KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilSang Perancang Mode Batik oleh : Redaksi HOKI
14-Apr-2018, 18:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Anthony Bachtiar memang dikenal dengan rancangannya yang mengeksplorasi kain-kain tradisional Indonesia seperti batik dan tenun ikat. Bahkan ia sering sekali merancang batik sebagai gaun pesta. Ini adalah kreativitas di luar pakem, karena batik sebelumnya hanya dimanfatkan sebatas kain untuk
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Ibu Guru Dermawati Napitupulu Dipercaya Ciptakan Lagu Mars Pendidikan Kota Medan

 
PENDIDIKAN

Ibu Guru Dermawati Napitupulu Dipercaya Ciptakan Lagu Mars Pendidikan Kota Medan
Oleh : Danny Ph Siagian | 24-Des-2017, 08:34:40 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, bilamana seseorang dipercaya menciptakan lagu yang akan menjadi permanen dikemudian hari. Apalagi lagu tersebut akan selalu dikumandangkan di lingkungan pendidikan. Demikian yang dialami Dermawati Napitupulu, M.Pd Kepala SMP Negeri 18 kota Medan, yang mendapat kepercayaan dari Kadisdik kota Medan, Drs. Hasan Basri MM, untuk mencipta lagu dan membuat aransemen musik lagu mars pendidikan kota Medan. Sedangkan syair/liriknya dibuat sang Kadisdik sendiri dengan judul “Medan Rumah Kita, Cerdas Bersahaja”.

Kerja bareng tersebut ternyata mendapat sambutan dari Walikota Medan, Drs. HT Dzulmi Eldin S, Msi. Bahkan tak disangka-sangka, keduanya mendapat apresiasi dari pak Walikota berupa Piagam Penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan Walikota Medan, bersamaan dengan launching lagu tersebut pada puncak acara Hari Guru kota Medan, yang dihadiri sekitar 1.500 guru. Acara dilangsungkan di Hotel Tiara Convention Centre Medan, Sabtu 2 Desember 2017 lalu.

Saat ditanya bagaimana kisah awal dipercaya mencipta lagu Mars Pendidikan kota Medan sangat spesial itu, Dermawati mengatakan, sebelumnya memang sudah pernah menciptakan lagu mars SMP Negeri 22 kota Medan, saat dirinya menjadi Kepala Sekolah.
“Sebelumnya memang saya sudah pernah menciptakan lagu mars SMP Negeri 22 Medan, tahun 2015, ketika saya masih menjadi Kepala Sekolah. Saat itu, lagu mars tersebut dilaunching pejabat Kadisdik sebelumnya. Sebab itu, saya dipercaya Kadisdik sekarang untuk mencipta lagu dan mengaransemennya, karena beliau yang membuat syairnya,” ujar Dermawati saat dihubungi, Selasa (19/12/2017).

Menurut Dermawati, setelah lagu tersebut selesai dibuat, dilanjutkan dengan konsultasi dan mohon petunjuk dari Walikota.
“Waw, ternyata pak Walikota merespons dengan baik, dan tak menyangka kita diberi apresiasi bersama pak Kadisdik pada perayaan Hari Guru kota Medan,” ungkapnya bahagia.

Dikatakan Ibu Guru yang pernah mendapat penghargaan “Indonesian Award of Education 2015” dari Yayasan Anugerah Prestasi Jakarta ini, dirinya bersama Kadisdik mencermati, bahwa di instansi-instansi kota Medan masih kurang tersentuh lagu-lagu mars, jika dibandingkan dengan Jakarta.

Sebab itu, tekad bersama menciptakan lagu mars pendidikan kota Medan ini, terasa makin memberi spirit yang tinggi.
“Karena tujuannya adalah untuk penguatan pendidikan berkarakter Indonesia, melalui keteladanan guru dan pendidikan yang bersifat revolusioner,” tandasnya.

Ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencipta lagu tersebut, Kepala Sekolah yang mendapat promosi jabatan Nopember 2017 lalu, menjadi Kepala Sekolah SMP Negeri 18 Medan ini mengatakan, kurang lebih satu bulan.
“Kurang lebih, butuh waktu satu bulan. Mencipta lagu dan aransemennya, hingga rekaman di studio, serta merekam video klipnya juga. CD lagunya juga sudah ada, untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah di kota Medan,” bebernya.

Kandidat Doktor ini berharap, ke depan, lagu mars ini menjadi lantunan setiap acara-acara formal kependidikan, dan juga di awal dan akhir jam pelajaran sekolah.
“Harapan saya, ke depan, lagu mars ini akan menjadi lantunan setiap acara-acara formal kependidikan, dan dapat menjadi lagu pengantar pagi hari sebelum pelajaran dimulai, dan sesudah proses belajar-mengajar berakhir,” ujarnya.

Ditambahkan ibu tiga anak dan dua cucu ini, lagu mars tersebut akan dilanjutkan dengan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dari KemenhukHAM RI.
“Kita akan uruskan hak ciptanya atau HaKI-nya ke KemenhukHAM nanti. Apalagi syair lagu ini berlaku sepanjang masa, dan berlaku pada zona-zona pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP dan SMA,” pungkasnya.

Diketahui, mars pendidikan kota Medan ini juga sejalan dengan tema “4 Pilar Pendidikan UNESCO” yaitu: Learning to Know; Learning to Do; Learning to Be; dan Learning to Live Together. Sementara saat launching, lagu mars tersebut dinyanyikan oleh Paduan Suara Dinas Pendidikan kota Medan, yang terdiri dari para guru, Kepala Sekolah SD, SMP dan staf Disdik, dengan pelatih dan penata musik, Samuel HS.(*)

Foto: Dermawati Napitupulu, MPd di acara launching (insert Piagam)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaikoleh : Munir Werlin
17-Apr-2018, 06:58 WIB


 
  Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia