KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Internasional oleh : Tonny Djayalaksana
24-Aug-2019, 15:51 WIB


 
 
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Pembelajaran Sastra Melalui Cerita Sejarah dan Budaya di Kabupaten Purworejo
Oleh : Nurul Setyorini | 15-Jan-2019, 11:44:11 WIB

KabarIndonesia - Purworejo sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, memiliki ragam cerita sejarah dan budaya. Cerita sejarah dan budaya tersebut menjadi salah satu kearifan lokal bagi masyarakat setempat dan berpotensi sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah.

Pembelajaran sastra di sekolah pada umumnya dapat memanfaatkan cerita sejarah dan budaya sebagai bahan pembelajaran. Cerita sejarah dan budaya merupakan salah satu bentuk karya sastra lama.

Cerita sejarah dan budaya di Kabupaten Purworejo sangat efektif sebagai bahan pembelajaran. Keefektifan tersebut dikarenakan adanya ragam manfaat dan keunikan.

Pertama, cerita sejarah dan budaya di Kabupaten Purworejo ada hubunganya dengan sejarah Nasional. Purworejo yang dahulu dikenal dengan Bagelen menjadi wilayah pertempuran sejarah Nasional, yaitu perang Diponegoro. Perang Diponegoro. Perang Diponegoro tersebut terjadi pada tahun 1825-1830. Setelah perang Diponegoro selesai, Bagelen dirubah menjadi Purworejo. Dengan bupati pertama, K.R T. Cokronegoro.

Kedua, cerita tersebut tidak ada di daerah lain. Sebagai wujud, cerita kearifan lokal tentusaja Purworejo mempunyai cerita sendiri. Cerita tersebut, tidak adi di daerah lain. Meskipun demikian, ada hubunganya dengan cerita sejarah lain seperti cerita Perang Diponegoro.


Ketiga, cerita tersebut memiliki nilai luhur dan kearifan lokal. Purworejo selain bercerita tentang sejarah dan budaya tentusaja ada nilai luhur dan budaya yang disampaikan seperti, gotong royong, kekerabatan, tolong menolong, kejujuran, dan keberanian.

Keempat, cerita tersebut dapat meningkatkan kecintaan siswa pada budaya lokal. memanfaatkan cerita asal Kab. Purworejo siswa jadi tahu dan penasaran dengan cerita tersebut. Dengan seringnya mendengar cerita sejarah dan budaya, siswa akan penasaran dan mencoba menggali cerita sejarah dan budaya di Kab Purworejo. Dengan demikian, siswa akan menjaga dan melestarikanya.



Nurul Setyorini, M.Pd.
Dosen PBSI, UM Purworejo

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
DI ATAS LANGIT ADA LANGIT 23 Aug 2019 14:03 WIB


 

 

 
Investasi Dengan Uang Receh 20 Aug 2019 12:01 WIB


 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia