KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiProgram-Program PMOH untuk Top Reporter HOKI, Pegawai Negeri, dan Swasta oleh : Redaksi-kabarindonesia
11-Feb-2018, 16:42 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ikuti Program Istimewa bagi yang pernah menjadi Top Reporter HOKI kapan pun Anda terpilih dan berhasrat memperdalam ilmu menulis dan tertarik mengikuti Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH).

Program Instansi pun diberikan kepada Instansi Pemerintah atau Swasta yang
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

Merakyatlah 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 

Koramil 418-08/Sako Beri Wasbang di SMK Xaverius Palembang

 
PENDIDIKAN

Koramil 418-08/Sako Beri Wasbang di SMK Xaverius Palembang
Oleh : Dedi Sugiri | 20-Okt-2017, 05:35:33 WIB

KabarIndonesia - Penrem 044/Gapo, Komandan Koramil (Danramil) 418-08/Sako Kenten, Kapten Inf Hanafi AZ, SH. Memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada 195 orang Siswa Siswi Kelas XII SMK Xaverius bertempat di aula SMK Xaverius Palembang, Jumat (20/10/2017). 
Pada kesempatan tersebut Kapten Inf Hanafi AZ, SH. yang dibantu oleh dua orang Babinsa, Serma Kardi dan Sertu Irwan menyampaikan materi Wasbang berupa Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan bahaya Narkoba dengan metode pemutaran film dan penjelasan serta tanya jawab.  
 

Dalam penjelasannya, Danramil 418-08/Sako Kenten memberikan paparan soal Pancasila sebagai pandangan hidup bagi Bangsa Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, kata Danramil, meliputi ribuan pulau, ribuan suku, ribuan bahasa daerah, ribuan budaya daerah, namun semua itu bisa bersatu dalam wadah NKRI. Hal semacam ini sebenarnya sudah ada sejak  zaman nenek moyang kita dulu. "Kita sudah diajarkan untuk saling menghormati perbedaan baik suku, budaya, agama, sehingga Nusantara adalah negara yang besar pengaruhnya dan penduduknya saling membantu," jelas Danramil.

   
Lebih lanjut Kapten Inf Hanafi AZ, SH. mengatakan,  semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang sudah tersurat dalam kitab "Sutasoma" yang artinya berbeda beda namun tetap satu. Itu adalah ajaran leluhur kita jauh sebelum Republik Indonesia diproklamasikan, sehingga kini kalau kita ingin mencapai negara yang gemah ripah loh jinawi (subur makmur), kita harus menggali dan sekaligus meneruskan ajaran luhur yang sudah berurat dan berakar di dalam masyarakat seluruh bangsa Indonesia.  

"Meskipun kita saat ini menggunakan barang atau teknologi dari negara lain, namun jangan meninggalkan sifat, sikap, dan budaya asli Bangsa Indonesia yang adi luhung, saling membantu dan saling toleransi," jelasnya.

 

Diakhir penjelasannya, Danramil mengajak dan menghimbau kepada seluruh generasi muda khususnya Siswa Siswi SMK Xaverius Palembang untuk selalu mawas diri dan waspada dengan perkembangan yang terjadi saat ini. Khususnya perang aksi-aksi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab baik di medsos dan juga internet yang selain menguntungkan juga dapat berpengaruh buruk yang bisa menghancurkan bangsa dan kesatuan NKRI. Mengakhiri materinya, Danramil 418-08/Sako Kenten juga mengajak seluruh peserta untuk menyanyikan bersama lagu "Bagimu Negeri".

 

Salah satu Siswi SMK Xaverius, Maria Ekawati mengungkapkan pentingnya informasi dan pendidikan soal wawasan kebangsaan. "Menurut saya, paparan seperti ini sangat penting, pasalnya saat ini kebanyakan anak muda lebih suka dengan budaya barat dan budaya asli Indonesia sudah mulai luntur dan ditinggalkan," ungkapnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia