pembukaan Sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) Tahun 2017 bertempat di Aula Wisma Amerta Kecamatan Perbaungan, Sabtu (18/11). Foto : HOKI/Agus

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia