KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTerbuka Kesempatan Magang di Harian Online KabarIndonesia oleh : Redaksi-kabarindonesia
24-Apr-2019, 03:27 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda seorang mahasiswa/mahasiswi dari berbagai fakultas di wilayah Indonesia dan memiliki minat di dunia media online termasuk penulisan artikel dan pengeditan, redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) memberikan kesempatan magang di HOKI selama satu tahun sebagai Tim Redaktur.
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Motif Sosial Menurut McCelland
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 28-Des-2017, 04:29:12 WIB

KabarIndonesia - Terdapat teori yang relevan dengan motif sosial yaitu yang dikembangkan oleh McCelland, Atkinson, Clark dan Lowell pada tahun 1953 (dalam Fisher, 1982:39 dalam Shinta, 2002:65). Mereka mengembangkan tiga aspek kepribadian yang telah dikembangkan pertama kali oleh Murray pada tahun 1938.

Pengertian motif sosial adalah : motif (kondisi internal individu yang konsisten, yang mana kondisi itu telah menyebabkan timbulnya suatu perilaku atau kecenderungan perilaku) yang dipelajari di lingkungan sosial, khususnya dalam keluarga sejalan dengan anak tumbuh dan terlibat dengan lingkungan sosialnya (Farooq,2015). 

Selanjutnya, kembali kepada McClelland, menurut McClelland dan kawan-kawannya itu ada tiga macam dorongan yang mendasari perilaku manusia yaitu nACH, nAFF dan nPOW. Berikut penjelasan masing-masing 'needs' atau kebutuhan yang ada pada manusia tersebut adalah :
  1. NACH atau Need for Achievement, yaitu dorongan untuk berprestasi adalah dorongan yang kuat dari individu untuk menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik.
  2. NAFF atau Need Affiliation yakni dorongan individu untuk berinteraksi dengan orang lain dengan cara-cara yang menyenangkan dan juga untuk memelihara rasa afeksi.
  3. NPOW atau Need for Power yakni melibatkan keinginan yang kuat dari individu untuk mengontrol orang lain dan mempengaruhi situasi sosial
Setelah mengetahui beberapa needs atau kebutuhan yang mendasari perilaku maka akan memudahkan individu untuk melakukan analisis perilaku, sebagai contoh perilaku x didasari oleh motif kebutuhan nACH atau perilaku y didasari oleh motif kebutuhan nPOW. Sehingga individu memiliki berbagai macam perilaku untuk mencapai arah dan tujuannya. Setiap manusia, ada yang motifnya sama untuk mengarah kepada tujuan tertentu, tetapi ada juga yang motifnya berbeda untuk mengarah kepada tujuan tertentu. Sehingga, kita bisa belajar mengenai anekaragam perilaku individu dan anekaragam latar belakang yang mendasari individu berperilaku tertentu.(*)

Daftar Pustaka: Shinta, A. (2002). Pengantar Psikologis Sosial, Edisi ke-2. Farooq, U. (2015). Types of Motives in psychology Biological, Social & Curiosity Motives. Retrieved from http://www.studylecturenotes.com/basics-of-sociology/types-of-motives-in-psychology-biological-social-curiosity-motives.    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia