KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalAROMA KEPENTINGAN DALAM AGENDA TERSENDIRI oleh : Tonny Djayalaksana
18-Aug-2019, 15:58 WIB


 
 
KabarIndonesia - Upaya-upaya lawan Jokowi untuk menjatuhkannya sangat militan sekali. Sebagai pelengkap telah saya sertakan tulisan Denny Siregar yang menggambarkan bagaimana sebuah konspirasi dijalankan untuk menjatuhkan pemerintahan Jokowi. Namun akhirnya perlindungan dari Allah bisa menggagalkan semua itu. 

Semua
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Kejanggalan Disdik Jabar
Oleh : Sarkoni M. Asyeh (ronny) | 14-Nov-2011, 15:23:43 WIB

KabarIndonesia - Kepala seksi (kasi) pengujian bahasa daerah  dan kesenian dilingkungan Balai Pengembangan Bahasa Daerah dan Seni (BPBD) pada di Dinas pendidikan (Disdik) propinsi Jawa Barat, Drs. Amin, tidak bersedia memberikan keterangan. Pada saat itu Amin hanya berkata kalau untuk urusan konfirmasi silahkan langsung bicarakan dengan Sodik (stafnya).

“Ya, saya sudah mendelegasikan ke Pak Sodik untuk urusan konfirmasi jadi silahkan anda menemuinya”, ucap Amin.

Sementara Sodik, ketika ditemui dilingkungan kantor Disdik Jabar, beberapa waktu lalu terkesan acuh dan berlagak pilon, bahkan saat pewarta HOKI menceritakan secara singkat ikhwal yang akan di konfirmasi. Anehnya dia seolah tidak tahu tentang adanya kegiatan yang dimaksud. Kedatangan pewarta warga beberapa waktu lalu itu, ingin menyampaikan mengkonfirmasi seputar masalah kegiatan apresiasi seni, serta pengadaan alat kesenian daerah berupa kecapi, gitar dan suling yang penanggung jawab kegiatannya langsung oleh Amin, dan kegiatan pembinaan keseniaan guru, penanggung Jawab kegiatannya oleh staf kasi yang akrab disebut Atik.

Untuk Kegiatan Apresiasi Seni, selain substansi kegiatan yang dinilai cenderung tidak menggali unsur-unsur kesenian daerah, karena hanya berupa seremonial dan pembu-kaan acara serta penutupan lebih menonjolkan kesenian modern yaitu hiburan lagu dangdut. Kemudian untuk fasilitas jasa akomodasinya disinyalir tidak memenuhi standar (kepgub-red) yang mengharuskan setiap kegiatan menggunakan fasilitas jasa akomodasi dari APBD pro-pinsi Jawa Barat harus memiliki standar hotel berbintang.

Namun pada kenyataannya ketika ada kegiatan lomba pidato beberapa waktu lalu yang diselenggarakan di kab. Garut, untuk jasa akomodasi-nya hanya menggunakan hotel Paseban yang kriterianya adalah kelas melati. Sedangkan untuk kegiatan lainnya berupa pembinaan kesenian guru, ada beberapa dugaan kejanggalan terkait pembelian barang berupa kecapi, gitar dan suling. Dimana selain telah terjadi dugaan kongkalikong antara petugas pengawas dari Itwilprop berinisial Tu, yang telah meloloskan jenis barang kecapi untuk layak sebagai barang pengadaan dilingkungan kegiatan tersebut.

Pasalnya spesifikasi barang yang dimaksud jauh dari nilai anggaran yang tersedia didalam DPA yaitu senilai Rp 800 ribu per unit kecapi. Sementara hasil investigasi kebeberapa pengerajin kecapi yang ada di kawasan kota Bandung, diketahui bahwa untuk jenis kecapi yang di adakan pada kegiatan tersebut hanya berupa kecapi kawih/kecapi kotak yang harganya tidak lebih dari Rp 300 ribu per unit.           

Parahnya lagi, pada saat adanya laporan pembelian barang berupa kecapi tersebut, pi-hak pengguna barang dan jasa melampirkan kwintasi pembelian senilai Rp 477 ribu per unit. Berarti bila melihat beberapa kronologis yang ada selama kegiatan berlangsung, diduga ada potensi kerugian negara yang melibatkan banyak pihak, apalagi dalam pengadaan tersebut semua perusahaan yang terlibat diduga merupakan binaan orang dalam dilingkungan balai bahasa disdik Jabar.

Indikasi ini berdasarkan pengakuan beberapa pengrajin kecapi yang mengatakan, mereka telah ditemui beberapa orang dari Balai Pengembangan Bahasa Daerah dan Seni Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk meminta order pembelian kecapi dalam partai besar, katanya. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/
         

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
KETAKUTAN ADALAH DASAR AGAMA? 17 Aug 2019 14:18 WIB


 

 

 
Investasi Dengan Uang Receh 20 Aug 2019 12:01 WIB


 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia