KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Mahasiswa Binus Kerja Sama KBO Selenggarakan Bimbel untuk Anak-Anak di Tanah Merah

 
PENDIDIKAN

Mahasiswa Binus Kerja Sama KBO Selenggarakan Bimbel untuk Anak-Anak di Tanah Merah
Oleh : Rohmah S | 08-Apr-2018, 23:40:20 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, “Kami semua di sini orang miskin. Pekerjaan kami serabutan. Jelas kami tidak bisa membiayai anak-anak kami untuk mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Kami sedang dan terima kasih banget, mahasiswa dari dari Binus memberi bimbel untuk anak-anak kami,” kata Rina (34).

Rina, ibu dua anak, merupakan warga Kampung Tanah Merah, RT 05/10,
Keluruhan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara (Jakut). Rina bersama sejumlah ibu seusianya ditemui jurnalis, Minggu (8/4) di sampingsebuah rumah di RT 05/10, yang digunakan sebagai tempat bimbel sekitar 40 orang anak dari TK hingga SMA di  Kampung Tanah Merah, Rawa Badak Selatan.

Anak-anak di kampung tersebut sejak awal tahun 2016, memperoleh bimbel setiap hari minggu mulai pukul 10.00-13.00 WIB. “Program ini merupakanmerupakan program dari Ilmu Komunikasi Binus International University, Jakarta.Mulai tahun 2016, namun sempat berhenti dan kembali giat sejak 2017 sampai sekarang,” kata Ketua Pelaksana Program Bimbel untuk Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Abraham Michael. 

Abraham mengatakan, Binus International University menyelenggarakan program tersebut bekerja sama dengan Kelas Belajar Oky (KBO) yang merupakan salah satu komunitas sosial yang mendukung pendidikan anak-anak kurang mampu dan masyarakat pesisir dengan cara memberikan beragam kegiatan nonformal. “Kami sebenarnya ikut membantu program KBO,” kata dia.

Abraham mengatakan, bimbel di kampung itu, setiap hari minggu dilaksanakan dua babak yakni pukul 10.00-12.00 WIB dan pukul 13.00- 14.00. Setiap babak diikuti sekitar 40 orang anak. “Mereka sangat antusias mengikuti bimbel ini. Semuanya gratis,” kata dia.

Mahasiswa semester VI jurusan Ilmu Komunikasi Binus International University Jakarta ini mengatakan, pihak kampus menugaskan mahasiswa untuk melaksanakan Program Project Event Management. “Nah, program ini kami terjemahkan bebas. Kami tawarkan program bimbel untuk anak-anak kurang mampu seperti di kampung-kampung seperti ini, dan pihak kampus setuju,” kata pria berkaca mata ini.

Menurut Abraham, yang diajarkan kepada anak-anak di Kampung Tanah Merah adalah bahasa Inggris Dasar, Matematika dan Bahasa Indonesia, dan ini untuk anak-anak TK dan SD. Sedangkan untuk anak-anak SMP dan SMA diajarkan bagaimana memanfaatkan media sosial serta dampak negatifnya.

“Soal media sosial ini penting kami ajarkan karena tidak sedikit anak-anak Indonesia menjadi korban melalui media sosial,” kata Abraham.

Ia mengatakan, mereka melakukan bimbel di Kampung Tanah Merah setiap hari minggu karena hari minggu merupakan hari libur untuk seluruh anak di kampung itu. “Dan kami juga libur, tidak ke kampus,” kata dia.

Setiap bimbel dilaksanakan, ada empat sampai lima pengajar (mahasiswa/i) diturunkan. “Kami bagi tugas, ada yang mengajar Bahasa Inggris, BahasaIndonesia, Matematika, menggambar dan media sosial. Menggambar kami ajarkan untuk anak-anak yang belum sekolah,” kata dia.

Minggu (8/4) pagi hingga siang itu, Abraham sendiri mengajarkan Bahasa Inggris. “Mengajar anak-anak kecil asyik, menyenangkan,” kata dia.

Faisal Hulindra Nuria, mahasiswa semester VI Ilmu Komunikasi Binus
International University, mengatakan, program bimbel yang sama juga
dilaksanakan di sebuah kampung di Bintaro Jakarta Selatan. “Saya lupa nama kampungnya,” kata dia. 

Antusias
Berdasar pantuan di Kampung Tanah Merah Minggu (8/4), program bimbel itudiikuti dengan semangat oleh 40 orang anak. Para pengajar kadang mengajukan pertanyaan untuk anak-anak, dan anak-anak yang menjawab pertanyaan dengan cepat diberi berbagai jenis hadiah seperti boneka, mainan, bahkan uang.

Rina mengatakan, sejak anaknya mengikuti bimbel, tingkah laku anaknya jadi sopan dan lancar membaca serta tahu banyak nama-nama Inggris sejumlah hewan dan benda di rumah. “Anak saya Riza Chayani yang baru kelas dua SD sudah pintar Bahasa Inggris,” kata Rina, yang mengaku suaminya bekerja sebagai Satuan Pengaman (Satpam) di Mall Artha Gading Jakarta Utara ini.


Senada diakui Willing. Ibu dua anak ini mengatakan, dengan adanya program bimbel ini anak-anaknya tidak melulu bermain. “Mereka sudah tahun kalau hari Minggu ada bimbel, mereka semangat sekali,” kata perempuan yang mengaku suaminya juga bekerja sebagai Satpam ini.
Kampung Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, merupakan satu dari sekian kampung kumuh di Jakarta. Memang terlihat, rumah-rumah mereka sungguh sederhana dan berdempetan serta tidak ada selokan air. Namun, anak-anak mereka beruntung mendapat program bimbel dari Binus International University.

Ketika ditanya apakah program yang sama akan dilakukan di kampung-kampung lain di Jakarta, Abraham menjawab, tidak tahu. “Kami konsen dulu di sini dan Bintaro,” kata dia.

Harapan masyarakat adalah program yang sama dilakukan perguruan tinggi lain di Jakarta. Tentu kalau banyak kampus melakukan seperti yang dilakukan Binus International University sungguh banyak anak-anak “terselamatkan” dari kebodohan dan keterbelakangan. (*)
 
Keterangan Foto: Abraham Michael (kaca mata tengah) sedang mengajar Bahasa Inggris anak-anak Kampung Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (8/4). Sumber: SP 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia