KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
InternasionalGaruda Indonesia Menerima "Passenger Airline of the Year Award - Antarbenua" oleh : Kabarindonesia
29-Mar-2015, 18:41 WIB


 
 
Garuda Indonesia Menerima
KabarIndonesia - Schiphol (Belanda), Pada tanggal 26 Maret 2015 yang lampau Schiphol (Belanda) telah memberikan berbagai macam Aviation
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Kerja di Bawah Panas 24 Mar 2015 00:41 WIB

Kepada Machfud Azhari SE 23 Mar 2015 05:23 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Sepenggal Kisah Menuju Ambarawa 20 Mar 2015 14:38 WIB

 
 
PENDIDIKAN

PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI SEKOLAH (SAS-ON LINE)
Oleh : Intan Irawati | 07-Jul-2008, 14:27:38 WIB

KabarIndonesia - Kemajuan teknologi komputer banyak membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Kecepatan dan ketelitiannya dalam merapikan, menyusun dan mengolah data membuat berbagai pekerjaan berat menjadi lebih ringan.

Pendidikan juga merupakan bidang kehidupan yang tak lepas dari penggunaan komputer. Penyusunan dan pengolahan data siswa, penilaian dan pengolahan hasil tes belajar bahkan Ujian Nasional tak lepas dari penggunaan komputer.

Sejak diberlakukannya kurikulum 2004, Sub Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta memberlakukan pula komputerisasi administrasi yang disebut Sistem Administrasi Sekolah (SAS).

Sistem ini ditujukan untuk membantu memudahkan pengelolaan data-data dan informasi yang berkaitan dengan sekolah meliputi penerimaan siswa baru, akademis, rencana pengajaran guru, raport, dan konseling. Juga merupakan media interaktif antara sekolah dan orang tua atau wali murid.

Walaupun masih banyak guru yang merasa bahwa sistem ini menambah kerja mereka tetapi banyak hal positif yang diperoleh. Dampak penggunaan IT dalam dunia pendidikan bagi guru, siswa dan masyarakat pada umumnya harus dihadapi dengan bijak.

Secara praktis dan psikologis efek dari penerapan SAS adalah :
1. Guru ’dipaksa’ menggunakan komputer untuk membuat Rencana Pengajaran, penentuan indikator kompetensi, Standar Kompetensi Minimal tiap indikator, jenis tagihan belajar, sampai dengan meng-entry nilai siswa.

Kebijakan ini merupakan motivator efektif bagi guru untuk melaksanakan fungsinya sebagai evaluator dan administrator kemajuan belajar siswa yang selama ini belum berfungsi optimal. Para guru yang selama ini sudah menguasai materi pelajaran tetap harus belajar hal baru yaitu operasi komputer terutama untuk administrasi data akademik siswa. SAS menjadi stimulus conditional learning bagi guru untuk menggunakan IT.

2. Siswa mengubah pola belajarnya menjadi lebih tekun, serius, dan bersungguh-sungguh. Perolehan prestasi akademik siswa kini mengacu pada Criteria Reference dan Domain Reference tidak Norm Reference seperti sebelumnya.

Prestasi yang diperolehnya adalah benar-benar hasil belajar di kelas yang selalu dilaporkan ketercapaiannya secara terperinci dan transparan. SAS bagi siswa, merupakan motivator belajar. Keberhasilan dan kegagalan belajar siswa menjadi reward dan punishment yang akan selalu dapat dipantau secara detail.

3. SAS membuat posisi orang tua sebagai pengarah, pembimbing dan pengawas kemajuan belajar siswa dapat berkembang karena kemajuan belajar anak dapat diakses secara kontinu. Komunikasi orang tua dan guru dapat lebih terjalin harmonis karena keberhasilan dan kegagalan siswa per indikator tiap mata pelajaran dapat terekam dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA

Aida, ML, Standar Prosedur Operasional SAS dan Implementasi kurikulum 2004, http: // www. sasterpadu.tripod.com

Nasution, S. 1986, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Bandung: Jemmars

Tim Inovasi Kurikulum, Our Purpose, DKI Jakarta: Sub Dinas Pendidikan SMA, http: // www. sasterpadu.tripod.com.




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Ngampar Boekoeoleh : Johanes Krisnomo
22-Mar-2015, 21:44 WIB


 
  Ngampar Boekoe Sepintas, gelaran buku di Taman Pemkot Cimahi nampak seperti jualan buku bacaan, Minggu (22/03/15). Nyatanya berbeda, buku gratis dibaca, di antara lalu-lalang orang-orang yang bersantai menikmati segarnya udara pagi. Dengan jumlah buku yang sangat terbatas, beberapa anak-anak muda, mendirikan sebuah
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Kritik Pendidikan Gaya Bank 24 Mar 2015 00:37 WIB

Game dan Masa Depan 22 Mar 2015 01:25 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
Ginjal Sehat Untuk Semua 19 Mar 2015 11:52 WIB

 
Rambu Car Free Day Di Bogor 06 Mar 2015 21:06 WIB

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia