KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanBantu Upaya Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19, Joyday Hadir Mendukung Vaksinasi di Jakarta oleh : Wahyu Ari Wicaksono
21-Jun-2021, 12:29 WIB


 
 
KabarIndonesia - Grup Yili dan Green Asia Food Indonesia (GAFI), produsen es krim Joyday (Pemenang Brand Choice Award 2021) membagikan lebih dari 5.000 produk es krim sebagai bentuk insentif kepada para penduduk Jakarta agar bersedia divaksinasi. Es krim tersebut didistribusikan di
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 

Dosen Teknik Informatika Fasilkom UNSIKA Lakukan Pengabdian Masyarakat Di  Desa Dukuh Karya Kabupaten Karawang

 
PENDIDIKAN

Dosen Teknik Informatika Fasilkom UNSIKA Lakukan Pengabdian Masyarakat Di Desa Dukuh Karya Kabupaten Karawang
Oleh : Purwantoro,m.kom | 15-Des-2018, 07:28:18 WIB

KabarIndonesia - Karawang, Civitas akademika Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) dalam menerapkan tiga pilar (Tridarma) Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan tridharma ketiga semakin ditunjukkan melalui peran serta berkontribusi dalam implementasi ilmu akademisnya kepada masyarakat.

. Dosen program studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unsika yang diketuai oleh Purwantoro, S.Kom.,M.Kom dan beranggotakan Chaerur Rozikin, S.Kom.,M.Kom dan Riza Ibnu Adam, M.Si dengan dibantu oleh Mahasiswa yang aktif sebagai asisten laboraturium turut berperan serta dalam pengabdian kepada masyarakat pada desa Dukuh Karya kecamatan Rengas Dengklok kabupaten Karawang provinsi Jawa Barat

Dengan mengusung tema pengabdian "Peningkatan Kapasitas Desa Dukuh Karya dengan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pelayanan kepadaMasyarakat" yang dilaksanakan pada bulan September, Oktober dan November 2018 sesuai yang direncanakan sebelumnya.

Desa Dukuhkarya merupakan desa yang termasuk kedalam kabupaten Karawang, kecamatan Renggas Dengklok, memiliki penduduk sekitar 6000 jiwa dan sebagian penduduknya memiliki penghasilan dari hasil pertanian. Desa dukuh karya memiliki Kepala desa, BPD desa dan perangkat desa. Dalam melaksanakan kegiatan untuk membangun desa bekerjasama dengan masyarakat desa, perangkat, desa, BPD desa dan lain sebagainya.

Pelaksanaan kegiatan desa baik yang diusulkan oleh RT, RW atau sekretaris desa dimulai dengan membuat proposal, kemudian membuat laporan keuangan dan membuat rencana pelaksanaan kegiatan desa. Di desa ini, perangkat desa yang bisa menggunakan teknologi informasi untuk membuat proposal, laporan dan lain sebagainya hanya Sekretaris desa. Hampir semua kegiatan yang berkaitan dengan dokumen pelaporan dikerjakan oleh sekretaris desa, baik itu kerjaan di lingkungan RT, RW, dan Desa.

Peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat desa adalah menjadi kewajiban bagi perangkat desa agar pelayanan kepada masyarakat desa menjadi lebih baik. Perangkat desa saat ini memililki kendala penguasaan terhadap teknologi informasi untuk membantu mereka dalam membuat proposal, laporan kegiatan, laporan keuangan sehingga memperlambat mereka dalam melayani masyarakat desa. Solusi dari permasalahan tersebut adalah berbagi pengetahuan penguasaan teknologi informasi. Teknologi informasi dapat membantu perangkat desa dalam hal mempercepat pembuatan proposal, laporan-laporan dan tidak tergantung kepada orang lain. peningkatan kapasitas desa khususnya penguasaan teknologi informasi dapat membantu mempercepat kinerja perangkat desa sehingga semua program kegiatan desa dapat berjalan lancar dan tidak terlambat untuk diimplementasikan ke masyarakat desa.

Menurut sekretaris desa Dukuh karya, bapak Carum mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama antara Civitas akademika dengan masyarakat tentunya akan semakin berpengaruh positif terhadap pelayanan aparat Desa kepada masyarakat. Perkembangan teknologi yang semakin canggih sebenarnya akan membuat kemudahan bagi penggunanya. Untuk itu setiap perangkat desa akan semakin mudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bila para aparat desa menguasai teknologi Informasi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB


 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia