KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniTeologi Inklusif Sebagai Alternatif oleh : Gunoto Saparie
18-Des-2017, 07:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mendengar istilah "teologi inklusif", saya langsung teringat kepada Nurcholish Madjid. Nurcholish adalah salah seorang cendekiawan muslim yang concern cukup mendalam terhadap persoalan hubungan agama-agama dan dialog antaragama. Ia secara teoritis mengedepankan pencarian dan konsep titik temu agama-agama secara eksplisit
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

LDK Bekali Kader Dakwah Dengan Pelatihan Manajerial Organisasi
Oleh : Auly Muftikha Nurfauziah | 28-Nov-2017, 04:46:25 WIB

KabarIndonesia - Tepatnya Minggu, 26 November 2017 ada pemandangan berbeda yang terlihat di salah satu ruangan kampus Maliki. Acara yang digelar mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 ini diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) at-Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di aula HTQ (Hai'ah Tahfidzul Qur'an) UIN Maliki Malang.

Acara yang ditujukan untuk seluruh kader LDK at-Tarbiyah ini berupa pelatihan manajerial organisasi dan mendatangkan beberapa pemateri yang ahli dibidangnya. Pemateri pertama yaitu Walid Fajar Antariksa MM yang merupakan salah satu dosen di fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang. Sedangkan pemateri kedua yaitu Ariadi Arnas S.T yang merupakan ketua Lembaga Studi Pemuda dan Pelajar (LSPP) FORSTAR Kota Makassar pada tahun 2009-2012.
              
Pemateri pertama menyampaikan tentang manajemen strategi dalam organisasi mahasiswa. Beliau menyampaikan bahwa arti manajemen organisasi adalah kemampuan untuk mewujudkan suatu ide untuk mencapai tujuan organisasi melalui sumber daya alam, sumber daya manusia, dan keuangan dalam batasan yang ada dengan cara efektif dan efisien. Ditegaskannya bahwa strategi pertama yang dilakukan dalam berorganisasi adalah menentukan visi dan misi. Hendaknya kita mengetahui untuk apa organisasi didirikan dan tujuan apa yang perlu diraih. Jika kita tidak punya tujuan, maka sejelas apapun jalannya, kita tidak akan sampai pada tujuan.
             
Setelah menentukan visi misi, seyogyanya kita melakukan analisa lingkungan. Hal ini termasuk merumuskan analisis kekurangan dan kelebihan. Dari analisa kekurangan, kita dapat memperbaiki di masa yang akan datang, dan dari analisa kelebihan, kita dapat memaksimalkan potensi yang telah ada. Selanjutnya, yaitu menetapkan target. Setelah menganalisa kekurangan dan kelebihan maka harus ditentukan target pencapaian keberhasilan dalam melaksanakan suatu program yang akan dilakukan.

Pemateri kedua menyampaikan tentang tugas dan tanggung jawab peserta organisasi. Beliau menjelaskan beberapa perbedaan antara leader dan manajer. Seorang leader akan melakukan hal- hal dengan benar sedangkan manajer melakukan hal- hal dengan benar. Selain itu, seorang leader focus pada manusia dan memotivasinya, sedangkan manajer hanya focus pada struktur dan system. Agar lebih mudah dipahami, jika leader dia mengatakan "let's do" (mari kerjakan bersama) tapi kalau manajer mengatakan "do it" (kerjakan).
           
Peserta organisasi pada umumnya ada 4, yaitu ketua yang posisinya sebagai leader. Kemudian sekretaris yang posisinya sebagai manajer organisasi, jadi kurang tepat jika sekretaris selama ini dikenal dengan bagian surat menyurat, tapi lebih dari itu tugasnya adalah memimpin organisasi dan membantu ketua agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Selanjutnya bendahara yang posisinya sebagai manajer keuangan dan terakhir divisi yang berposisi sebagai manajer sub organisasi.
 
Sebenarnya ilmu untuk berorganisasi dengan benar telah diajarkan islam dalam sholat. Misalnya ketika imam sholat (pemimpin) salah, maka ma'mum (bawahan/ anggota) wajib mengingatkannya dengan cara sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Selain itu, dalam sholat hendaknya imam yang telah lanjut usia yang sudah tidak fasih sebaiknya digantikan dengan imam muda yang bacaannya fasih. Begitu pula dalam berorganisasi, ada masanya pergantian pengurus dari masa ke masa. Dan masih banyak lagi pelajaran- pelajaran yang dapat kita ambil dari gerakan sholat, hal ini mungkin baru kita sadari, maka dari itu kita dituntut untuk bisa menghayati dalam menjalankan syari'at islam, karena akan banyak pelajaran yang bisa kita temukan.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia